Pengelolaan Sumberdaya Alam

29 June 2015 14:34:08 Dibaca : 62 Kategori : Pendidikan Umum

Pembangunan disuatu daerah selalu disasarkan pada pemanfaatan suatu sumberdaya alam. Makin banyan suatu daerah yang mempunyai sumberdaya alam dan makin efesien pemanfaatan sumberdaya alam tersebut, makin baiklah harapan akan tercapainya keadaan kehidupan ekonomi yang baik dalam jangka waktu yang panjang. Untuk menjamin kelangsungan pembangunan ekonomi, ,aka perencanaan pembangunan, pengelolaan, dan penyelamatan sumberdaya alam itu perlu dilakukan dengan lebih cermat, dengan memperhitungkan hubungn-hubungan ekologis yang berlaku untuk menguragi akibat-akibat yang merugikan kelangsungan pembangunan secara menyeluruh.

Sumberdaya alam yang pokok dalam kehidupan manusia harus dikelola dengan baik dan bijaksana diantaranya adalah bebagai berikut :

a. Air

Air adalah esensial bagi kehidupan makhluk hidup. Krbutuhan air tidak hanya menyangku kuantitas, melainkan juka menyangkut kualitas. Jumlah air yang tersedia sangat berkaitan dengan iklim, terutama dengan cuaca hujan. Air juga berkaitan erat dengan hutan, faktor penting yang mempunyai pengaruh besar pada ketersediaan air adalah kegiatan manusia. Kualitan air juga dipengaruhi oleh luas hutan yang kita miliki.

b. Tanah

Tanah adalah salahsatu sumberdaya alam yang sangat penting bagi kehidupan manusia, akan tetapi dewasa ini diberbagai daerah di Indonesia sering terjadi bencana seperti tanah longsor. Hal ini disebabkan oleh penebangan pohon maupun hutan yang dilakukan oleh tangan manusia, terutama didaerah daerah yang tidak stabil. Selain itu, penyebab kerusakan lahan adalah pertambangan, baik pertambangan dengan skala besar maupun dengan skala kecil.

c. Udara

Manusia hidup sangat membutuhkan udara untuk kelangsungan hidupnya, udara merupakan campuran berbagai gas, uap air dan debu. Gas oksigen kita perlukan untuk bernafas dan pada umumnya kadarnya mencukupi. Karena itu kualitas udara lebih berkaitan dengan kadar gas yang mempunyai efek merugikan terhadap kesehatan manusia dan fungsi ekologi udara. Kebutuhan udara bersih adalah udara yang cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dimuka bumi, udara yang mengandung oksigen (O2) yang dibutuhkan untuk proses fisiologi dan bioligis secara ilmiah.

d. Hutan

Hutan merupakan bagian lingkungan hidup kita yang sangat vital, hutan merupakan sumberdaya ekonomi sebagai pemasok kayu dan nir-kayu, misalnya rotan dan berbagai jenis getah. Hutan sebagai sumberdaya ekonomi yang menonjol dalam kehidupan kita, terutama kayunya, sedangkan hasil nir-kayu masih disepelekan. Lahan hutan merupakan sumberdaya yang sangat dimanfaatkan, misalnya untuk transmigrasi dan pembangunan perkebunan. Demikian pula banyak terdapat pembangunan mineral dan nir-mineral didalam kawasan hutan.

e. Tumbuhan

Manusia sangat membutuhkan tumbuhan dalam kehidupannya, tumbuhan dimanfaatkan manusia dengan memanfaatkan bagian akar, batang, daun, buah, serta bijinya. Satuhal yang perlu diperhatikan yaitu pemanfaatan tumbuhan tersebut tidak boleh menggangu kelestarian tumbuhan ersebut. Karena tumbuhan sangat dibutuhkan bagi makhlik hidup lainnya dan lingkungan sekitarnya.

f. Hewan

Sebagaimana pengertian sumberdaya pada umumnya yang berarti segala unsur lingkungan yang memberikan kesejahteraan bagi kehidupan, maka sumberdaya bagi hewan akan berarti semua unsur lingkungan yang memberikan kasejahteraan bagi hewan tersebut. Jadi unsur-unsur lingkungan hewan belum tentu seluruhnya menjadi sumberdaya bagi hewan tersebut.

g. Minyak Bumi dan Gas Alam

Minyak bumi dan gas alam sangat bermanfaat bagi kehidupan sehari-hari manusia. Hasil pengolahan minyak bumi dapat digunakan sebagai bahan bakar, baik bahan bakar dirumah tangga, industri maupun bahan bakar kendaraan. Minyak bumi juga dapat digunakan sebagai bahan baku industri petrokimoa. Apa itu petrokimia?, petrokimia adalah bahan-bahan atau produk yang dihasilkan dari minyak dan gas bumi.