ARSIP BULANAN : February 2014

ABOUT AGROTECHNOLOGY

25 February 2014 19:47:40 Dibaca : 1328

     Judging from his sense Agroteknologi like studying agricultural technology that people look more to the technology of heavy machinery in agriculture . but the view was wrong , Agrotechnology more directed at learning of agricultural technology in terms of cultivation , plant protection and plant growth media . So this Agroteknologi learn more about the technology of how to grow good plants producing high and provide benefits to the environment.
     Prodi Agroteknologi studied two components of plants and soil , where the two are closely related . Plants growing on the land , therefore that plants can grow well then we also need to know the ins and outs of the media where the plants grow . Many things were learned in terms of plant cultivation and protection of the plant itself . In terms of cultivation do some lab work that has been done them no good crop of technology and annual annuals , tissue culture , plant physiology , botany , seed technology , etc. . Here we learn from the shape of the seed to harvest . For the media that the land plants we also do some lab work that is used to determine the physical, chemical and biological soil . The lab work done of soil science , soil health , biological and soil fertility , soil microbiology , etc. . Here we study the content of a soil , soil type , soil fauna to damage the soil . In addition , Agrotechnology also studied crop protection mainly of plant pests and diseases .

 

GO, OPEN SOURCE !

25 February 2014 19:22:08 Dibaca : 1373

    Komputer kita tidak bias jalan jika tidak ada OS atau Operating System didalamnya. OS beserta aplikasinya tersebut ada yang bisa kita dapatkan secara gratis atau yang biasa disebut Open Source dan juga dengan membayarnya atau Close Source. Namun kebanyakan kita menggunakan OS yang berbasis Close Source tanpa membayarnya dan itu berarti kita telah melakukan pencurian dengan melakukan pembajakan karya orang lain baik itu kita lakukan secara sadar maupun tidak sadar, karena kita tidak tahu atau karena memang gag mau tahu. mungkin kita masih awam tentang apa itu Open Source, apa itu Close Source dan apa perbedaan diantara keduanya. Untuk itu mari kita simak tulisan berikut.

    Pola Open Source lahir karena kebebasan berkarya, tanpa intervensi berpikir dan mengungkapkan apa yang diinginkan dengan menggunakan pengetahuan dan produk yang cocok. Kebebasan menjadi pertimbangan utama ketika dilepas ke publik. Komunitas yang lain mendapat kebebasan untuk belajar, mengutak-ngatik, merevisi ulang, membenarkan ataupun bahkan menyalahkan, tetapi kebebasan ini juga datang bersama dengan tanggung jawab, bukan bebas tanpa tanggung jawab.

 

  Gerakan Indonesia, go open source!

  Untuk meningkitkan penggunaan dan pengembangan perangkat lunak sumber terbuka di Indonesia maka munculah sebuah semangat gerakan yang bernama Indonesia, Go Open Source! Atau yang disingkat IGOS. IGOS dideklarasikan pada 30 Juni 2004 oleh 5 kementerian yaitu Kementerian Negara Riset dan Teknologi, Departemen Komunikasi dan Informatika, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara dan Departemen Pendidikan Nasional.

    Salah satu kegiatan yang dilakukan igos adalah mengembangkan distro local. Dengan filosofi kode sumber yang bebas dan terbuka, telah banyak usaha yang dilakukan baik oleh pemerintah, komunitas, dan swasta dalam mengembangkan distro lokal. Diantaranya adalah :

  • BlankOn Linux
  • DwiWarna
  • IGOS Nusantara

Namun untuk saat ini kita hanya akan membahas BlankOn Linux terlebih dahulu.

 

BlankOn Linux

    BlankOn Linux adalah sebuah distribusi Linux berbasis Debian yang dikembangkan oleh tim pengembang BlankOn Indonesia dengan dukungan dari Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI), Sebuah organisasi yang bergerak dalam pengembangan perangkat lunak dan sumber daya manusia dibidang Linux dan perangkat lunak bebas di Indonesia.

    Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan. BlankOn dikembangkan dengan dukungan multimedia seperti mp3, vcd, dan dvd. BlankOn didesain dengan tampilan grafis dan tema yang menampilkan ciri khas Indonesia. Pengembangan BlankOn akan terus dilakukan secara terbuka kepada publik. Kegiatan pengembangan ini diharapkan dapat menghasilkan rilis BlankOn satu hingga dua kali dalam setahun.

    Nama BlankOn adalah tutup kepala khas beberapa suku/budaya di Indonesia, antara lain suku Jawa (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Tengah, DIY, dan Jawa Timur), suku Sunda (sebagian besar berasal dari provinsi Jawa Barat dan Banten), suku Madura, suku Bali, dan lain-lain.

    BlankOn juga berarti blank (bilangan biner 0) dan on (bilangan biner 1) atau topi digital (modern) dengan tampilan klasik (kuno). Arti lain kata BlankOn adalah perubahan dari blank (kosong) menjadi on (menyala atau berisi). Arti filosofi BlankOn adalah harapan agar pengguna distro BlankOn berubah dari belum sadar (kosong) menjadi sadar (berisi) bahwa ada Linux yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan skill di bidang TI, martabat, dan kemandirian bangsa Indonesia.

    BlankOn diharapkan dapat menjadi penggerak (activator) atau meningkatkan motivasi masyarakat Indonesia untuk menggunakan dan mengembangkan Linux dan FOSS lainnya. BlankOn juga sebagai pelindung (tutup kepala) dari ketergantungan terhadap perangkat lunak proprietary.

    Jadi, mari kita beralih ke Open Source,........!!!!!

 

SOFTWARE PEMBUAT ANIMASI

17 February 2014 07:09:19 Dibaca : 4845

      Manusia memiliki banyak keinginan untuk membuat gambar yang hidup dan bergerak sebagai perantara dari pengungkapan ide kreatif mereka, dan hal tersebut merupakan perwujudan dari bentuk dasar animasi yang hidup berkembang. Dengan dunia kita sekarang yang semakin canggih ini, kita di permudah dalam mengolah beberapa media informasi, seperti gambar/Image, teks, audio, grafik, interaktif, video dan masih banyak lagi jenis-jenis aplikasi multimedia yang lainnya. Dari yang hanya sekedar melihat (View) sampai dengan mengedit dan membuat nya.

     Namun masih banyak diantara kita yang belum terlalu mengenal dan bahkan belum tau dengan software pembuat animasi tersebut. Maka kali ini kita akan bahas aplikasi/software apa saja yang bias digunakan untuk membuat sebuah gambar bergerak yang biasa kita sebut dengan animasi.

Software Animasi

    Saat ini terdapat banyak jenis software animasi yang beredar di pasaran, dari software yang punya kemampuan sederhana hingga yang komplek. Dari sisi fungsi penggunaan software animasi dapat dikelompokan menjadi menjadi Software Animasi 2 Dimensi dan Software Animasi 3 Dimensi.

1. Software Animasi 2 Dimensi

Adalah software yang digunakan untuk membuat animasi tradisional (flat animation), umumnya mempunyai kemampuan untuk menggambar, mengatur gerak, mengatur waktu, beberapa dapat mengimpor suara.

Contoh dari software Animasi 2 D ini, antara lain :

Macromedia FlashMacromedia DirectorToonBoom StudioAdobe ImageReadyCorel RaveSwish MaxAdobe After Effect

2. Software Animasi 3 Dimensi

Software Animasi 3D mempunyai fasilitas yang canggih untuk membuat animasi 3D. Fasilitas dan kemampuan tersebut antara lain membuat obyek 3D, pengaturan gerak kamera, pemberian efek, import vidio dan suara, serta masih banyak lagi. Beberapa software animasi 3 D mempunyai kemampuan khusus misalnya untuk animasi figurel (manusia), animasi landscape (pemandangan) dll

Contoh Software 3D antara lain :

3 D Studio MaxPoser (figurel animation)Bryce (landscape animation)VueCinema 4 D

BlenderDaz3D

 

A. Software Animasi Dwi Matra (2d)

MACROMEDIA FLASH

     Macromedia Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus oleh Macromedia, saat itu sebagai pengembangnya yang saat ini sudah dibeli oleh Adobe Inc. sehingga berubah nama menjadi Adobe Flash, Flash didesain dengan kemapuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD Interaktif dan yang lainnya.

     Keunggulan yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database dengan pendekatan XML.

Logo Macromedia Flash

A. Area Kerja Flash 8

Area kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu, Toolbox, Timeline, Stage dan Panel. Lihat gambar di bawah ini!

1. Menu berisi control untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, dan menyimpan file, copy, paste, dan lain-lain.

2. Stage adalah area persegi empat yang merupakan tempat dimana kita membuat objek atau animasi yang akan dimainkan.

3. Toolbox berisi koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan timeline. Toolbox dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View, Colors dan Options. Beberapa tool mempunyai bagian option. Contohnya, ketika Selection tool dipilih, Option snap, smouth, straigten, rotate dan scale akan muncul di bagian options.

4. Timeline adalah tempat kita dapat membuat dan mengontrol objek dan animasi.

5. Panels berisi control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah.

6. Properties merupakan window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat.

7. Components digunakan untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke internet.

 

MACROMEDIA DIRECTOR MX 2004

     Macromedia Director MX 2004 adalah program canggih untuk membuat presentasi multimedia interaktif. Macromedia Director MX 2004 juga banyak digunakan untuk membuat game animasi, vidio interaktif, dan berbagai aplikasi multimedia lainya yang di distribusikan melalui CD, DVD, dan Internet.

     Beberapa presentasi multimedia dibuat menggunakan Director, ini dikarenakan Director memiliki sejumlah fasilitas yang powerfull untuk membangun aplikasi multimedia yang yang profesional bahkan yang canggih sekalipun.

Keterangan :

Stage : Tampilan Utama untuk menampilkan hasil tata letak objek pada frame tertentu.Score : Untuk mengatur urutan objek yang akan tampil seperti storyboard dan storyline. Disini kita dapat menampilkan mana yang lebih dulu, dan mana yang tampil belakangan.Cast Member : untuk menampung semua jenis objek yang akan dipakai dalam director. Satu objek dapat digunakan beberapa kali dalam penampilan, untuk menghemat besarnya hasil media.Panel Property Inspector : untuk mengatur parameter yang ada pada objek. Setiap objek mempunyai pengaturan sendiri.Sprite Channel : untuk mengatur layer atau urutan penempatan objek seperti pada photoshop.

 

TOONBOOM STUDIO

    Software 2D animation yang dipakai oleh studio besar di dunia dalam pembuatan film kartun animasi seperti princess frog, spongebob, the simpsons dan masih banyak lagi.
Software ini disebut Toonboom harmony yang berisi :
1. Pembuatan story board
2. Pembuatan character
3. Rigging character
4. Animation
5. Compotition
6. Partikel
7. Rendering

Suatu software 2D animation yang sudah lengkap ditambah dengan server (cara kerja sepertinya sama dengan server yang dipakai rendermanager).

 

ADOBE IMAGEREADY

     Sesuai namanya, Image Ready ialah program yang untuk disain grafis yang dikembangkan oleh Adobe Corporation. Program ini merupakan program perluasan dari Adobe Photoshop versi 5.1. Jadi, apabila kita meng-install Adobe Photoshop versi ini, secara otomatis akan terinstall pula Image Ready versi 2.0.

     Jika kita sudah familiar menggunakan Adobe Photoshop, maka untuk mempelajari Image Ready akan menjadi lebih mudah, karena menu yang disediakan banyak kesamaan dengan Photoshop. Namun, Anda tidak perlu khawatir apabila belum pernah menggunakan photoshop.

Menu Program Image Ready cukup sederhana dan mudah untuk dikuasai.

Langkah-langkah menjalankan program:

1. Nyalakan komputer

2. Klik Start pada task bar, pilih Program,pilih Adobe pada program group, kemudian pilih Photoshop 5.5 dan klik Adobe Image Ready.

3. Lihat tampilan pada gambar 1 (Seperti pada aplikasi disain grafis yang lain, pada menu utama aplikasi ini dapat dilihat Menu Bar yang terletak pada bagian atas (horizontal) dan Tools Bar pada bagian kiri (vertikal). Selain itu juga ditampilkan Animation Bar, Layer Bar, dsb yang semuanya dapat ditampilkan atau disembunyikan.

 

COREL RAVE

     Corel R.A.V.E merupakan program animasi yang dibuat oleh Perusahaan Corel. Dalam penggunan Corel R.A.V.E tidaklah susah apalagi jika kita terbiasa dengan Corel Draw baik yang keluaran lama maupun yang terbaru Corel Draw X4, fitur yang di berikanpun sama persis yang membedakan hanyalah terdapat menu movi pada menu bar dan terdapat stage yang digunakan untuk mengatur jalannya movie. Corel rave merupakan sebuah aplikasi berbasiskan vektor yang biasa digunakan untuk membuat animasi bergerak yang dibuat oleh perusahaan Corel. Corel rave merupakan aplikasi bawaan (satu paket) yang telah tersedia jika kita menginstal COREL DRAW 12.

 

SWISH MAX

     SWISHmax merupakan program pembuat animasi untuk menghasilkan animasi Flash tanpa menggunakan Adobe Flash™. SWISHmax sangat mudah dipelajari dan Anda dapat membuat animasi dengan teks, gambar, grafik dan suara dalam waktu singkat. SWISHmax memiliki 230 efek siap pakai seperti Explode, Vortex, Snakes dan lain-lain. SWISHmax memiliki tools untuk menggambar garis, rectangels, elips, kurva acak, motion path, sprites, tombol dan form masukan dengan cara yang lebih mudah.

     Tentu saja kemudahan itu akan mengurangi fungsi bagi para pengguna yang ingin berkreasi lebih dengan menggunakan ekstensi flash. Flash yang dihasilkan oleh swishmax secara kualitas tidak kalah dengan yang dihasilkan oleh Macromedia Flash MX atau Adobe Flash. Swishmax sangat cocok untuk para pemula yang ingin mempelajari Flash, program SwishMax sudah lebih dari cukup untuk membuat berbagai animasi flash apalagi kelengkapan fitur pada SwishMax semakin ditambah. Kelebihan lainnya, bila sudah mahir menggunakan SwishMax, maka bila ingin beralih belajar Macromedia Flash MX atau Adobe Flash akan lebih mudah karena sudah memiliki dasar konsep pada SwishMax.

     Swishmax juga dapat dijadikan alternatif selain menggunakan flash yang telah banyak digunakan. Sebelum swishmax dikembangkan software flash lebih dahulu tenar di kalangan desain grafis. Namun setelah software ini dikeluarkan para animator lebih memilih menggunakan software swishmax dari pada macromedia flash karena penggunaan script animasinya lebih mudah dipergunakan dan lebih efektif. Dibanding dengan software lain, swishmax menyediakan banyak desain button, sehingga memudahkan animator untuk mendesain.

     Selain itu software swishmax mempunyai kelebihan disbanding software animasi flash terdahulu, yaitu diantaranya swish max relatif lebih mudah digunakan dibandingkan dengan Macromedia Flash dan dengan hasil relatif sama, swishmax sudah dilengkapi dengan berbagai animasi yang menarik dan mudah dalam penggunaanya, swishmax juga mampu menangani link antar objek maupun dokumen. Pengembangan swishmax sebagai salah satu media penyampai pesan kepada anak adalah sebuah gagasan yang dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam menyampaikan materi terhadap anak.

     Pada kenyataannya, selama ini banyak guru yang masih terus selalu menggunakan metode ceramah yang klasikal dalam penyampaian materi. Padahal materi bisa disampaikan melewati beberapa media yang salah satunya adalah swishmax ini. Jika mendengarkan ceramah yang diberikan oleh guru, siswa hanya akan membayangkan dengan interpretasi yang berbeda-beda setiap anak, karena tidak ada gambaran yang jelas mengenai penjelasan yang diberikan atau tidak ada visualisasi yang jelas sehingga anak susah membayangkan mendekati kenyataan.

 

ADOBE AFTER EFFECT

     After Effects adalah sebuah software yang sangat profesional untuk kebutuhan Motion Graphic Design. Dengan perpaduan dari bermacam – macam Software Design yang telah ada, After Effects menjadi salah satu software Design yang handal. Standart Effects yang mencapai sekitar 50 macam lebih, yang sangat bisa untuk merubah dan menganimasikan obyek. Disamping itu, membuat animasi dengan After Effects, juga bisa dilakukan dengan hanya mengetikkan beberapa kode script yang biasa disebut Expression untuk menghasil pergerakan yang lebih dinamis.

     After Effects lebih lengkap fasilitasnya bila kita bandingkan dengan software Video Editing lain. Pada After Effects, terdapat beberapa fasilitas yang dimiliki oleh beberapa software lain. Misalnya; Di After Effects terdapat tool untuk membuat Shape ( seperti yang terdapat pada Adobe Photoshop ). Pada After Effects terdapat Keyframe seperti yang terdapat pada Flash ( cara menganimasikannya juga hampir sama ). Terdapat juga Expression yang hampir mirip dengan Action Script pada Flash, dan masih banyak lagi yang lain.

     After Effects dan beberapa sistem editing non-linear (NLEs) adalah layer-berorientasi, yang berarti bahwa setiap individu objek media (klip video, klip audio, gambar diam, dll) menempati jalur (track)-nya sendiri. Sebaliknya, NLEs lain menggunakan sistem di mana individu dapat menempati objek media jalur yang sama selama mereka tidak tumpang tindih pada waktunya. Sistem Track-Berorientasi ini lebih cocok untuk mengedit dan dapat menyimpan file proyek jauh lebih ringkas.

     After Effects terintegrasi dengan software-sofware Adobe yang lain seperti Adobe Illustrator, Photoshop, Premiere Pro, Encore, Flash, dan sofware 3D dari pihak ketiga seperti Cinema 4D.

Semoga Bermanfaat,……!!!!!