Amalan yang Baik

22 July 2013 00:09:00 Dibaca : 1257 Kategori : terbaru muji

Bumi ini selalu berputar. Tiada keabadian selama kita masih hidup di dunia. Siapa yang tidak mempunyai pegangan selama hidup di dunia maka akan mudah terombang-ambing oleh tantangan dunia. Godaan dunia begitu berat sehingga semestinya kita mempunyai amalan dalam hidup sehingga tidak mudah goyah.

Ada tiga hal yang setidaknya bisa kita jadikan pegangan selama hidup di dunia ini, yaitu:

1. Istiqomah

Yakni kokoh dalam akidah dan konsisten dalam ibadah. Saking pentingnya istiqomah ini, Rasulullah pernah menyampaikan suatu nasehat kepada salah seorang sahabat,

“ Dari Sufyan bin Abdullah r.a. berkata, Aku telah berkata, “Wahai Rasulullah katakanlah kepadaku pesan dalam Islam sehingga aku tidak perlu bertanya kepada orang lain selain engkau”. Nabi menjawab, ‘Katakanlah aku telah beriman kepada Allah kemudian beristiqomahlah’.” (HR Muslim)

2. Istikharah

Yakni selalu mohon petunjuk kepada Allah dalam setiap langkah dan penuh pertimbangan dalam setiap pengambilan keputusan.

Setiap orang tentu mempunyai kebebasan, baik kebebasan berpikir, berkata, maupun bertingkah laku. Akan tetapi dalam ajaran Islam, tidak ada kebebasan yang itu sebebas-bebasnya, dalam artian tetap ada batasnya. Dan batas-batas itulah yang dinamakan dengan aturan Islam. Sehingga sebagai seorang muslim yang baik sudah semestinya kita hati-hati dalam semua itu. Kita harus berpikir dua kali bahkan lebih dalam berpikir, bertindak, dan berbuat, agar kita tidak melenceng dari syariat Agama Islam. Rasulullah SAW bersabda,

“Barangsiapa beriman kepada Allah dan hari akhir, maka berkatalah yang baik atau diamlah.” (HR Bukhari - Muslim)

3. Istighfar

Yakni selalu introspeksi diri dan mohon ampunan kepada Allah SWT.

Setiap orang tentunya pernah berbuat salah. Salah inilah yang kita sebut dengan penyakit. Kalau itu penyakit maka harus kita obati. Karena ini bisa jadi merupakan penyebab kesulitan-kesulitan kita. maka dari itu obat satu-satunya adalah dengan taubat dan istighfar. Allah SWT berfirman yang mengisahkan seruan Nabi Hud AS kepada kaumnya,

“Dan Hud berkata, wahai kaumku, mohonlah ampun kepada Tuhanmu, lalu bertaubatlah kepadaNya. Niscaya Dia menurunkan hujan yang sangat deras kepadamu dan Dia akan menambahkan kekuatan kepadamu, dan janganlah kamu berpaling dengan berbuat dosa.” (QS Hud: 52)

Terakhir, tiada manusia yang sempurna. Begitupun kita. dosa-dosa selalu membayangi kita semua. Maka dari itu untuk menjaga diri kita pribadi maupun orang lain, kita teguhkan lagi perihal yang tiga tadi. Mengokohkan akidah, mohon petunjuk kepada Allah, dan mohon ampun kepada Allah. Semoga Allah SWT selalu memberikan kekuatan kepada kita semuannya. Amin.