Dampak dari Kurangnya Mengkomsumsi Air Putih

07 February 2013 22:13:41 Dibaca : 61

Mengapa kita harus minum air putih sebanyak-banyaknya..?Jawabannya cukup”megerikan”jika,dipikir-pikir seperti yang teman-teman ketahui bahwa tubuh kita ini kira-kira 80% terdiri dari air.
Yang lebih penting yang harus kita ketahui bersama bahwa ada beberapa organ tubuh kita yang memiliki kadar air diatas 80%.Ada 2 organ yang paling penting didalam tubuh kita yang memiliki kadar air diatas 80% yaitu”otak dan darah”.
Otak memiliki komponen air kurang lebih 90% sementara darah kita,memiliki komponen air sebanyak 95%.
Pada umumnya,jatah minum manusia normal sedikitnya adalah 2 liter sehari atau setara dengan 8 gelas sehari,dan jumlah diatas harus kita tambah apabila anda seorang perokok.Air sebanyak itu diperlukan untuk mengganti cairan tubuh kita yang keluar dari air seni,keringat,pernafasan dan sekresi.
Bayangkan saja,apa yang akan terjadi bila kita mengkonsumsi air kurang dari 2 liter sehari...?? tentu saja tubuh kita akan menyeimbangkan diri dengan cara,”Menyedot” air dari komponen tubuh sendiri seperti dari otak.
Coba anda bayangkan bagaimana jadinya otak kita kering.karena akibat kita kurang mengkonsumsi air putih.sementara organ ini yang paling banyak mengandung kadar air.selain otak darah kita juga memiliki kadar air diatas 80%,apabila kita kurang mengkonsumsi air putih,maka akan menyebabkan darah yang disedot airnya akan menjadi kental.
Nah, teman-teman tau tidak akibat dari pengentalan darah ini..?? hal ini dapat mengakibatkan perjalanan darah akan mengalami hambatan(tidak lancer) dari pada darah yang encer.pada saat darah melewati ginjal (tempat menyariang racun dari darah),ginjal akan bekkerja dengan extra keras menyaring darah,saringan dalam ginjal itu sangat halus,dan tidak jarang jika ada darah yang kental akan menyebabkan glomerulus pada ginjal akan sobek,akibatnya air seni anda berwarna kemerahan,hal tersebut merupakan pertanda mulai bocornya saringan pada ginjal.
Selain itu,darah kental yang memngalir lewat otak,peredarannya akan lambat,otak ttidak lagi encer,dan karena sel – sel dalam otak adalah paling boros mengkonsumsi makanan dan oksigen,lambatnya aliran darah bisa menyebabkan sel – sel otak cepat mati,atau tidak berfungsi sebagaimana mestinya.apa lagi bila anda menderita penyakit jantung,kerjanya tambah berat apabila darah mengental.hal ini berakibat penyakit stroke bisa cepat dating…
“Semoga bermanfaat”

Sekian dan terimah kasih, “Meyske Ali” 


Sumber: Facebook/Sudah Taukah Anda..?/admin.net.com