ARSIP BULANAN : April 2013

Perbedaan Kata Baku dan Kata Tidak Baku

02 April 2013 14:56:24 Dibaca : 198

Kata Baku adalah kata yang sesuai dengan aturan kaidah bahasa. Kata baku dalam bahsa indonesia berarti kata yang sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia yang telah ditentukan.

Kata Tidak Baku adalah kata yang tidak sesuai dengan tata aturan kaidah bahasa. Kata tidak baku banyak digunakan dalam percakapan sehari-hari.

contoh kata baku dan tidak baku :
A

Afdal (bukan) Afdhol,Afdol
Aktivitas (bukan) Aktifitas
Abjad (bukan ) Abjat
Aktif (bukan) Aktip
Asas (bukan) Azaz
Apotek (bukan) apotik

B

Balsam (bukan) Balsem
Bumiputra (bukan) Bumi Putra
Berngus (bukan) Brangus
Bus (bukan) Bis
Besok (bukan) Esok
Biosfer (bukan) Biosfir
Belum (bukan) Belom
Bengep (bukan) Bengap
Blanko (bukan) Blangko

C
Cenderamata (bukan) Cinderamata

Cengkih (bukan) Cengkeh
Cabai (bukan) Cabe
Capai (bukan) Capek

D

Dolar (bukan) Dollar
Desain (bukan) Disain
Detail (bukan) Detil
Daripada (bukan) Dari pada
Definisi (bukan) Difinisi
Dipersilakan (bukan) Dipersilahkan
Disahkan (bukan) Disyahkan

E

Embus (bukan) Hembus
Ekstrem (bukan) Ekstrim
Ekstremis (bukan) Ekstrimis
Esens (bukan) Esense
Ekstra (bukan) Extra
E-mail (bukan) Email
Elektrode (bukan) Elektroda

F

Fondasi (bukan) Pondasi
Fotokopi (bukan) Photocopy
Frekuensi (bukan) Frekwensi

Februari (bukan) Pebruari
Familier (bukan Familiar
Facsimile (bukan) faksimili

G

Gladi (bukan) Geladi
Genting (bukan) Genteng

Glukosa (bukan) Glukose

 

Tips Paling Populer Minggu ini

02 April 2013 14:49:57 Dibaca : 154

Tips menolak ajakan kencan pria tanpa membuatnya merasa down :
1. Mengganti sesi Kencan Dengan sesi yang lebih Singkat
   Anda bisa mengganti sesi ajakan berkencan dengan sesi pertemuan yang lebih singkat. Misalnya dia mengajak anda untuk berkencan di akhir pekan,anda bisa menukarnya dengan ajakan makan siang yang lebih singkat hari itu juga.
2. Mungkin Dia akan membatalkannya
   Dengan melakukan tips di atas,bisa juga membuatnya menyerah membatalkan kencan. Karena tidak semua orang bisa mengikuti jadwal yang dadakan. Apalagi yang namanya kencan pasti lebih enak kalau dipersiapkan ditempat dan waktu yang khusus.
3. Katakan anda akan mengajak Rekan Lain
  Tips ini bisa anda terapkan saat terlanjur mengiyakan sesi kencan. Katakan bahwa anda akan mengajak adik atau teman anda karena sudah janjain dengan merekan untuk melakukan sesuatu di hari itu.At least anda tak harus benar-benar berkencan dengannya karena ada orang ketiga diantara anda. Namun tugas anda berikutnya adalah,jangan mebuat rekan lain tersebut menjadi obat nyamuk diantara anda berdua.
4. Tolak dengan halus dan Katakan Terima kasih
   Anda bisa menolaknya dengan halus.tidak usah menunjukan wajah yang terkesan sungkan.Namun anda bisa mengatakan bahwa anda berterimakasih atas ajakannya.Dengan demikian dia tidak akan merasa terlalu sedih karena aakannya anda tolak.

 

Standar Akuntansi Di Berbagai Negara

02 April 2013 14:20:36 Dibaca : 147

Standar Akuntansi adalah regulasi atau aturan (termasuk pula hukum dan anggaran dasar) yang mengatur penyusunan laporan keuangan. Penetapan standar adalah proses perumusan atau formulasi standar akuntansi. Standar merupakan hasil dari penetapan standar. Namun,praktek sebenarnya berbeda dari yang ditentukan standar. Hal itu disebabkan 4 hal : dikebanyakan negara hukuman atas ketidakpatuhan dengan ketentuan akuntansi resmi cenderung lemah dan tidak efektif,secara sukarela perusahaan boleh melaporkan informasi lebih banyak daripada yang diharuskan,bebrapa negara memperbolehkan perusahaan untuk mengabaikan standar akuntansi jika dengan melakukannya operasi dan posisi keuangan perusahaan akan tersajikan secara lebih baik,dan dibeberapa negara standar hanya berlaku untuk laporan keuangan perusahaan secara tersendiri,dan bukan untuk laporan konsolidasi.
Penetapan standar akuntansi melibatkan gabungan kelompk sector swasta yang meliputi profesi akuntansi,pengguana penyusun laporan keuangan,para karyawan dan kelompok public yang meliputi badan-badan seperti otoritas pajak,kementrian yang bertanggung jawab atas hukum komersial dan komisi pasar modal. Bursa efek yang merupakan sector  swasta atau public (tergantung negaranya) juga mempengaruhi proses tersebut. Dinegara-negara hukum umum,sector swasta lebih berpengaruh dan profesi auditing cenderung untuk dapat mengatur sendiri dan untuk lebih dapat melakukan pertimbangan atas atestasi terhadap penyajian wajar laporan keuangan. Dinegara hukum kode sector public lebih berpengaruh dan profesi akuntansi cenderung untuk lebih diatur oleh negara. Hal ini yang menyebabkan mengapa standar akuntansi berbeda-beda di seluruh dunia.

SOFTSKILL

02 April 2013 13:48:00 Dibaca : 172

1. Pengertian Softskill

Softskill merupakan perubahan tingkah laku seseorang untuk menjadikan orang tersebut menjadi lebih baik, berahlak dari sebelumnya. Kunci dari keberhasilan seseorang yaitu dengan bersungguh-sungguh untuk belajar dan mau menerima apa yang sudah kita capai atau peroleh selama ini tanpa adanya rasa iri terhadap sesuatu yg kita tidak miliki.

Ø Adapula kunci dari keberhasilan seseorang yaitu:

Kepercayaan

Salah satu kunci dari keberhasilan seseorang juga harus saling memiliki kepercayaan satu sama lain, karena dengan kita mempercayai seseorang kita tidak akan menjadi orang yg terus menerus su ujon terhadap orang lain terutama keluarga atau sahabat kita sendiri.

Tanggung jawab

Bertanggung jawab ini sangat sulit sekali namun juga tidak terlalu sulit bila kita memang memiliki hati yg bersih, ikhlas, tanpa ada rasanya beban. Karena tanggung jawab ini memiliki peran yang sangat penting untuk tetap menjaga kepercayaan yang di berikan seseorang terhadap kita sendiri

Kejujuran

Jujur itu sebagian dari kunci keberhasilan juga, karena dengan kita bersikap jujur pasti banyak yang akan menyukai dan mempercayai kita. Kita juga Harus jujur dalam segala hal.

2. Tujuan Dari Soft Skill

Softskill bertujuan untuk membina karakter seseorang untuk menjadikan orang tersebut menjadi sukses.

Langkah-langkah seseorang menjadi sukses yaitu:

Mendekatkan diri dengan ibuMendekatkan diri dengan ayahMendekatkan diri dengan ALLAHMendekatkan diri dengan sesamaManajemen diri

Manajemen diri ini dapat di sebut juga dengan perencanaan,di mana seseorang harus melakukan perencanaan terlebih dahulu sebelum melakukan suatu kegiatan. Tanpa adanya perencanaan itu otomatis apa yang akan kita lakukan selama ini akan menjadi sia-sia atau kiranya tidak akan dapat berjalan dengan baik.

7 cara menyenagkan pasangan

02 April 2013 13:45:29 Dibaca : 155

Memberikan perhatian ektra dan melakukan hal-hal kecil yang bisa membahagiakan pasangan akan membuat si doi selalu ingin di dekat anda. Meski memberikan sesuatu yang mahal terkadang jugadibutuhkan,namun memberikan perhatian kecil setiap hari juga tak kalah hebatnya untuk mempererat hubungan anda.
Adapun 7 cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk menyenangkan hati pasangan anda.
1. Jangan Lupa Ulang Tahunnya
Mungkin bebrapa orang dari anda,entah karena lupa atau terlalu sibuk dengan pekerjaan,sering melupakan hari ulang tahun pasangannya. Bagi banyak orang,hari ulang tahun merupakan momen istimewa dan merupakan saat dimana doi membutuhkan perhatian lebih dari orang-orang disekitarnya,khususnya anda pasangannya.
Sesibuk apapun anda sebaiknya jangan pernah melewatkan hari ulang tahun pasangan. Jadilah yang pertama mengucapkan 'Selamat Ulang Tahun' dan berikan ia kado spesial di hari ulang tahunnya. Agar tidak lupa,buatlah memo atau reminder di ponsel atau gadget anda.
2. Sms Mesra
Kirimkan pesan-pesan mesra kepada pasangan. Misalnya,betapa anda terkesan dengan baju yang ia kenakan semalam atau sampaikan bahwa anda benar-benar merasa nyaman bersamanya.Kirimkan pesan-pesan ini diwaktu-waktu tak terduga,misalnya saat ia sibuk bekera,tengah malam,atau saat si dia bangun tidur.
3. Membaurlah bersama teman-temannya
Sesekali luangkan waktu untuk mengenal teman-teman pasangan anda. Ikuti kegiatan yang biasa ia lakukan bersama teman-temannya. Entah itu hang out,karaoke,atau sekedar makan malam bersama. Saat anda bersedian membaurbersama teman-temannya,ia akan meras dihargai dan merasa bangga karena bisa memperkenalkan anda kepada teman-temannya.
4. Jangan Umbar Kemesraan
Membaur bersama teman-teman pasangan anda memang dianjurkan untuk mempererat keharmonisan hubugan. Tapi jangan mengumbar kemesraan seperti memeluk,membelai,atau mencium didpean mereka,apalagi di tempat umum. Bisa jadi pasangan anda akan risih dan salah tingkah dihadapan tema-temanya. Dan teman-temanya pun akan merasa tidak nyaman bergaul dengan anda.
5. Jangan Umbar Pertengkaran
Selain tidak mengumbar kemesraan,sebaiknya anda juga tidak mengumbar pertengkaran dimuka umum. Membentak pasangan hingga pasangan menagis di depan umum tidak akan menyelesaikan maslah. Jika anda mengalami satu permasalahan bersama pasangan anda sebaiknya selesaikan ditempat yang tenang dan jauh dari teman-temannya.
6. Cairkan Suasana
Jika anda dan pasangan sedang menghadapi permasalahan yang mebuat hubungan menjadi tegang,cairkan suasana dengan joke-joke segar yang bisa membuat si dia tersenyum atau bahkan tertawa. Syaratnya,anda juga harus tertawa saat membawakan lelucon tersebut.
7. Buatkan Makan Siang
Biala anda jago emasak,kini saat anda tunjukan kemampuan anda di depan pasangan. Buatkan si dia menu makan siang atau makan malam paling enakyang pernah anda buat sebelumnya. Lebih romantis lagi jika anda buatkan ia bekal siang di kantor,dan selipkan catatan mesra di dalamnya.