Linux Operating System

25 February 2014 14:48:25 Dibaca : 180

Pada hari selasa, saya menerima materi tentang operating sistem of linux.

Linux merupakan salah satu sistem operasi berbasis grafis yang modern hingga saat ini. Penggunaan linux sangatlah bermanfaat bagi kita karena dengan Linux, ke khawatiran anda mengenai virus dapat teratasi dengan baik. Selain itu, linux merupakan sistem operasi yang menyediakan aplikasi yang open source tanpa harus di sebut sebagai pencuri software serta memberikan banyak aplikasi yang bermanfaat untuk kita semua.

Kelebihan/ keunggulan Linux:
- Linux Bersifat open source, terbuka dan bebas sehingga untuk mendapatkannya tidak memerlukan biaya (LISENSI FREE) dan semuanya boleh di utak atik.
- Sekarang Linux sudah mudah di operasikan.
- Lebih unggul dalam hal keamanan karena linux merupakan sistem operasi yang multiuser sehingga jika virus menyerang user tertentu, maka akan sangat sulit untuk menyebar ke user lainnya.
- Hampir semua aplikasi yang biasa dijalankan di windows,
- linux memerlukan resource yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Windows sehingga cocok untuk PC yang mempunyai spesifikasi minimum
- Linux mempu berjalan di dua mode.
- Linus lebih stabil sehingga jarang crash atau nge-hang yang mengharuskan kita untuk merestart komputer.
- Ada bermacam-macam pilihan pada linux seperti Ubuntu, Fedora, Debian, Centos, RedHat, Opensuse, Mandriva, dan sebagainya.
- Mempunyai komunitas di berbagai penjuru dunia.

Kekurangan/ kelemahan Linux:
- User banyak yang belum terbiasa menggunakan linux karena mereka lebih terbiasa menggunaka windows.
- Dukungan hardware dari vendor-vendor tertentu yang tidak terlalu baik pada linux.
- Instalasi linux tidak semudah Instalasi windows.
- Program/ Aplikasi di linux belum seampuh aplikasi windows.
- Bagi administrator sistem perlu belajar dahulu karena belum terbiasa dengan Unix-like,.
- Struktur direktori serta hak akses yang membingungkan bagi user yang terbiasa menggunakan windows.

Linux pada awalnya dibuat oleh seorang mahasiswa Universitas Helsinki Finlandia Pada tanggal 5 oktober 1991, yaitu Linus Benedict Torvalds.

Di indonesia, variasi linux yang ada saat ini adalah Linux BlankOn yang merupakan linux distribusi dikembangkan oleh Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI) dan Tim Pengembang BlankOn. Distribusi ini dirancang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia. Linux BlankOn dikembangkan secara terbuka dan bersama-sama untuk menghasilkan distro Linux khas Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran dan pemerintahan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong