Keutamaan Wudhu

20 November 2014 11:28:44 Dibaca : 52

Keutamaan Wudhu

Wudhu adalah ibadah yang ringan dan mudah. Kendati dianggap ringan dan mudah, ibadah wudhu ini memiliki khasiat dan keutamaan (fadillah) yang sangat besar bagi pelakunya, secar jasmani maupun ruhani. Perintah wudhu ini ada dalam surah al-maidah ayat 6.

“Hai orang-orang yang beriman apabila kamu hendak mengerjakan sholat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku dan sapuhlah kepalamu dan kakimu sampai dengan kedua mata kaki.”

Secara rohani orang yang selalu berwudhu, maka ia akan mendapat berbagai manfaat dan pahala disisi Allah SWT. Kelak Allah akan menetapkan orang yang suka berwudhu itu ke dalam golongan orang-orang yang suka akan kebersihan, orang-orang yang suka bertobat, dan golongan orang-orang yang soleh.

Secara jasmani, orang yang suka berwudhu ( dengan baik dan sempurna) maka ia akan selalu sehat. Sebab, bila dalam sehari semalam ia melakukan lima kali pembersihan dengan air wudhu, maka akan terlepaslah berbagai kotoran dan debu yang menempel dibadannya. Terutama anggota wudhu.

Rasulullah SAW pernah mengatakan, orang yang senantiasa menjaga wudhunya, maka ia akan tampak bercahaya dihari kiamat. Bahkan Rasulullah akan mengenali umatnyakelak dihari kiamat dengan bekas wudhunya.

Berwudhu itu menyehatkan dan menghilangkan berbagai penyakit. Seperti kanker, flu, asam urat, rematik, sakit kepala, telinga, pegal linu, mata, gigi, dll.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong