HARD SKILL "SISTEMATIKA PENULISAN MAKALAH"

22 February 2013 18:08:51 Dibaca : 33

Tadi malam di rusunawa yang memberikan materi adalah pak PD 3 MIPA. Beliau memberikan materi yang berfokus pada sistematika penulisan makalah yang berkaitan dengan HARD SKILL.

Berbicara tentang HARD SKILL itu berkaitan erat dengan :

- Bagaimana cara menulis karya ilmiah

- Bagaimana interaksi dengan orang lain

Beliau di dalam HARD SKILL itu misalnya berbicara tentang membuat makalah, ada beberapa item yang perlu diperhatikan atau yang harus ada dalam sistematika makalah yakni :

BAB 1 PENDAHULUAN

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA

BAB 3 PEMBAHASAN

BAB 4 PENUTUP

Sub pokok yang termasuk dalam BAB 1 intinya adalah latar belakang, setelah itu ada rumusan masalah, serta tujuan. Contoh dalam penulisan latar belakang caranya mengidentifiksi masalah-masalah yang akan kita ambil sebagai judul makalah kita.misalnya petani ikan tidak mampu untuk membudidayakan ikan. Kemudian dalam perumusan masalah contohnya seperti petani ikan belum mampu menerapkan budidaya secara teknologi. Setelah itu tujuan, apa tujuan kita dalam membuat makalah itu atau apa cita-cita kita dalam pembuatan karya ilmiah ini. Yang terakhir adalah manfaat yang berisikan apa manfaat kita untukpenulisan karya ilmiah ini. Contoh manfaat; agar para petani ikan dapat membudidayakan ikan di kolam intensif.

BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA, tergantung pada kajian kita.

BAB 3 menyangkut dengan bagaimana cara memperoleh data atau bagaimana cara memecahkan masalah. Salah satunya terkait dengan objek yank kita lihat. Dalam bab 3 ini juga berisikan minimal 2 sub bab yang terdiri dari :

- Data

- Klipping

- Deskripsi hasil penelitian

BAB 4 PENUTUP, sub bab yang terdapat dalam bab ini adalah kesimpulan dan saran. Kesimpulan berdasarkan tujuan yang ada pada bab 1. Jika tujuan berisikan cita-cita maka kesimpulan berisikan hasilnya. Contoh untuk tujuan; tujuan dalam penulisan makalah ini untuk memberikan pengajaran tentang bagaimana cara membudidayakan ikan dengan menggunakan kolam yang intensif.

Sedangkan kesimpulannya adalah dengan menggunakan kolam yang intensif ternyata pertumbuhan ikan sangat bagus dan…….

Untuk saran cara menuliskannya berdasarkan manfaat…..

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll