makna tunas kelapa kepramukaan

17 February 2013 21:28:03 Dibaca : 1132 Kategori : peristiwa

ARTI/MAKNA KIASAN


Buah nyiur dapat bertahan lama : seorang anggota prmuka memiliki jasmani dan rohani yang kuat serta mental yang kuat pula,mempunyai tekad yang besar untuk menghadapi segala tantangan yang ada untuk mengabdi pada tanah air.

Buah nyiur merupakan cikal bakal : seorang anggota pramuka merupakan generasi penerus perjuangan bangsa yang merupakan cikal atau tunas bangsa yang menajdi inti bagi kelangsungan hidup bnagsa Indonesia.

Nyiur banyak manfaatnya : Seorang pramuka berguna bagi masyarakat , bangsa , negara dan keluarganya serta dirinya sendiri, seperti pohon nyiur yang sangat bermanfaat mulai dari akar,batang ,daun dan buahnya.

Akar nyiur yang kokoh : anggota pramuka memiliki landasan yang kuat serta benar layaknya akar nyiur yang kokoh melekat ditanah.

Batang nyiur yang tumbuh lurus ke atas : anggota pramuka memiliki cita-cita yang luhur,tetap tegak dan tidak mudah diombang-ambingkan.

Nyiur dapt hidup dimana-mana : anggota pramuka dapat menyesuaikan diri dengan keadaan tempat ia berada,tanpa mengalami gangguan sedikitpun.