Perbedaan Jenis Pekerjaan di Desa dan di Kota

20 February 2013 19:39:21 Dibaca : 7

Mata Pencaharian merupakan aktivitas manusia untuk memperoleh taraf hidup yang layak dimana antara daerah yang satu dengan daerah lainnya berbeda sesuai dengan taraf kemampuan penduduk dan keadaan demografinya. Begitupun dengan aktivitas mata pemcaharian di desa dan di kota yang berbeda. Masyarakat pedesaan dan perkotaan bukanlah dua komonitas yang terpisah sama sekali satu sama lain. Bahkan dalam keadaan yang wajar diantara keduanya terdapat hubungan yang erat serta bersifat ketergantungan, karena diantara mereka saling membutuhkan. Kota bergantung dalam memenuhi kebutuhan warganya akan bahan pangan seperti beras, sayur mayur, daging dan ikan. Sedangkan Desa juga merupakan sumber tenaga kasar bagi jenis-jenis pekerjaan tertentu dikota. Misalnya saja buruh bangunan, petugas kebersihan dsb. Di desa pembagian kerjanya tidak mempunyai batas-batas kerja yang nyata dan cenderung homogen jenis matapencahariannya sedangkan di Kota pembagian kerjanya memiliki batas-batas yang nyata serta cenderung beragam jenis pekerjaannya.

Deskripsi : Petani merupakan matapencaharian di Desa yang sangat bergantung pada alam seperti terhadap iklim, topografi, kesuburan tanah. disebut pula Paham Determinis (Alam mempengaruhi manusia). Petani tersebut merupakan tenaga kerja terlatih yaitu tenaga kerja yang memiliki keahlian dalam bidang tertentu yang didapat melalui pengalaman kerja dengan cara melakukannya berulang-ulang sampai menguasai pekerjaan tersebut.

Deskripi : Dokter merupakan petugas kesehatan di Rumah sakit yang ada di kota. Serta merupakan Tenaga kerja terdidik yaitu tenaga kerja yang mendapatkan suatu keahlian pada suatu bidang karena telah menempuh pendidikan formal biasanya penampilanya rapih dan memiliki gengsi yang tinggi.

Deskripsi : Menggambarkan kurangnya sumber daya manusia yang produktif akibat kesenjangan pendidikan, jenis pekerjaan tersebut merupakan tenaga kerja tidak terdidik dan tidak terlatih yaitu tenaga kerja kasar yang hanya mengandalkan tenaga saja.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong