Tugas SOAL (PENGANTAR ILMU PERTANIAN BERKELANJUTAN)

31 October 2012 23:22:18 Dibaca : 4920

1.     Mengapa pertanian perlu di pelajari didunia perguruan tinggi?

 

Jawab:

 

karena Sumber daya manusia pertanian di Indonesia masih lemah dan juga keterpurukan pertanian kita tidak didukung tenaga yang berkualitas dan kompeten. Dengan demikian, hal ini menjadi prediksi bahwa sektor pertanian tidak bisa menjamin kesejahteraan tenaga kerjanya.

 

 

 

2.    

     Pengertian pertanian secara luas mengisyaratkan adanya imflementasi ilmu pertanian yang berkelanjutan. Jelaskan!

 

Jawab:

 

Pertanian dalam arti luas yaitu semua kegiatan usaha dalam reproduksi fauna dan flora tersebut, yang dibedakan ke dalam 5 sektor, masing-masing pertanian rakyat, perkebunan, peternakan, perikanan, dan kehutanan yang mengisyaratkan kekuatan alam mampu mengatur pertumbuhan tanaman dan lebih insentif untuk memanfaatkan lahan dan berusahameningkatkan hasil berdasarkan prinsip daur-ulang yang dilaksanakan sesuai dengan kondisi setempat.

 

 

 

3.    

      Mengapa harus membangun pertanian dari segi agribisnis ?

 

Jawab:

 

karena Agribisnis sebagai motor penggerak pembangunan pertanian, yang diharapkan akan dapat memainkan peranan penting dalam kegiatan pembangunan daerah, baik dalam sasaran pemerataan pembangunan, pertumbuhan ekonomi maupun stabilitas nasional. Strategi pembangunan yang berwawasan agribisnis pada dasarnya menunjukan arah bahwa pengembangan agribisnis merupakan suatu upaya yang sangat penting untuk mencapai beberapa tujuan yaitu: menarik dan mendorong munculnya industri baru di sektor pertanian, menciptakan struktur pertanian yang tangguh, efesien dan fleksibel, menciptakan nilai tambah, meningkatkan penerimaan devisa, menciptakan lapangan pekerjaan dan memperbaiki pembagian pendapatan.

 

4.    

 

     Pengembangan agroindustri yang  berkelanjutan dapat di lihat dari segi pemasaran dan pengkreditan. Jelaskan!

 

Jawab:

 

Pengembangan agroindustri punya prospek cerah di masa mendatang. Sebab kebutuhan dunia akan hasil pertanian dan produk olahan dari hasil pertanian sangat besar. Untuk itu, Indonesia memiliki keunggulan komparatif berupa lahan yang luas dan subur,
iklim yang mendukung, serta jumlah tenaga kerja yang besar bisa disiapkan untuk itu dan
juga memberikan keterangan yang senada. Selain itu, kegiatan agroindustri bersifat padat karya yang memang
dibutuhkan untuk menampung angkatan kerja yang jumlahnya terus meningkat setiap tahun. Namun diingatkan, untuk mengembangkan agribisnis sebagaimana sektor pertanian yang lain, masa investasinya cukup panjang. Oleh karena itu, program pengembangan agroindustri perlu didukung dengan kredit khusus yang disiapkan dalam satu paket. Dalam pelaksanaannya, paket kredit itu masih perlu dirinci penggunaannya, jangka waktu pembayaran, dan tingkat
bunga yang harus dikembalikan.