Masalah Pada Android dan Solusinya

05 August 2014 13:29:11 Dibaca : 670 Kategori : TEKNOLOGI KOMPUTER

HANG

Perangkat Android dikatakan hang jika saat main game, browsing, atau melakukan aktivitas lainnya, tiba-tiba perangkat Android kita macet, tidak bisa melakukan proses apapun, tombol apapun tidak berfungsi, layar sentuh juga tidak berfungsi. Ini biasa terjadi karena memori internal dan RAM perangkat kita sudah terlalu penuh.

Solusinya dengan menghapus aplikasi yang tidak terlalu kita butuhkan, bisa juga dengan memindahkan aplikasi ke memori eksternal untuk melegakan memori internal. Atau dengan swap memory (menambah kapasitas RAM dengan memori eksternal) untuk mengatasi RAM kepenuhan.

BOOTLOOP

Apa itu BootLoop? Perangkat Android tiba-tiba macet lalu merestart sendiri biasa disebut dengan bootloop. Jika berlanjut perangkat akan merestart terus berulang kali. Bootloop sendiri dibagi menjadi 3 :

- SOFT BOOTLOOP

Soft bootloop yakni ketika perangkat Android dinyalakan awalnya berjalan normal dan mampu masuk ke homescreen. Namun selang beberapa waktu kemudian tiba-tiba Hang kemudian merestart sendiri.

- MEDIUM BOOTLOOP

Lain halnya dengan Soft Bootloop, Medium Bootloop ini adalah suatu kondisi dimana perangkat Android tidak bisa masuk ke homescreen, melainkan hanya berhenti di bootanimation. Namun masih bisa masuk ke Recovery Mode maupun Download Mode.

- HARD BOOTLOOP

Nah ini yang lebih parah lagi. Hard Bootloop ini merupakan kondisi dimana perangkat Android ketika dinyalakan hanya sampai di logo vendor. Tidak bisa masuk ke Recovery Mode melainkan hanya bisa masuk ke Download Mode.

Bootloop biasa terjadi karena ada kesalahan saat kita mengutak-atik sistem. Solusinya dengan melakukan Factory Reset (mengembalikan perangkat ke settingan pabrik).

STUCK

Kalau yang ini adalah kondisi dimana perangkat Android tiba-tiba macet di bootlogo, bootsplash, atau di bootanimation. Ini juga terjadi karena kesalahan kita saat mengutak-atik sistem.

Solusinya coba copot baterai, kemudian nyalakan. Jika masalah masih terulang, lakukan Factory Reset.

IMEI HILANG

Yakni ketika mengecek imei dengan menekan *#06# di papan dial, maka imei akan muncul dengan nomor 0 semua.

LAYAR BLANK PUTIH

Biasanya ditandai dengan tampilan layar yang tiba-tiba tidak jelas kemudian setelah itu seluruh layar menjadi putih. Perangkat Android masih bisa difungsikan, suara terdengar, getaran jalan, hanya saja layarnya benar-benar blank putih. Biasanya dikarenakan baterai yang terlalu panas sehingga merusak lcd/bagian dalam HP, konektor LCD yang kendur, atau LCD memang sudah rusak.

Solusinya bawa ke Service Center dan ganti LCD jika LCD bermasalah.

BRICK

Brick adalah keadaan di mana perangkat Android tidak bisa dinyalakan sama sekali. Brick terbagi menjadi 2 :

SOFT BRICK

Perangkat Android tidak bisa dinyalakan, tidak bisa masuk ke Recovery Mode ataupun Download Mode. Biasanya diakibatkan oleh Overclock yang terlalu tinggi atau Gagal Flashing.

Jika saat di-charge masih ada tanda perangkat Android menyala, lakukan Factory Reset dengan bantuan PC. Atau lebih aman dibawa ke Service Center.

HARD BRICK

Perangkat Android sudah tidak bisa digunakan lagi, bisa diakibatkan karena tercebur ke air, jatuh dari tempat yang tinggi, dan lain-lain sehingga mesin di dalamnya rusak.

Karena sudah menyentuh hardware, solusinya bawa perangkat Android ke Service Center untuk digantikan mesin/hardwarenya.

Read more: http://androidbio.blogspot.com/2013/12/masalah-pada-android-dan-solusinya.html#ixzz39USWovwh