Fasilitas Rotasi Tampilan Desktop

22 October 2012 16:13:00 Dibaca : 275 Kategori : Iseng doankk

 

Monitor-monitor keluaran baru terutama yang LCD, mempunyai fasilitas untuk diputar secara fisik dengan maksud agar dapat digunakan baik secara vertikal maupun horizontal. Untuk mengimbanginya, tampilan desktop pun harus diputar 0, 90, 180, atau 270 derajat agar sesuai dengan posisi fisik monitornya, dan ini tergantung dari kartu grafis yang digunakan, apakah mendukung rotasi tampilan atau tidak.

Pengaturan rotasi tampilan  umumnya dapat dilakukan dari menu saat klik kanan pada desktop, melalui display properties, shortcut keyboard, atau cara lain menurut kartu grafis yang digunakan. Untuk penggunaan shortcut keyboard, yang saya temui biasanya menggunakan kombinasi tombol Ctrl+Alt dan tombol panah atas, bawah, kanan, atau kiri sebagai defaultnya.

Menggunakan monitor secara vertikal maupun horizontal tentunya tergantung "bagaimana enaknya" dari yang akan menggunakan dan juga aplikasi yang akan digunakannya. Untuk saya misalnya, monitor nyaman digunakan secara vertikal jika setidaknya lebarnya 17 inchi atau lebih dengan menyesuaikan resolusinya lebih dahulu menjadi 1024×1280 pixel, tapi itu pun tidak bisa nyaman saya gunakan ketika misalnya sedang menggunakan untuk memutar video atau untuk menjalankan aplikasi tertentu, jadi perlu mengembalikan ke posisi horizontal dan melakukan rotasi tampilannya.

Hal lain yang bisa dimanfaatkan dengan adanya fasilitas rotasi tampilan antara lain:

  • Mengerjai Teman Mungkin banyak teman-teman Anda yang belum mengenal fasilitas rotasi tampilan pada komputer yang mereka gunakan, bahkan tidak mengetahui bahwa secara fisik monitor yang digunakan bisa diputar. Dengan mengatur tampilan terbalik (180 derajat) pada posisi fisik monitor yang tetap misalnya, bisa jadi teman Anda akan kewalahan bagaimana mengembalikannya. Ada kemungkinan juga teman Anda akan mengira bahwa komputernya sudah terinfeksi virus :) Tapi ingat, lakukan pada teman yang memang bisa diajak bercanda dan Anda sendiri pun siap bahwa suatu waktu bisa jadi teman Anda akan berbalik mengerjai Anda.
    Jika misalnya Anda sendiri yang menjadi "korban" baik karena dikerjai teman atau karena kesalahan menekan kombinasi tombol keyboard, umumnya tampilan dapat dikembalikan dengan menekan kombinasi Ctrl+Alt+Panah Atas pada keyboard.Sarana Bermain Kalau teman-teman disekitar Anda memang sudah mengetahui fasilitas tersebut, ajak mereka untuk bermain di kala waktu memang memungkinkan untuk itu. Dengan memutar tampilan 90, 180, atau 270 derajat, tentukan siapa yang paling cepat untuk membuka menu dan aplikasi tertentu. Bisa juga untuk memainkan games tertentu dan siapa yang mendapat skor tertinggi pada posisi tampilan seperti itu.
  • Sarana Bermain Kalau teman-teman disekitar Anda memang sudah mengetahui fasilitas tersebut, ajak mereka untuk bermain di kala waktu memang memungkinkan untuk itu. Dengan memutar tampilan 90, 180, atau 270 derajat, tentukan siapa yang paling cepat untuk membuka menu dan aplikasi tertentu. Bisa juga untuk memainkan games tertentu dan siapa yang mendapat skor tertinggi pada posisi tampilan seperti itu

Mungkin ada lagi?