ARSIP BULANAN : April 2015

 

 

Berlian akan tetap menjadi berlian dimanapun berada. Ungkapan ini terasa pas untuk menggambarkan konsistensi Mesut Ozil didalam berdoa sebelum memulai pertandingan.

Dikenal sebagai pesepakbola yang taat dalam menjalankan ibadah, salah satu aktivitas yanag tidaka pernah ditinggalkan ozil sebelum pertandingan adalah Berdoa seraya mengangkat kedua tangannya. Hal itu terus dilakukan, meski ia kini memperkuat Arsenal, sama seperti kebiasaannya ketika memperkuat Schalke 04, Werder Bremen, dan Real Madrid.

Ozil tertangkap kamera sedang berdoa di tengah lapangan ketika diturunkan manajer Arsene Wenger melawan Sunderland pada pekan keempat Liga Primer Inggris. Ozil menyempatkan diri di sela peluit tanda pertandingan segera dibunyikan wasit. Ia tampak khusyuk, meski rekannya tampak melakukan pemanasan dengan menendang bola secara ringan.

Dengan menengadahkan kedua tangan ke atas, ia membaca surat Al-fatihah. Usai berdoa dalam waktu singkat, ia mengusapkan kedua tangannya ke muka sebagaimana gerakan ritual seorang Muslim.

Konsistensi Ozil dalam berdoa berbuah positif. Penampilannya di lapangan selalu cemerlang dan prima. Gelar raja assist eropa memang pantas disandangkan kepadanya, ini dibuktikan dalam dua laga Arsenal kontra Sunderland dan Stoke City yang dimenangkan the Gunners. Lagi-lagi Ozil mencetak tiga assist dari dua laga Liga Primer Inggris.

Jadi wajar saja kalau fans Real Madrid marah besar ketika Madrid memutuskan untuk menjual Ozil demi untuk mendapatkan Gareth Bale.

 

Pemain Bola Muslim Yang Tetap Istiqomah

01 April 2015 16:58:02 Dibaca : 1571

menjadi minoritas bukanlah sesuatu yang mudah, apalagi jika itu terkait keyakinan. Dibutuhkan ketahanan mental, keyakinan yang kuat serta kemampuan beradaptasi yang ekstra untuk tetap eksis sebagai minoritas.

Itulah kira-kira tantangan yang dihadapi oleh para pemain bola Muslim di kancah persepakbolaan Eropa. Dalam beberapa momentum, misalnya yang paling mencolok saat Ramadhan, mereka dituntut untuk tetap menjadi Muslim sejati sekaligus professional di lapangan. Bayangkan, mereka harus berpuasa sambil bertanding bola.

Samir Nasri

Terbiasa untuk membaca surat Al-Fatihah sebelum pertandingan. Hal ini dilakukannya baik di tingkat klub bersama Arsenal atau ketika berada di timnas Prancis. Namun, untuk puasa Ramadhan, Nasri tidak berani melakukannya. Mengingat jadwal Premier League yang padat plus puasa yang jatuh pada musim panas, Nasri memilih untuk tidak melaksanakan rukun Islam yang wajib bagi umat Islam yang mampu melakukannya ini.

Mesut Ozil

Warga negara Jerman yang beragama Islam. Walaupun dibulan Ramadhan ia tak meninggalkan kebiasaanya berdoa dan membaca Al Qur’an. Sesibuk apapun ia selalu berusaha untuk membaca Al Qur’an.

Sebagai seorang Muslim, Mesut Ozil merasakan bulan Ramadhan saat ini memberikan banyak keberkahan tersendiri, karena dibulan Ramadhan tahun inilah pamornya makin berkibar dipentas sepakbola Eropa. Pemain yang gemar membaca Al Qur’an ini dibayar mahal oleh klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Thierry Henry

Banyak orang bertanya-tanya terhadap apa yang dilakukan oleh pesepak bola Thierry Henry, Pasalnya ia seringkali bersujud mencium tanah ketika memasukan bola ke kandang lawan, seperti apa yang dilakukan kebanyakan pemain bola muslim sebagai tanda syukur. Dalam sebuah wawancaranya yang disiarkan dari kantor berita Al Jazeerra, Henry membenarkan ke-islaman-nya.

Saat ditanya Islam dikaitkan dengan teroris, Henry membantah akan anggapan tersebut.

“Sekali lagi, saya selalu menegaskan bahwa Islam bukan teroris, sebab jika seseorang benar-benar percaya pada Allah, sudah pasti ia percaya pada Al-Qur’an dan Rasul terakhir, karena Al-Qur’an dan Rasul pada dasarnya ditakdirkan Allah untuk membawa kedamaian, dan itulah Islam.” Tukas Henry.

Kolo Toure

Mengaku pernah mencoba tetap berpuasa, tapi kondisi latihan berat memaksa ia membatalkan puasanya. “Tapi saya pasti akan menggantinya di hari atau bulan lain. Itu adalah konsekuensi sebagai seorang muslim,” ujar Toure.

Eric “Bilal” Abidal

Sejak masuk Islam, Abidal berusaha menjadi Muslim yang taat. Kariernya di lapangan hijau kian moncer. Penggemar La Liga Spanyol pasti mengenal sosok Eric Abidal. Ia dikenal sebagai bek andal yang

memperkuat FC Barcelona dan Timnas Prancis. Ia suka membaca Al Quran sebelum bertanding.

Di setiap sesi latihan klub sepakbola Barcelona, Eric sering terlihat membawa tas kecil, mungkin banyak yang mengira isi tasnya si eric sama seperti teman teman di klubnya barcelona jika latihan bola: sepatu dan perlengkapannya yang menunjang untuk latihan.

Sebenarnya yang eric bawa dan membedakan isi tas kecilnya dengan pemain bola lain adalah alqur’an, Kitab suci Ummat islam di seluruh dunia yang “kini” menjadi agama Minoritas di eropa.

Karim Benzema

Striker anyar Real Madrid, Karim Benzema juga menjalankan puasa. Lahir di Lyon, Prancis 19 Desember 1987, Benzema merupakan striker andalan tim nasional Prancis. Sama seperti legenda Prancis, Zinedine Zidane, Benzema juga berdarah Aljazair.

Beruntung bagi Benzema, puasa tahun kemarin dia tidak sendirian di Santiago Bernabeu. Setidaknya ada Mahmadou Diarra dan Lassana Diarra yang juga beragama Islam.

Ketiganya tetap menjalankan puasa meski harus membela Madrid, tak heran jika tim dokter Madrid terus memantau perkembangan fisik ketiga pemainnya selama bulan Ramadan. Baik Benzema, Mahmadou dan Lassana diberikan nutrisi tambahan agar tidak terkena dehidrasi selama menjalani ibadah puasa tahun ini. Beruntung bagi Madrid, Ramadhan tidak terlalu berpengaruh besar saat mereka tampil.

Nicolas Anelka

Kala itu, Manajer Chelsea (Mas Andres Villas Boas), menyuruh pemain yg sedang puasa untuk tetap berada di meja makan tim walu sedang berpuasa. Praktis, Anelka dan beberapa pemain muslim Chelsea lainnya hanya nonton pemain lain makan . Anelka berkata: "Walau iri, saya tetap harus menangguhhkan

Franck Ribery

"

Mualaf setelah menikahi seorang gadis Perancis keturunan Maroko. Memiliki nama Islam yaitu Frank Bilal Ribery. Menurutnya Islam membawanya pada keselamatan. Islam yang menjadi sumber kekuatannya di dalam maupun di luar lapangan. Di saat ia mengalami masa-masa sulit dalam karirnya, Islam datang memberikan kedamaian.

“Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya harus menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan. Hingga kemudian saya menemukan Islam.” Begitulah Ribery memahami Islam.

 

 

 

ABOU DIABY Gelandang Prancis Hafal 19 Juz al-Qur'an

01 April 2015 16:24:29 Dibaca : 1057

 

Orang pasti mengira, jika seorang pemain sepak bola dunia tidak bisa menghafal al-Qur'an. Pemain sepak bola dunia memiliki kegiatan yang sangat padat, sedangkan menjadi seorang penghafal al-Qur'an butuh konsentrasi dan komitmen yang sangat tinggi. Rasanya, tidak mungkin jika dua dunia itu bisa disatukan.

Namun, ternyata anggapan itu tidak berlaku bagi gelandang Arsenal asal Perancis, Abou Diaby. Pemain sepakbola yang sudah mendunia ini ternyata adalah seorang hafizh al-Qur'an.

Mulanya, tak banyak orang tahu jika Abou Diaby adalah seorang penghafal al-Qur'an. Namun, sejak kicau salah satu pengajar Ebrahim Collage di London, Mufti Muhammad di akun twitter-nya, yang mengungkap bahwa Abou Diaby sudah hafal al-Qur'an sebanyak 19 juz, maka terungkaplah bahwa Abou Diaby adalah seorang muslim taat yang mampu menghafal al-Qur'an sebanyak 19 juz.

Gelandang Arsenal yang memiliki bakat luar biasa ini memang tidak pernah menutupi keislamannya. Public hanya tahu, ia seorang muslim biasa. Saat ia berhasil mencetak gol, ia merayakannya dengan bersujud di lapangan hijau. Ia juga tetap menjalankan kewajiban berpuasa, meskipun ia harus terikat latihan yang ketat atau harus melakukan pertandingan penting.

Saat dikonfirmasi, yang bersangkutan membenarkan kabar itu. Ia mengaku sering ke Ebrahim Collage dan bertemu dengan komunitas muslim penghafal al-Qur'an di sana. Ia merasa sangat nyaman bersama mereka. Di sanalah, Abou Diaby melakukan prosesnya menghafal al-Qur'an. Bersama rekan-rekan komunitasnya, ia dibimbing untuk menghafal al-Qur'an sedikit demi sedikit. Hingga akhirnya, ia mampu menghafal sebanyak 19 juz.

Tahun 2006, saat ia bergabung dalam skuad Arsenal, ia mulai mengikuti banyak kegiatan latihan dan pertandingan. Diaby tak lagi sering ke Ebrahim Collage. Ia hanya bisa mengunjungi komunitasnya jika ia senggang atau liburan. Di sana, biasanya Diaby bersama rekan-rekannya duduk bersama dan saling menyimak hafalan antara satu teman dengan teman yang lainnya.

Baginya, menjaga hafalan sangat sulit, mengingat ia memiliki sedikit waktu untuk bisa melakukannya. Namun, Diaby tahu betul, jika hafalan al-Qur'an yang sudah ia miliki adalah hal penting yang harus terus ia jaga, bahkan ia sempurnakan. Maka, dengan berbagai cara pun dilakukan Diaby untuk terus bisa mengulas hafalannya, sesekali menambahkan sedikit demi sedikit hafalannya. Kapan saja bisa menjadi waktu andalannya, saat istirahat, saat sebelum tidur, dan saat-saat ada kesempatan lainnya.

Diaby juga disebut-sebut sebagai salah satu donator tempat sekolah islam terkenal di ibu kota Inggris, Enrahim Collage. Di sana, ia juga mendidik dan membimbing mualaf yang ingin mengenal lebih jauh ajaran islam. Ia juga aktif di berbagai acara social, seperti malam amal untuk etnis Muslim Rohingnya.

Sifat social Diaby yang sangat perhatian terhadap umat islam yang lain juga ia tunjukkan apabila dirinya terlibat dalam penggalangan dana untuk Muslim Rohingnya di London Muslim Center. Ia selalu berada di garis depan jika harus berurusan debgab kegiatan-kegiatan social keagamaan.

Laki-laki yang bernama lengkap Vassiriki "Abou" Diaby ini merupakan salah satu pemaain sepak bola dari Prancis yang memiliki darah keturunan Pantai Gading. Karier Abou Diaby mengalami kenaikansetahap demi setahap menuju kegemilangan. Pada tahun 2003-2004, ia bermain di klub Auxerre B. kemudian, tahun 2004-2006, ia bergabung di Auxerre. Tahun 2004-2005, ia menjadi skuad ti Timnas Prancis U-19. Barulah kemudian di tahun 2006 sampai saat ini, ia bergabung di Arsenal. Ia juga tercatat sebagai skuad di timnas Perancis U-21 dan Timnas Prancis senior.

Peraturan Permainan Sepak Bola Resmi yang Dikeluarkan FIFA

01 April 2015 16:13:50 Dibaca : 6534

 

1. Lapangan Sepak Bola
Menurut peraturan permainan sepak bola FIFA, permainan sepak bola harusnya dilakukan di lapangan resmi yang memiliki panjang antara 100 hingga 130 yard / sekitar 90 – 120 Meter. Sedangkan Lebar lapangan antara 50 hingga 100 yard / 45 – 90 meter. Ukuran lapangan sepak bola ini telah disesuaikan dengan jumlah pemain yaitu 11 orang setiap tim, dan permainan sepak bola dilakukan oleh 2 tim.

2. Peraturan Penggunaan Bola
Bola merupakan hal penting dalam dunia sepak bola, dalam peraturan resmi ukuran keliling bola tidak boleh lebih dari 28 inches / 70 sentimeter dan tidak boleh kurang dari 27 inchi / sekitar 68 cm. Ada jenis 5 jenis bola dengan karkteristiknya, yaitu :
Bola ukuran 5 :
Biasanya digunakan oleh pemain-pemain sepak bola yang berusia 12 tahun atau diatasnya dengan ukuran keliling 68-70 cm dan berat 14-16 oz (410-450 gram).

Bola ukuran 4:
Biasanya digunakan oleh pemain dengan usia 8 – 12 tahun dengan lingkaran bola antara 25 -26 ins (64-66 cm) dan berat 12-13 oz (340-468 gram)

Bola ukuran 3:
Biasanya digunakan oleh pemain dengan usia dibawah 8 tahun dengan ukuran lingkaran bola antara 23-24 inchi ( 58-61 cm) dengan berat 11-12 oz (312-340 gram).

Bola ukuran 2 : digunakan untuk pertandingan promosi
Bula ukuran 1 : digunakan untuk pertandingan promosi

3. Peraturan Jumlah Pemain Sepak Bola

Permainan sepak bola dilakukan oleh 2 tim dengan setiap tim memainkan 11 pemain di lapangan, dari 11 pemain tersebut salah satunya adalah penjaga gawang. Sebagai catatan penting, jika pemain dalam satu tim kurang dari 7 pemain, maka pertandingan sepak bola tidak bisa dimulai. Dalam sebuah pertandingan setiap tim dapat melakukan pergantian pemain, pergantian pemain untuk pertandingan resmi FIFA hanya dibatasi 3 kali pergantian. Pada pertandingan nasional pergantian dapat dilakukan sebanyak 7 kali dan bisa lebih untuk pertandingan persahabatan.

4. Peraturan Penggunaan Aksesoris
Dalam sebuah pertandingan sepak bola, para pemain biasanya menggunakan atribut meskipun tidak sebanyak olahraga jenis lain. Atribut yang dikenakan oleh pemain diantaranya :
Jersey:
Jersey merupakan pakaian yang dibuat dari bahan sintetik yang bisa menyerap keringat pemain, hal inilah yang membedakan jersey dengan kaos biasa. Setiap tim harus mempunyai identitas timnya sendiri, hal inilah yang membuat sebuah klub sepak bola memiliki beberapa jersey dalam satu musim, hal ini untuk mencegah penggunaan jersey yang sama dengan tim lain. Ada peraturan lain mengenai penggunaan warna antar kedua tim yang tidak boleh sama, hal ini memudahkan para pemain untuk membedakan mana teman dan mana yang musuh.

