Anosmia

26 August 2021 12:52:22 Dibaca : 21 Kategori : Kesehatan

Pernahkah anda mengalami gangguan penciuman? ini menyebabkan anda mengalami kesulitan untuk membau sesuatu dan apakah anda mengalami masalah tersebut hanya sebentar atau cukup lama?, Mari kita simak penjelasan berikut ini.

Gangguan penciuman disebut dengan Anosmia, hilangnya indera penciuman ini bisa terjadi seluruhnya atau atau sebagian saja, kondisi umum yang membuat seseorang mengalami anosmia yaitu seperti adanya iritasi di lapisan hidung, misalnya seperti alergi atau flu. Namun kondisi ini membuat anda mengalami anosmia sementara, namun jika ansomia terjadi cukup parah dan berlangsung lebih lama ini bisa terjadi masalah pada otak atau syaraf, misalnya seperti tumor otak atau trauma kepala. Meski anosmia bukanlah merupakan kondisi yang serius namun hal ini juga memiliki efek mendalam terhadap kualtas hidup seseorang, orang yang mengalami anosmia juga tidak sepenuhnya mencicipi makanan hingga efek orang tersebut kehilangan selera untuk makan, dengan begitu seseorang bisa memiliki berat badan atau asupan makanan yang kurang setiap harinya. 

Apa penyebab seseorang mengalami anosmia?

Anosmia ini sering terjadi karena pembengkakan pembengkakan pada hidung, namun ada beberapa penyebab lain yang menyebabkan seseorang mengalami hal ini, diantaranya kerusakan otak atau syaraf, di dalam hidung ada reseptor yang mengirimkan informasi melalui syaraf ke otak, jika jalur ini mengalami masalah atau rusak maka seorang akan bisa mengalami anosmia. Kerusakan reseptor hidung ini juga bisa terjadi ada beberapa hal yaitu:

-Lanjut Usia

-Alzeimer

-Masalah hormonal

-Parkinson

-Epilepsi

-Therapi Radiasi dan bebrapa kondisi lain. 

Iritaasi pada selaput lendir yang melapisi hidung bisa terjadi akibat

-Influenza

-Sinus Rhinitsi alergi

-Masuk angin

-Merokok

Namun anosmia yang disebabkan oleh hal ini, akan hilang dengan sendirinya. 

Kapan harus kedokter?

Periksakan ke dokter jika muncul keluhan tidak bisa mencium bau, terutama bila Anda tidak menderita pilek atau flu dan keluhan tersebut berlangsung lama.      Segera ke dokter jika Anda tiba-tiba tidak bisa mencium bau, atau bila disertai gejala pusing, lemah otot dan bicara yang kurang jelas.

Cara Mengobati

Pengobatan anosmia bertujuan untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya. Jika penyebab anosmia dapat disembuhkan, otomatis anosmia juga akan sembuh. Bahkan, pada kasus anosmia yang disebabkan oleh alergi, pengobatan tidak diperlukan, karena kondisi ini akan sembuh dengan sendirinya.

Metode pengobatan anosmia tergantung pada penyebabnya, antara lain:

1. Pembedahan untuk mengatasi anosmia yang disebabkan oleh kelainan tulang hidung, tumor hidung, atau polip hidung

2. Penghentian konsumsi obat-obatan pada anosmia yang disebabkan oleh efek samping obat

3.Pemberian dekongestan untuk anosmia yang disebabkan oleh hidung tersumbat

4.Pemberian antibiotik untuk anosmia yang disebabkan oleh infeksi bakteri, termasuk sinusitis.