Sebarkan "Virus" Senam Dahlan Style

30 August 2013 13:47:54 Dibaca : 1250 Kategori : terbaru muji

Sebarkan "Virus" Senam Dahlan Style
Dahlan Iskan
Dahlan Iskan (sumber: JG Photo)
Sehat dan bugar merupakan harapan bagi setiap orang selama hidup di dunia. Karena itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan, selalu berupaya menyediakan waktu untuk berolahraga dengan senam pagi, beristirahat yang cukup, serta mengonsumsi air putih.

Kegiatan menambah nutrisi melalui asupan makanan dan minum vitamin, serta istirahat yang cukup, mungkin sudah banyak orang yang senang dan rela melakukannya. Tapi untuk berolahraga, tidak banyak yang merasa mampu menyisihkan waktunya dan menjalaninya dengan rasa bahagia.

Sejumlah orang biasanya malas berolahraga karena merasa berat, harus berkeringat, dan ngos-ngosan. Padahal, olahraga sebenarnya bisa menjadi lebih ringan jika dilakukan dengan senang hati. Dahlan Iskan menjadi salah satu contoh orang yang bisa melakukan olahraga tanpa beban dan merasa bahagia di dalam hatinya.

Cukup banyak pilihan olahraga yang membuat tubuh segar, tapi tidak terlalu berat untuk dijalani. Salah satunya senam kebugaran jasmani (SKJ). Olahraga ini tidak memandang umur karena semua orang bisa melakoninya, dari orang tua, muda, hingga anak kecil.

Dahlan Iskan merupakan salah penggemar olahraga SKJ. Setiap hari, dari Senin hingga Sabtu, dia selalu senam pagi di lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat. Waktu yang diperlukan untuk melakoninya pun tidak perlu terlalu lama, sekitar satu jam saja. “Momen paling bahagia dalam hidup saya itu ketika senam pagi,” kata Dahlan Iskan, baru-baru ini.

Setiap pagi, asalkan berada di Jakarta, dia selalu meluangkan waktu untuk senam pagi. Saat orang-orang muda lain mungkin masih terlena di tempat tidur, pukul 05.00 WIB, Dahlan sudah ada di Monas bersama sejumlah instruktur untuk menjalani senam pagi.

Salah seorang instrukturnya yang enggan disebutkan namanya, bahkan sampai mengatakan, sesibuk apa pun, sepanjang ada di Jakarta dan tidak ada pekerjaan yang mendesak di pagi hari, Dahlan pasti selalu ikut senam pagi. Dia kelihatan sangat bahagia dan bersemangat menjalaninya.

Dahlan berupaya menyeimbangkan hidupnya dengan senam pagi. Bagi dia, sehat dan bugar itu sangat penting. Senam pagi selalu memberi kesegaran, yang mendukung kebugaran tubuhnya untuk mengurus 140 perusahaan BUMN. BUMN perbankan, tambang, perkebunan, penerbangan, farmasi, kereta api, sampai pelabuhan, merupakan urusan yang menyibukannya sehari-hari.

Tidak hanya berbeda jenis usaha, perusahaan BUMN tersebut juga beda kondisi satu dengan yang lainnya. Sebut saja, ada perusahaan BUMN yang selalu untung setiap tahun, di antaranya PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BBTN). Sementara itu, ada BUMN yang masih merugi, antara lain PT Kertas Leces, PT Pengerukan Indonesia (Rukindo), PT Perikanan Nusantara, Perum Prasarana Perikanan Samudera, PT Boma Bisma Indra, serta PT Dok dan Perkapalan Kodja Bahari.

Kreasi Senam
Tentu saja, hari-hari Dahlan tidak bisa sesantai orang biasa ketika mengurusi semuanya itu. Meski demikian, dia tetap berupaya untuk bisa sehat dan bugar, dengan rajin senam pagi. Bahkan, hobi senam pagi ini pun berupaya ditularkan ke banyak orang, terutama orang-orang terdekatnya.

Ketika melakukan safari ke tujuh daerah di Indonesia, Dahlan masih sempat melakukan senam pagi di lapangan Kantor Wali Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur. Senam "Dahlan Style" pun dilaksanakan di sana bersama sekitar 800 warga Kupang, Sabtu (24/8) pagi pekan lalu.

Gerakan-gerakan senam Dahlan Style cukup sederhana, sehingga anak kecil dan orang tua sekalipun tidak kesulitan melakukannya. Meski sederhana, senam tersebut tidaklah membosankan. Bahkan, terlihat kocak karena modifikasi lagu-lagu yang mengiringi senam pagi pun sangat bervariasi. Dari lagu Indonesia pop yang diaransemen khusus menjadi musik riang, lagu Mandarin, musik dangdut, bahkan lagu daerah Papua pun turut mengiringi langkah senam Dahlan bersama warga Kupang.

Dahlan memang menteri paling energik dari seluruh anggota Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) jilid II pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pada senam pagi tersebut, menteri yang punya slogan hidup "Kerja, kerja, dan kerja" ini terlihat sangat energik, lincah, dan riang melakukan setiap gerakan.

Warga Kupang yang ikut senam pun merasa sangat terhibur. Bahlan, kaum ibu berbondong-bondong ingin berfoto bersama Dahlan. Lagu senam pagi yang sangat kocak untuk mengiringi senam saat itu adalah lagu Warkop DKI, yang berjudul Dongkrak Antik-Chicken Dance.

Pada saat safari kerja ke tujuh daerah di Indonesia mulai dari Purwokerto, Cilacap, Kupang, Atambua (perbatasan Timor Leste), Rote Ndao, Labuan Bajo, Bali, dan Surabaya, pada 23-25 Agustus 2013, Dahlan tak sedikit pun terlihat lelah. Dia malah sangat energik melintasi seluruh wilayah, mengalahkan orang-orang muda yang mengikutinya. Rahasianya, karena suka senam pagi dan minum air putih. Selebihnya, Dahlan tetap memelihara semangat dan menjaga kesehatan, sehingga pengaruh cuaca dan lelah bisa diatasinya dengan baik.