Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo

07 August 2021 09:54:10 Dibaca : 123 Kategori : Pendidikan

GORONTALO - Halo calon mahasiwa kedokteran,tau nggak Fakultas Kedokteran adalah jurusan kuliah yang paling bergengsi di Indonesia loh!

Ya, karena pada setia tahunnya ribuan siswa lulusan SMA di Indonesia  bersaing ketat demi mendapatkan kuota untuk masuk ke jurusan yang memiliki ''Passing grade'' Paling tinggi ini. Keinginan siswa lulusan SMA yang ingin masuk ke Fakultas Kedokteran,tidak lepas dari alasan berikut ini:

''Keren bisa menjadi seorang dokter. Profesi idaman mertua"

"Dokter udah jelas dapet duit banyak bisa cepat kaya"

"Menjadi dokter adalah pekerjaan yang mulia,bisa bantu orang banyak"

Apapun itu motivasi dan keinginan kalian sama saja,asalkan kita bisa tekun dan bersungguh-sungguh untuk menjalaninya sesuai kode etik kedokteran. Karena tidak sedikit diantaranya mereka para lulusan SMA yang berhasil masuk ke Fakultas Kedokteran kaget,karena pada perkuliahan di dunia kedokteran berbeda dari yang mereka bayangkan sebelumnya.

Nah sahabat ambis! sebelum kita membahas lebih dalam tentang jurusan pendidikan dokter,alangkah baiknya kita paham dulu tentang:

"Apa sih itu ilmu kedokteran itu?''

''Apa perbedaan ilmu kedokteran dengan pelajaran biologi yang kita pelajari selama di bangku SMA?". 

Kedokteran adalah sebuah ilmu seni yang berkecimpung dalam pemeliharaan,dan penjagaan kesehatan,serta pencegahan,hingga pengobatan suatu penyakit.

Untuk perbedaan ilmu biologi dan kedokteran itu sendiri,ilmu kedokteran mempelajari berbagai hal yang spesifik pada ilmu tubuh manusia yang berkaitan dengan medis, seperti cara memeriksa pasien,mendiagnosa penyakit,hingga tatalaksana pemberian resep obat. Sedangkan ilmu biologi itu lebih membahas ke ruang lingkup lebih luas seperti zoologi,ekologi,botani,bioteknologi,dan mikrobiologi dan masih banyak lagi.

"Bagaimana Cara agar bisa menjadi seorang mahasiswa kedokteran?

FK menjadi tujuan favorit para calon mahasiswa. Namun demikian,karena kapasitas kuota setiap tahun sangat terbatas,maka pihak Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menerapkan aturan untuk masuk ke Fakultas Kedokteran ini melalui 2 seleksi, yaitu Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) dan Seleksi Mandiri,akan tetapi seleksi mandiri itu sendiri diselenggarakan dibawah naungan setiap Universitas itu sendiri.

Nah bagi kalian yang bingung mau masuk ke PTN mana untuk mengambil program studi pendidikan dokter. Sekarang Universitas Negeri Gorontalotelah resmi membuka Fakultas Kedokteran perdananya pada tahun akademik 2019-2020 pada penerimaan mahasiwa kedokteran perdana tersebut UNG mengalokasikan kuota sebanyak 50 orang. 

Dilansir dari Blog Mahasiswa UNG,dr.Zuhriyana Yusuf, M.kes, Menjelaskan Untuk penerimaan mahasiswa baru Prodi Kedokteran akan dibuka dalam 2 tahap pendaftaran. Yakni melalui Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2019 serta seleksi jalur Mandiri. “Untuk SBMPTN 2019 dibuka pendaftaran dengan kuota mahasiswa baru sebanyak 35 orang, sedangkan untuk seleksi jalur mandiri disediakan kuota 15 orang mahasiswa baru,” Ungkap Zuhriyana,selaku wakil dekan II Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Negeri Gorontalo. 

Menurutnya, untuk pendaftaran melalui SBMPTN 2019 dilakukan secara online melalui laman http://pendaftaran.sbmptn.ac.id mulai 10 – 24 Juni mendatang. Kemudian setelah dinyatakan lulus nanti, calon mahasiswa wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan serta wawancara dengan pimpinan Fakultas dan Prodi.

“Sedangkan pendaftaran melalui Seleksi Mandiri akan dimulai pada tanggal 1 Juli hingga 16 Juli 2019. Ujian pada Seleksi Mandiri akan meliputi Tes Kompetensi Bidang, Tes Potensi Akademik, Tes Kesehatan, MMPI dan Wawancara,” tandasnya.

Yuk tunggu apalagi? Ayo Persiapkan dirimu semaksimal mungkin untuk mendapatkan kuota di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Gorontalo,menuju Gorontalo yang unggul dan berdaya saing.