Pengertian Database

20 September 2012 03:01:48 Dibaca : 411 Kategori : 921411131tugas1

1. Pengertian Data dan base :

   Data adalah sesuatu yang belum mempunyai arti bagi penerimanya dan masih memerlukan adanya pengolahan. Data bisa berurut keadaan, gambar, suara, huruf, angka matematika, bahasa ataupun simbol-simbol lainnya yang bisa kita gunakan sebagai bahan untuk melihat lingkungan, obyek kejadianb ataupun suatu konsep.

   Base adalah sebuah program yang bekerja pada liongkungan basis data pada office base. dengan fasilitas fasilitas yang disediakan anda dapat dengan cepat dan mudah bekerja pada lingkungan basis data, selain itu anda juga dapat menggunakan base untuk membuat filetable mendefinisikan field, mengisi record serta untuk membuat file basis data dan menyimpan file data.

 

Pengertian Database :

   Database adalah kumpulan informasi yang disimpan didalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.

 

2. Aplikasi berbasis file

 Aplikasi berbasis file merupakan aplikasi untuk mengolah data menggunakan data base MYSQL dan memanfaatkan PHP My Admin.

 

   Aplikasi berbasis file dikembangkan sedemikian rupa sehingga pemakai dengan berbagi bidang fungsional yang berbeda akan mendapatkan informasi dari basis data tanpa saling menganggu. Aplikasi berbasis file harus mengimplementasikan kebijkan control yang dibuat oleh manajemen.

 

 

 

 3. System Management Database

 

Sistem Manajemen database atau DBMS adalah merupakan suatu sistem softwore yang memungkinkan seseorang dapat mendefinisikan, membuat, dan memelihara serta menyediakan akses terkontrol terhadap data. database sendiri adalah kumpulan data yang berhubungan secara logika dan memiliki beberapa arti yang saling berpautan.

DBMS yang utuh biasanya terdiri dari :

1. Hardware

    Yang merupakan sistem komputer actual yang digunakan untuk menyimpan dan mengakses database. dalam sebuah organisasi berskala besar hardware terdiri dari jaringan dengan sebuah server pusat dan beberapa program klien yang berjalan di komputer dekstop.

2. Software beserta utility

    Adalah DBMS yang aktual. DBMS memungkinkan para user untuk berkomunikasi dengan database. dengan katalain DBMS merupakan mediator antara database dengan user. sebuah databse harus memuat seluruh data yang diperlukan oleh sebuah organisasi .

3. Prosedur

    bagian integral dari setiap sistem adalah sekumpulan prosedur yang mengotrol jalannya sistem, yaitu praktik-praktik nyata yang harus diikuti user untuk mendapatkan, memasukkan, menjaga dan mengambil data.

4. Data

    adalah jantung dari DBMS. ada dua jenis data. pertama, adalah kumpulan informasi yang diperlukan oleh suatu organisasi. jenis data kedua adalah metadata, yaitu informasi mengenai database.


5. user

   ada sejumlah user yang dapat mengakses atau mengambil data sesuai dengan kebutuhan pengguna aplikasi-aplikasi dan interface yang disediakan oleg DBMS.

Keuntungan sistem database terdistribusi adalah :
1. Pengelolaan secara transparan data terdistribusi dan replicated.
a. Mengurangi ketergantungan data
b. Transparansi jaringan
c. Transparansi replikasid. Transparansi fragmentasi
2. Mengacu pada struktur organisasi
3. Meningkatkan kemampuan untuk share dan otonomi local
4. Meningkatkan ketersediaan data
5. Meningkatkan kehandalan
6. Meningkatkan unjuk kerja
7. Memudahkan pengembangan system

Kelemahan system database terdistribusi adalah :
1. Kompleksitas manajemen
2. Control integritas lebih sulit
3. Biaya pengembangan
4. Keamanan
5. Kurang standarisasi
6. Menambahkan kebutuhan penyimpanan
7. Lebih sulit dalam mengatur lingkungan data
8. Menambah biaya pelatihan.

 

Macam-macam DBMS

1).Pengertian mysql :

  MySQL (My Structure Query Language) atau yang biasa dibaca “mai-se-kuel” adalah sebuah program pembuat database yang bersifat open source dan berjalan di semua platform baik Windows maupun Linux. Selain itu, MySQL juga merupakan program pengakses database yang bersifat jaringan sehingga dapat digunakan untuk aplikasi Multi User (Banyak Pengguna).

 

 

 

2).Pengertian Ms access :

   Pengertian Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah., dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna. Versi terakhir adalah Microsoft Office Access 2007 yang termasuk ke dalam Microsoft Office System 2007.

   Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access. Para pengguna/programmer yang telah berpengalaman dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang berpengalaman dapat menggunakanya karena Microsoft Accsess merupakan program yang telah disetting sedemikian rupa agar para penggunanya baik dari para programmer yang handal atau tidak. Access juga menawarkan teknik-teknik pemrograman berorientasi objek..

 

3).Pengertian Oracle :

  Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka , komprehensif dan terintegrasi . Oracle menyediakan solusi yang efisien dan efektif karena kemampuannya dalam hal berikut :

  • Dapat bekerja di lindungan client/server (pemrosesan terbesar)
  • Menangani manajemen space dan basis data yang besar
  • mendukung akses data secara simultan
  • Berformasi pemrosesan transaksi yang tinggi
  • Menjamin ketersediaan yang terkontrol
  • lingkungan yang terreplikasi

 

 

 

 

4).Pengertian Sql1 :


  SQL (yang biasa dibaca sequel) merupakan kependekan dari Structured Query Languageyaitu bahasa yang dirancang khusus untuk komunikasi dengan database. Tidak seperti bahasa-bahasa lainnya (seperti bahasa C, basic, pascal atau bahasa pemprograman yanglain) Bahasa SQL sengaja di rancang untuk melakukan hal secara sederhana dan efisienuntuk membaca dan menulis data dari suatu database.Manfaat dari SQl antara lain :SQL bukanlah bahasa kepemilikan yang digunakan oleh vendor database perorangan.Hampir semua database besar mendukung SQL, sehingga dengan mempelajari bahasaSQL, anda dapat berinteraksi dengan hampir seluruh database besar yang beredar sepertiMs. SQL server, Oracle, Ms. Access, atau MySQL. SQL mudah dipelajari, karena semuastatement dibuat berdasarkan kata-kata dalam bahasa inggris yang umum. SQL benar- benar suatu bahasa yang kuat, dan dengan kepandaian menggunakan unsur-unsur bahasatersebut, anda dapat melakukan pengoperasian database yang kompleks dan sulit

 

 

5).Pengertian Firebird :

   Firebird merupakan RDMS open source yang dikembangkan dari Interbase 6 versi open source milik Borland. Firebird berjalan baik di Linux, Windows, maupun pada sejumlah platform Unix, selain itu kita juga dimudahkan untuk mengakses Firebird dengar tersedianya firebird ODBC.

Firebird juga mempunyai fitur-fitur database server seperti :
1. Trigger
2. Store Procedure
3. View