Narkoba

07 February 2013 14:19:06 Dibaca : 627

Narkoba adalah singkatan dari narkotika dan obat atau bahan berbahaya yang bisa membuat kita kecanduan atau ketergantungan. Narkotika adalah zat atau obat yang berasal dari tanaman atau bukan tanaman, baik sintesis maupun semi sintesis yang dapat menyebabkan penurunan atau perubahan keadaran, hilangnya rasa nyeri yang dapat menimbulkan ketergantungan.

Psikotropika zat atau obat alamiah atau sintesis buka narkotika yang berkhasiat psikoaktif melalui pengaruh selktif pada susunan saraf pusat yang menyebabkan perubahan khas pada aktivitas mental dan perilaku.

Zat adkitif adalah bahan lain bukan narkotika atau psikotropika yang penggunaannya dapat menimbulkan ketergantungan, baik psikologis atau fisik, miaslnya: alkohol, rokok, dan cofein.

Napza merupakan singkatan dari narkotika, alkohol, dan zat adiktif lainnya, obat-obat terlarang berbahaya yang mengakibatkan seseorang mempunyai ketergantungan terhadap obat-obatan tersebut. Kedua istilah tersebut sering digunakan  untuk istilah yang sama, meskipun istilah napza lebih luas lingkupannya.

Narkotika berasal dari tiga jenis tanaman yaitu candu, ganja, dan koka. Ketergantungan obat dapat diartikan sebagai keadaan yang mendorong seseorang mengonsumsi obat-obatan terlarang secara berulang-ulang atau berkesinambungan.

Dampak negatif penyalahgunaan narkoba terhadap anak atau remaja adalah sebagai berikut :

1. Perubahan dalam sikap, perangai dan kepribadian

2. Sering membolos, menurunnya kedisiplinan dan lain-lain

3. Menjadi mudah tersinggung dan cepat marah

4. SEring menguap, mengantuk dan malas

5. Tidak mempedulikan kesehatan diri

6. Suka mencuri untuk membeli narkoba

Penyalahgunaan narkoba adalah suatu pemakaian yang medical atau ilegal barang haram yang dinamakan narkotika dan obat-obatan adiktif yang dapat meruak kesehatan dan kehidupan produktif manusia pemakainya. Berbagai jenis narkoba yang mungkin disalah gunakan adalah tembakau. alkohol, obat-obatan terlarang dan zat yang dapat membrikan keracunan. Misalnya yang diisap dari asapnya.

 

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong