KUALITAS SUSU

26 February 2015 18:15:20 Dibaca : 82

PENGUJIAN KUALITAS SUSU

Susu merupakan hasil ternak selain telur dan daging yang mempunyai komposisi sangat lengkap, sehingga tidak dapat bertahan dalam waktu lama bila disimpan pada suhu kamar. Susu yang disimpan pada suhu kamar akan mudah rusak jika tidak mendapat perlakuan seperti pasteurisasi, pendinginan/pembekuan, dan pemanasan.
Saat masih berada di dalam kelenjar susu, susu dinyatakan steril. Namun, apabila sudah terkena udara, susu sudah tidak bisa dijamin kesterilannya. Susu segar yang baik kualitasnya adalah susu yang memiliki rasa, bau dan warna khas susu. Selain itu, susu juga harus sedikit mengandung mikroba (kalau bisa tidak ada). Semakin banyak mikroba (bakteri) yang terkandung dalam susu akan menurunkan kualitas susu tersebut.
Adapun pengujian yang digunakan oleh Mcc Indolakto untuk mengetahui keadaan dan kualitas susu adalah uji warna, uji bau, uji masak, uji rasa, uji penyaringan, uji alkohol dan uji derajat keasaman. Sehingga kualitas susu yang berada di Mcc Indlakto selalu terjaga kesegaran dan kualitanya sesuai standar yang telah ditentukan

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong