Kaki adalah Rumah bagi 100 Lebih Jamur

13 July 2013 01:42:28 Dibaca : 1120

 

Jamur ternyata hidup di seluruh tubuh manusia, tetapi daerah paling favorit bagi mereka adalah tumit, di bawah kuku jari kaki dan di antara jari kaki. Sebuah peta baru mengenai penyebaran jamur bisa membantu melawan kondisi kulit seperti pada kaki para atlit, ungkap para ilmuwan dalam laporan di Naturejournal seperti dikutip situs BBC edisi 22 Mei 2013.

Jamur yang tidak berbahaya hidup secara alami pada kulit tetapi mereka akan menyebabkan infeksi jika berkembang biak. Dalam penelitian yang pertama kali dilakukan untuk riset jenis ini, tim peneliti Amerika mengkategorikan berbagai grup jamur yang hidup di dalam tubuh orang dewasa yang sehat.

Sebuah tim yang dipimpin oleh National Human Genome Research Institute di Bethesde, Maryland, mengurutkan DNA jamur yang hidup di dalam kulit pada 14 area tubuh yang berbeda pada 10 orang dewasa sehat. Sampel yang diambil di antara dari kanal telinga, antara alis mata, bagian belakang kepala, belakang telinga, tumit, jari-jari kaki, antara jari kaki, lengan bawah, punggung, selangkangan, hidung, dada, telapak tangan, dan lekukan siku.

Hasilnya mengungkapkan bahwa banyaknya jamur di dalam tubuh bervariasi.Habibat yang paling banyak dihuni jamur adalah tumit, yang ditempati 80 jenis jamur. Para ilmuwan juga menemukan 60 jenis jamur di antara jari-jari kaki dan 40 jenis jamur di antara jari kaki.

Daerah yang banyak dihuni oleh jamur adalah telapak tangan, lengan bawah dan di dalam siku. Jumlah mereka moderat dengan masing-masing lokasi ditempat antara 18-32 jenis jamur. Sebaliknya di kepala dan batang hidung hanya sedikit jenis jamur, antara dua hingga 10 jenis saja.

"Data dari hasil penelitian kami memberikan dasar mengenai orang normal yang kita belum pernah punya sebelumnya," ujar ketua peneliti Dr. Julia Segre. "Intinya adalah bahwa kaki Anda dipadati dengan beragam jamur, jadi kenakan sandal jepit di ruang ganti jika Anda tidak ingin mencampur jamur Anda dengan jamur orang lain."

Sumber: Serupedia

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong