PEMAHAMAN

28 February 2013 20:45:20 Dibaca : 1146

Jika kamu ingin memahami manusia, maka lihatlah tindakannya pada saat ia memiliki kebebasan untuk memilih. Hanya pada saat itulah kamu akan sangat terkejut ketika melihat ada seorang ahli ibadah yg melacurkan diri, dan seorang pelacur yg justru beribadah!
Kamu bisa juga menemukan seorang ahli fisika meminum racun, dan kamu bisa terkaget2 krn menemukaan seorang teman yg menikammu dari belakang sedangkan musuhmu justru menyelamatkanmu!

Kamu pun mungkin akan melihat seorang pelayan yg betindak semulia majikan, dan seorang majikan yg berbuat serendah perbuatan pelayan yg terburuk!

Kamu mungkin pula akan melihat para Raja mengambil suap, dan para Pengemis memberikan sedekah!

Lihatlah hakikat manusia disaat dia tdk punya rasa takut yg dapat hentikannya; disaat kewaspadaannya tertidur; hawa nafsunya terpuaskan, dan semua penghalang telah dirobohkan.

Hanya pada saat itulah kamu bisa melihat realitas dari manusia: apakah dia berjalan dgn 4 kaki seperti binatang, atau justru ia terbang layaknya seorang malaikat, atau ia merayap bagaikan seekor ular, atau bahkan memakan lumpur seumpama cacing tanah.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong