Inilah Kerugian Akibat Kebakaran Hutan Di Gorontalo Utara

31 October 2015 11:27:30 Dibaca : 116 Kategori : Dunia Baca Dan Fikir

DEGORONTALO – Hujan sudah mengguyur Gorontalo sejak beberapa hari lalu. Titik-titik api akibat kebakaran hutan dan lahan di Kecamatan Sumalata Timur, Kabupaten Gorontalo Utara, juga dipastikan telah padam.

Namun kebakaran yang terjadi sejak tanggal 17 Oktober 2015 ini menyebabkan kerugian yang tidak sedikit. Menurut Risan Demanto, Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Gorontalo Utara, jumlah pemilik lahan yang mengalami korban sebanyak 36 orang di Desa Motihelumo.

“Untuk jenis pohon yang terbakar itu, pohon cengkeh 2.502, Pala 16 pohon, tanaman kakao 400 pohon dengan luas lahan yang terbakar 60 hektar,” kata Risan Demanto melalui pesan seluler kepada degorontalo, Selasa (28/10/2015).

Sedangkan untuk Desa Dulukapa, kata dia, korban pemilik lahan yang terbakar adalah 37 orang. Untuk jenis pohon yang mengalami kerugian, yaitu cengkeh 2.593 pohon, kakao 50 pohon, durian 17 pohon, kemiri 250 pohon, jati 5.000 pohon.

“Luas areal yang terbakar sekitar 54 hektar,” ujarnya.

Sementara itu, untuk Desa Deme I, Risan menyebutkan ada 4 orang pemilik lahan yang mengalami korban, dengan jenis pohonnya adalah; 1.529 pohon cengkeh, 250 pohon pala. Kemudian luas areal yang terbakar sebanyak 17 hektar.

“Selain itu, total luas lahan dan hutan yang terbakar di wilayah ini diperkirakan mencapai 15 ribu hektar,” kata Risan.

Sebelumnya, pada tanggal 19 Oktober 2015, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Bandara Djalaludin Gorontalo menyebutkan ada 22 titik api yang terdeteksi di wilayah Gorontalo. Menurut Fathuri, prakirawan BMKG, pihaknya mendeteksi wilayah yang terbanyak titik apinya ada di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Berdasarkan citra satelit, ada 15 titik api di Kabupaten Gorontalo Utara, yang tersebar di Kecamatan Sumalata, Kwandang, dan kecamatan Gentuma Raya,” ungkapnya.

Selain di Gorontalo, api juga membakar hutan yang ada di Kecamatan Suwawa Timur, Kabupaten Bone Bolango, Kecamatan Taluditi dan Buntuila di Kabupaten Pohuwato, Kecamatan Asparaga di Kabupaten Gorontalo, serta di Kecamatan Mananggu di Kabupaten Boalemo. Karena pembakaran hutan ini, asap bisa terlihat jelas dan menutupi gunung-gunung yang mengelilingi Kota Gorontalo.

CHRISTOPEL PAINO