HAL YANG MENARIK DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI

08 August 2021 15:17:20 Dibaca : 30

1. Belajar Harus dengan Penuh Logika

Pernah dengar kata coding sebelumnya? Atau kamu sudah pernah ngoding? Istilah ini mungkin agak asing buat orang awam, tapi sangat akrab dengan anak IT.

 

Ya, buat kamu yang pengen masuk ke jurusan ini pasti bakalan sering melakukan kegiatan yang disebut dengan ngoding, yaitu aktivitas yang bertujuan untuk membuat suatu program komputer.

 

Dalam membuat program, kamu bakalan ketemu dengan source code yang sepertinya bakalan susah untuk kamu mengerti apabila kamu tidak bisa menggunakan logika-nya.

 

Memang sih menyenangkan membuat program yang dapat membantu menyelesaikan masalah, tetapi kalau kamu tidak bisa membuat program karna kamu tidak bisa bekerjasama dengan logika-mu, bakalan susah nantinya.

 

Jadi untuk membuat program yang dapat menyelesaikan masalah, kamu harus paham logika alur prosesnya terlebih dahulu.

 

Maka dari itu buat kamu para calon mahasiswa yang mau masuk jurusan ini, coba aja dulu belajar tentang pemrograman dasar, atau algoritma & logika komputer, apalagikan sekarang era digital, kamu dapat belajar pemrograman secara online bahkan otodidak sekali pun.

2. Semua Serba DigitalNamanya juga jurusan IT, pasti semua berhubungan dengan IT dong. Apa pun yang kamu lakukan biasanya secara manual bakalan digantikan menggunakan yang digital saat kamu masuk di jurusan ini.

Selama kamu masih berada dalam lingkungan kampus, kamu bakalan tidak asing melihat semua orang menggunakan laptop, baik itu di kelas, laboratorium, pendopo/ruang diskusi bahkan dikantin.

Dosen juga bakalan mengajar pakai yang digital juga, seperti menggunakan powerpoint, e-book, video live streaming saat diluar kampus, bahkan mengerjakan soal quiz/tugas semuanya sudah serba digital, kirim ke email, upload ke website, upload ke situs jurnal atau ke youtube.

3. Bakalan di CAP sebagai AHLI IT

Saat sudah menjadi bagian dalam jurusan ini, siap – siap semua orang bakalan sering minta bantuan sama kamu terutama buat benerin laptop atau gadget mereka yang bermasalah.

 

Pengalaman saya sih pernah disuruh nge- hack akun seseorang, benerin printer yang rusak dan hal-hal lain yang sebelumnya saya belum dan tidak akan pernah dipelajarin tentang hal ini di kampus.

4. Kumpulan Gamer dan DesignerSelain orang-orang yang suka programming kamu bakalan ketemu banyak teman yang suka banget main game.

Di handphone dan laptop mereka akan kalian temui banyak jenis game yang pastinya itu semua bakalan mereka mainkan buat ngabisin waktu misalnya saat di-PHP-in dosen :D.

Karena banyak juga para calon mashasiswa yang memilih masuk jurusan IT karna memiliki hobi bermain game dan mereka juga bercita-cita untuk membuat sebuah perusahaan game.

Juga kebanyakan mahasiswa dari jurusan IT sering ikutan lomba bermain game atau biasanya anak IT menyebutkan e-sport, buat lomba game.

Disamping orang yang suka bermain game, kamu juga akan menemukan beberapa orang yang suka dengan desain grafis.

Orang-orang seperti ini bakalan sering menuangkan isi kekreatifitasan di kepala mereka kedalam design-nya. Jika sudah dicap memiliki kemampuan design yang baik, mereka bakalan punya banyak proyek yang pastinya akan mendatangkan uang buat mereka.

5. Mahasiswa-nya paham dengan istilah – istilah teknologi dan sangat update

Namanya aja udah teknologi informasi, kecepatan mendapatkan informasi juga cepat.

 

Karena cepatnya penyebaran informasi di lingkungan kampus sehingga membuat mahasiswanya terlihat lebih gaul dan up to date.

 

Di sini terlihat dari beberapa mahasiswa yang lebih senang bermain dengan smartphone, laptop dibandingkan ngobrol atau ngerumpi.

 

Beberapa dari mahasiswa juga jarang terlihat ngoding di sembarang tempat dan cenderung menghabiskan hari dengan menghibur diri dengan laptop datau pun smartphone-nya.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong