selasa 12 februari 2013

12 February 2013 21:12:15 Dibaca : 95

minggu ini adalah minggu pertama kuliah aktif, dan hari ini adalah hari kedua kami mulai aktif belajar. ada pun jadwal kuliah hari ini adalah Landasan Bimbingan dan Konseling oleh ibu Maryam dan BK sosial oleh ibu Rena.

pada minngu sebelumnya ibu Maryam masi membahas tentang pokok bahasan, namun pada minngu ini kami sudah mulai masuk materi, adapun materi yang di ajarkan di mulai pada sejarah singkat tentang bimbingan dan konseling. pada tahun 1975 terdapat Ikatan Petugas Bimbingan dan Konseling (IPBK), dan sekarang organisasi profesi tersebut di sebut dengan ABKIN atau Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia. dan sekarang Praitno mulai menggunakan istilah Konseling, tidak lagi menggunakan istilah Bimbingan.

adapun pengertian Bimbingan dan Konseling adalah, Bimbingan adalah proses pemberian bantuan pada individu yang bermasalah ataupun yang tidak bermasalah agar mereka mampu hidup mandiri, sedangkan Konseling adalah proses pemberian bantuan oleh konselor kepada konseling yang bermasalah.

kedudukan BK dalam proses pendidikan di sekolah, yaitu BK merupakan 1 komponen dari sebuah sistem di sekolah. adapun komponen yang terdapat di sekolah adalah:
1. bidang administrasi dan supervisi
2. bidang kurikulum dan pembelajaran
3. bidang pembinaan BK
ketiga komponen tersebut merupakan perkembangan siswa yang optimal
rasio Guru BK di sekolah adalah 1 guru BK membina 150 siswa atau 1 : 150.

setelah menunjukan pukul 12.10 pemberian materi selesai dan kamipun di beri tugas oleh ibu maryam.
dan keluar kelas.

setelah itu kami masuk mta kuliah ke-2 yang di berikan oleh ibu Rena yaituBK sosial
ibu Rena memulai pelajarannya dengan menanyakan kembali pengertian Bimbingan dan Konseling yang telah di dapatkan pada semeester sebelumnya.
dan mulai menjelaskan tentang pengertian BK dan pengertian Sosial itu apa .

adapun pengertian BK Sosial adalah seperti yang telah di jelaskan di semester sebelumnya BK adalah proses pemberian bantuan kepada individu atau kelompokagar mampu berkembang secara optimal, sedangkan sosial berasal dari bahasa yunani socius atau kehidupan bersama.
ibu Rena menjelaskan bahwa masalah sosial adalah masalah yang sangat besar yang nantinya akan berpengaruh pada kehidupan mapan .

agar terhindar dari masalah sosial tugas BK harus mensosialisasikan penyebab terjadinya masalah sosial yaitu terdiri dari
1. konsep diri
2. pemaham diri
3. realisasi diri
jika siswa mampu memahami ketiga point di atas makan mereka akan terhindar masalah sosial, meskipun maslalah sosial itu pasti akan ada.

ada beberapa demensi perilaku sosial yaitu:
# kepemimpinan
# tanggung jawab
# stabilitas emosi
# sosiobilitas atau kemampuan menyatukan ide atau pendapat, atau kata lain dari tidak egois.
dan telah di jelaskan pula bahwa mata kuliah ini bertujuan untuk menjadikan pembimbing profesional dalam menyelesaikan maslah sosial.

waktu pembelajaranpun selesai dan ibu rena mengkhiri proses belajar mengajar saat itu dengan tidak memberikan kami tugas.
sekian postingan saya wasalam :)

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong