Apa sih tujuan diadakannya Aspura dan Rusunawa untuk Mahasiswa Bidikmisi UNG?

24 February 2013 12:36:01 Dibaca : 1197 Kategori : Goresan Penaku

Apa sih tujuan diadakannya Aspura dan Rusunawa untuk Mahasiswa Bidikmisi UNG?

Assalamu'alaikum...alhamdulillah saya bisa kembali berbagi ilmu yang baru saya dapat dengan mengulasnya dalam posting ini...insya allah saya dan anda sebagai pembaca diridhoi Allah atas segala usaha kita dalam menuntut ilmu Amiin.

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengetahuan tentang tujuan dilaksanakannya berbagai kegiatan untuk mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi. Pasti banyak diantara Anda yang bertanya Apa sih tujuan mahasiswa bidikmisi di Universitas Negeri Gorontalo dan bahkan diseluruh Indonesia diwajibkan mengikuti kegiatan pembinaan softskill dan hardskill juga diwajibkan untuk masuk ASPURA untuk putra dan RUSUNAWA untuk putri? Nah,saya sebagai mahasiswa bidikmisi,saya juga seperti anda ingin tahu dan saya kemudian mempelajari dari lingkungan,dosen,dan kakak-kakak mahasiswa saya kemudian Dari hasil pengamatan saya...ada satu kata yang saat ini menjadi topik karakter.

Sekarang ini di Universitas Negeri Gorontalo,sedang digiat-giatkan pembinaan karakter yang sekarang digalakkan oleh Rektor Dr. H. Syamsu Qamar Badu. M.Pd dengan langkah awal yaitu menerapkan penerimaan mahasiswa baru tahun 2012 dengan sitem baru yang lebih fokus pada pembinaan karakter, pada masa orientasi mahasiswa baru tahun 2012 ini UNG mengusung tema yaitu perubahan,pembinaan yang difokuskan dengan pembinaan karakter dan soft skill, terkait dengan Mahasiswa bidikmisi, saya sangat setuju dan mendukung dengan semua program yang telah dibuat untuk membina kami, karena menurut saya jaman sekarang jika pembinaan masih fokus pada pembinaan hard skill saja maka yang muncul hanyalah orang munafik yang pintar bersandiwara saja. Karena menurut saya kekerasan itu hanya menghasilkan mahasiswa yang brutal bila dia tidak berkarakter. Karakter tidak bisa diubah oleh orang lain bahkan orang tua sendiri bila dengan cara pembinaan hard skill yang sedikit menggunakan kekerasaan. Saya percaya bila Mahasiswa Indonesia semuanya memiliki karakter yang baik maka walaupun dengan ilmu dan pengetahuan yang standar bila bersama-sama membangun Indonesia, pasti kita akan berhasil.

Ditinjau dari semua aspek di atas, maka saya dapat mengambil kesimpulan bahwa Mahasiswa Bidikmisi adalah Pelajar-pelajar yang berprestasi yang dipercayakan oleh pemerintah sebagai generasi penerus yang berwawasan luas dan berkarakter sebagai pemimpin yang amanah dan bijaksana. Kemudian Pemerintah bekerjasama dengan Universitas seluruh Indonesia merancang pembinaan serta mengontrol mahasiswa penerima beasiswa bidikmisi dengan mewajibkan masuk asrama agar memudahkan dalam proses pembinaan dan dikontrol secara rutin perkembangannya.

Nah inilah pandangan saya tentang tujuan diadakannya program wajib masuk asrama. Aspura untuk asrama putra dan Rusunawa untuk asrama putri untuk Mahasiswa Bidikmisi UNG. Saya mengharapkan adanya tanggapan para pembaca karena saya juga masih dalam proses belajar jadi maklum bila banyak kesalahannya.