Kaus kaki:
Kaus kaki juga merupakan aksesoris yang biasa dikenakan para pemain, selain untuk mencegah cidera kaus kaki juga sebagai tempat menggunakan pelindung tulang kering di kaki / shinguards. Dalam pertandingan sepak bola resmi, warna kaus kaki dalam satu tim harus sama

Sarung tangan :
Pemain yang diizinkan untuk menggunakan sarung tangan hanyalah penjaga gawang / kiper, namun ada pengecualian ketika permainan sepak bola dilakukan ditempat yang dingin / bersalju. Sarung tangan / glove dikembangkan sedemikian rupa agar memudahkan dan melindungi tangan dari hantaman bola yang begitu keras.

Tutup Kepala:
Aksesoris ini boleh digunakan bagi yang sedang mengalami cedera / pernah mengalami cedera pada kepala. Contohnya adalah peter cech dari chealsea.

Aksesoris yang tidak boleh dipakai:
Dalam suatu permainan sepak bola, ada beberapa aksesoris yang tidak boleh digunakan, diantaranya: Anting, gelang, kalung.

5. Wasit
Pertandingan sepak bola harus dipimpin oleh wasit. Wasit merupakan pengadil dilapangan, orang yang memegang penuh jalannya pertandingan, tugas wasit meliputi:

Mengendalikan pertandingan dengan bantuan asisten wasitMemastikan bahwa bola yang digunakan sesuai dengan aturan no.2 dan memastikan pemain memenuhi aturan 4Bertugas sebagai pangatur waktu dan mencatat segala pertandinganMenghentikan, menunda atau mengakhiri pertandingan, atas kebijakannya untuk setiap pelanggaran terhadap peraturan sepak bolaMenghentikan, menunda atau mengakhiri pertandingan karena gangguan dari pihak luarMenghentikan pertandingan jika ada pemain yang mengalami cedera parah dan perlu dibawa keluar lapangan. Pemain yang keluar lapangan karen cedera harus mendapat izin dari wasit jika ingin masuk kembaliDll

6. Asisten Wasit
Pertandingan sepak bola juga harus dibantu oleh 2 asisten wasit, istilah asisten wasit kadang disebut linesman. tugas dari asisten wasit adalah membawa bendera untuk menandakan terjadinya offside, bola keluar dan terjadinya tendangan sudut.

7. Durasi Permainan Sepak Bola
Permainan sepak bola dilakukan 2 babak, setiap babak 45 menit, jeda antara kedua babak tidak lebih dari 15 menit. Penambahan durasi permainan dapat terjadi jika ada pemain yang mengalami cedera atau pergantian pemain.

8. Terjadinya Kick Off
Kick off dapat dilakukan dalam kondisi berikut:

Memulai pertandinganTerjadinya golMemulai babak keduaMemulai babak perpanjangan waktu

9. Bola Keluar
Bola keluar / out terjadi ketika bola melewati garis gawang atau garis lapangan. Bola out juga terjadi karena pertandingan yang dihentikan oleh wasit dengan alasan tertentu misalnya ada yang cedera.

10. Tercipta Gol
Gol dalam pertandingan sepak bola terjadi ketika bola masuk ke dalam jaring dengan tidak dalam posisi offside, hands ball, atau pelanggaran. Gol bisa terjadi dengan beberapa cara diantaranya tendangan bebas, pinalti, hingga gol bunuh diri. Semua gol sah apabila wasit menyatakan gol tersebut sah.

11. Offside
Offside terjadi jika jika pemain berada di area lawan dimana ketika bola menuju dirinya tidak tidak ada bek lagi dan hanya berhadapan dengan kiper. Offside ditentukan dengan bendera yang diangkat oleh asisten wasit. Kejadian offside terkadang membuat permainan sepak bola menjadi kontroversi karena kadang wasit bisa salah menentukan terjadinya offside. Pemain tidak dikenakan offside jika ketika bola yang diumpankan oleh temannya pada saat dia masih berada di posisi dikawal pemain belakang lawan.

12. Terjadinya Pelanggaran
Pelanggaran terjadi karena banyak hal diantaranya tackle yang keras, hands ball ,dll. Pelanggaran dapat menghasilkan 2 tipe kartu yaitu kartu merah dan kartu kuning. Pemain yang mendapatkan kartu merah berarti harus meninggalkan lapangan, sedangkan bagi yang mendapat kartu kuning itu merupakan peringatan keras, apabila mendapat 2 katu kuning maka secara otomatis pemain juga mendapatkan karu merah yang artinya juga harus meninggalkan lapangan. Dalam sebuah liga perolehan kartu kuning akan diakumulasikan dan jika akumulasi kartu kuning 3 kali dalam kompetisi yang sama maka pemain tidak bisa dimainkan satu kali pertandingan dalam kompetisi tersebut.

13. Terjadinya Tendangan Bebas
Dalam peraturan permainan sepak bola, tendangan bebas dapat dilakukan di area tempat terjadinya pelanggarang tersebut. Tendangan bebas dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Tendangan bebas secara langsung adalah tendangan yang langsung mengarah ke gawang, sedangkan tendangan tidak langsung berada tendangan tersebut dioperkan ke timnya terlebih dahulu.

14. Terjadinya Pinalti
Pinalti terjadi karena adanya pelanggaran yang dilakuan terhadap tim lawan dalam kotak terlarang. Pelanggaran tersebut bisa terjadi karena hands ball atau menjatuhkan lawan dengan sengaja. Posisi pinalti adalah satu kiper di depan garis gawang, satu orang penendang dengan bola yang ditempatkan pada posisi lingkaran tendangan pinalti dan pemain lain harus berada di luar kotak terlarang dan berada di belakang bola.

15. Lemparan kedalam (throw in)
Lemparan kedalam terjadi akibat bola meninggalkan lapangan, saya sudah pernah menuliskan bagaimana melakukan lemparan yang baik dan benar. Lemparan dilakukan oleh tim lawan, misalnya anda yang mengeluarkan bola maka tim lawan yang berhak melakukan lemparan. Lemparan kedalam lawan bisa dianulir oleh wasit apabila melempar bola dengan cara yang salah dan membuang cukup banyak waktu.

16. Tendangan Gawang
Peraturan sepak bola mengharuskan wasit memutuskan tendangan gawang jika bola meninggalkan lapangan melalui garis gawang dan tidak masuk ke jaring, bola yang keluar juga harus dari tendangan atau sundulan tim lawan.

17. Tendangan Sudut
Tendangan sudut merupakan tendangan yang dilakukan di sudut lapangan karena bola keluar dari lapangan melewati garis gawang dengan ketentuan tim anda yang terakhir menyentuh bola tersebut. Apabila bola keluar kearah kanan gawang, maka tendangan sudut dilakukan di sudut lapangan sebelah kanan. Kalau bola keluar ke arah kiri gawang, maka tendangan sudut dilakukan disudut kiri gawang.

Itu tadi 17 peraturan permainan sepak bola yang perlu anda kuasai untuk menjadi pemain sepak bola yang handal. Setelah menguasai peraturan sepak bola ini anda bisa mulai berlatih teknik dasar bermain sepak bola. Selalu berlatih ya… siapa tau anda bisa menjadi penerus generasi sepak bola Indonesia yang jago dan mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia.