Sifat Unik Manusia

23 February 2013 16:46:07 Dibaca : 1762

Manusia sebagai makhuluk hidup umumnya mempunyai ciri-ciri:

  1. Organ tubuhnya kompleks dan sangat khusus, terutama otaknya. Sehingga manusia merupakan makhluk yang cerdas dan bijaksana (homo sapiens). Adanya kemampuan untuk berusaha, maka manusia menggunakan pikirannya untuk melakukan sesuatu dimasa sekarang atau dimasa depan dengan pertimbangan masa lalu yang merupakan pengalaman. Pemikiran yang sifatnya abstrak merupakan salah satu wujud budaya manusia yang kemudian diikuti wujud budaya lain berupa tindakan atau perilaku, ataupun kemampuan untuk mengerjakan sesuatu.
  2. Mengadakan metabolisme atau pertukaran zat, yakni adanya zat yang masuk dan keluar.
  3. Memberikan tanggapan terhadap ransangan dari dalam dan luar.
  4. Memiliki potensi untuk berkembang biak.
  5. Tumbuh dan bergerak.
  6. Berinteraksi dengan lingkungannya, artinya:
  • Manusia dapat membuat alat-alat dan mengguanakannya sehingga disebut sebagai manusia kerja (homo faber). Contoh : Diciptakannya teropong bintang dan mikroskop untuk melihat benda jauh dan makhluk-makhluk kecil (jasad renik). Hal itu menandakan bahwa fungsi indra manusia terbatas. Serta adanya roda sebagai sarana utama kereta untuk mengangkat barang-barang berat, pertanda terbatasnya kekuatan fisik manusia.
  • Manusia dapat berbicara (homo longuens), sehingga apa yang hanya menjadi pemikiran dalam otaknya dapat disampaikan melalui bahasa manusia lainnya.
  • Manusia dapat hidup bermasyarakat (homo sosius), tidak bergerombol seperti binatang yang hanya mengenal hukum rimba, yang kuat itulah yang berkuasa.
  • Manusia dapat hidup mengadakan usaha atas perhitungan ekonomi (homo aeconomis)

g.  Bila tiba masanya, ia akan mati. Oleh karena itu manusia menyadari adanya kekuatan gaib yang memiliki kemampuan lebih hebat dari manusia, sehingga menjadikannya manusia berkepercayaan atau beragama (homo religious).

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong