PENYEBAB DAN PENCEGAHAN SARIAWAN

13 February 2013 10:27:32 Dibaca : 1329

Hai… jumpa lagi nih….

oh ya akhir-akhir ini ibu saya sering banget kena penyakit sariawan, padahal bulan kemarin ibu kena penyakit itu tapi kok sekarang kena penyakit itu lagi sihh… saya jadi bingung!!!

Oleh karena itu hari ini kita akan membahas tentang Penyebab dan Pencegahan Sariawan.

Sariawan atau yang disebut juga dengan stomatitis aftosa merupakan suatu kelainan berupa luka atau peradangan yang terjadi pada lapisan lendir di mulut yang disebabkan karena hal-hal tertentu. Sariawan bisa timbul pada lidah, gusi, pipi, atau langit-langit mulut. Umumnya berbentuk bundar berwarna putih hingga kekuning-kungingan dan munculnya sering kali disertai dengan rasa sakit yang cukup menyiksa dan biasanya juga disertai dengan bau mulut.

v Penyebab sariawan

Seperti yang saya katakan tadi mengapa kok ibu saya sering kena penyakit sariawan??? Apa penyebab ibu kena sariawan yaa???

Ternyata penyebab sariawan dapat dikeompokkan atas dua. Penyebab internal dan penyebab. Berikut adalah penjelasan penyebab sariawan yang dikutip dari beberapa referensi antara lain :

v Penyebab Internal

Adanya Jamur dan Bakteri

Bakteri penyebab sariawan sangat mudah masuk melalui makanan dan minuman yang biasa dikonsumsi. Jika kita tidak sering membersihkan rongga mulut secara teratur bakteri akan mudah berkembang biak di dalam mulut. Biasanya bakteri akan menempel di rongga mulut, kemudian akan menyebabkan peradangan.

Kurangnya Asupan Nutrisi

Asupan nutrisi sangat penting. Kurangnya asupan nutrisi berupa Vitamin C, Vitamin B12, dan zat besi akan memacu timbulnya sariawan. Biasanya gejalanya tidak hanya sariawan, namun disertai juga dengan bibir pecah-pecah atau gusi yang mudah berdarah. Sehingga diperlukan asupan nutrisi yang baik setiap hari untuk mencegah terjadinya sariawan.

Terganggunya Imunitas Tubuh

Biasanya ketika seseorang lambungnya panas, akan muncul sariawan di lapisan lendir mulut yang disertai dengan nafas panas dan berbau tidak sedap. Seringkali dijumpai pula gejala tenggorokan terasa kering. Kebanyakan orang awam menyebut kondisi ini panas dalam.

Alergi Terhadap Makanan (seperti cabai dan nanas).

v Penyebab Eksternal Lain

Ada beberapa penyebab dari luar tubuh yang juga menyebabkan munculnya sariawan. Umummnya penyebab sariawan adalah luka yang ditimbulkan akibat tergigit, pemasangan gigi palsu atau kawat gigi. Selain itu kondisi psikologi seseorang seperti stress juga bisa memperngaruhi timbulnya sariawan. Selain itu ada juga factor eksternal yang dapat menyebabkan munculnya, kita terkena sariawan yaitu :Bawaan (genetic), Trauma, Faktor Emosi, Kekurangan Nutrisi, Alergi, Kebersihan mulut yang kurang, Letak susunan igi/ kawat gigi, Makanan /minuman yang panas dan pedas, Rokok, Pasta gigi yang tidak cocok, Lipstik, protesa (gigi tiruan), Luka pada bibir akibat tergigit/benturan.

v Pencegahan sariawan

Menjaga kebersihan mulut. Sariawan yang disebabkan oleh penyakit sistemik dapat di minimalisir dengan menjaga kebersihan mulut. Seperti melakukan sikat gigi 3 x sehari sebelum dan sesudah makan.Menghindari trauma dalam rongga mulut. Trauma ini bisa diakibatkan oleh cara menyikat gigi yang salah (terlalu keras), tergigit, atau makan & minuman (misalnya makanan yang terlalu panas).Hindari stress. Beberapa study menunjukkan, stress dapat memicu sariawan.Memperbanyak mengkonsumsi sayuran, buah – buahan atau makanan lain yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12 dan vitamin C.Hindari makanan atau obat – obatan yang dapat menyebabkan reaksi alergi pada mulut.

v Langkah Pengobatan
Berikut pengobatan yang dapat dilakukan untuk mengusir sariawan :

Berkumur dengan air hangat dan makan makanan yang lunak dapat mengurangi rasa tidak nyaman akibat sariawan.Beberapa obat yang dioleskan pada sariawan juga bisa melindungi dari iritasi, di antaranya obat-obatan orabase. Bila perlu, dokter gigi dapat meresepkan obat-obatan ini.Berkumur dengan obat kumur yang bersifat antimikroba juga dapat dilakukan untuk menghindarkan dari infeksi, jamur, virus dan bakteri yang menyebabkan sariawan sehingga proses penyembuhannya pun akan lebih cepat.Guna mempercepat masa penyembuhan sariawan juga dapat mengkonsumsi vitamin C yang berperan dalam perbaikan jaringan.Khusus untuk jenis sariawan yang berukuran besar, biasanya diobati dengan cara mengaplikasikan obat-obatan steroid. Obat-obatan ini dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah luka sariawan agar tidak bertambah besar.

Nah sekarang saya udah tau mengapa ibu sering kena penyakit sariawan dan bukan hanya ibu saja, saya juga sering kena sariawan. hehehehe…..

v Hal yang perlu diketahui

Tahukah kamu :

Sariawan dapat dikatakan penyakit yang cukup mudah untuk disembuhkan. Dengan mengetahui dengan pasti apa penyebab sariawan, biasanya dalam waktu kurang dari satu minggu sariawan akan hilang. Namun pada beberapa kasus terutama menyangkut infeksi bakteri yang sudah parah, biasanya pengobatannya harus diberikan antibiotik dosis tinggi. Selalu konsultasikan dengan dokter atau pekerja medis profesional ketika berurusan dengan antibiotik. Jika Anda mengalami sariawan lebih dari satu kali secara berturut-turut di tempat yang sama dan sembuh dalam waktu lebih dari 2 (dua) minggu, Anda patut untuk khawatir sebab kondisi tersebut dapat dijadikan indikasi adanya kangker rongga mulut. Segera konsultasikan dengan dokter Anda!

Wah ngeri juga yaa…..

Makanya mulai sekarang perhatikan apa yang kita konsumsi dan juga jangan lupa menjaga mulut tetap segar dengan cara menyikat gigi. JJJJJ

Referensi :

http://menghilangkanbaumulut.blogspot.com/2012/06/mengenal-penyebab-sariawan.html

http://id.wikipedia.org/wiki/Seriawan

http://tipskesehatan123.blogspot.com/2012/11/penyebab-sariawan.html

http://menghilangkanbaumulut.blogspot.com/2012/09/faktor-utama-penyebab-sariawan.html

http://pengobatanpenyakit.net/719/obat-herbal-sariawan/

http://pengobatanpenyakit.net/719/obat-herbal-sariawan/

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll