Nasehat Ulama

22 July 2013 00:03:36 Dibaca : 1170 Kategori : Motivasi Islami

Nasehat Ulama

Syekh al -Imam al-Alim Abul Faraj Abdurrahman bin Ali bin Muhammad al-Jauzi rahimahullah mengatakan:

Aku memuji Allah dengan pujian yang membuat-Nya ridho, dan aku berdoa mudah-mudahan Dia bershalawat dan menyampaikan salam kepada orang pilihan-Nya yang paling mulia beserta orang yang menemani dan mendukungnya dengan shalawat dan salam yang tiada habisnya.

Karena pikiran yang berselancar meneliti beberapa hal di hadapannya tak mau menuliskannya, maka ia pun pergi sia-sia. Oleh sebab itu, termasuk perbuatan terpuji adalah mencatat apa-apa yang terlintas di pikiran supaya ia tak terlupakan sepanjang massa, apalagi Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam juga telah bersabda, "Jagalah ilmu dengan menuliskannya." *

Aku sangat sering memikirkan sesuatu, namun aku tak menuliskannya, lalu ia pun lenyap sia-sia. Aku pun kemudian bersedih dan menyesali kepergiannya.

Aku sadar bahwa setiap kali aku membuka pintu berpikir aku selalu mengetahui keajaiban-keajaiban yang tak pernah aku sangka sebelumnya. Ia datang dalam jumlah yang tak terkira, hingga aku pun tak boleh meremehkannya begitu saja. Alasan inilah yang membuatku menjadikan buku ini tempat penyimpanan buah renungan.

Hanya Allah lah pemberi manfaat dan Dia Mahadekat lagi Maha Mengabulkan.

_______________________
* Hadits riwayat al-Hakim 1/106 dari Hadits Umar bin Khattab radhiyallahu 'anhu, ad-Darimi, 1/126, al-Khatib dalam Taqyid al-Ilm halaman 68 dari Hadits Abdullah bin Amr radhiyallau 'anhuma dan Ibnu Adi dalam al-Kamil, 2/793 dari Hadits Ibnu Abbas radhiyallahu 'anhuma.