tugas pengantar komputer

12 March 2013 17:27:17 Dibaca : 84

                                               HTML

1. Pengertian HTML

         HTML (Hyper Text Markup Language) adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web. HTML saat ini merupakan standar Internet yang didefinisikan dan dikendalikan penggunaannya oleh World Wide Web Consortium (W3C).

         HTML berupa kode-kode tag yang menginstruksikan browser untuk menghasilkan tampilan sesuai dengan yang diinginkan. Sebuah file yang merupakan file HTML dapat dibuka dengan menggunakan browser web seperti Mozilla Firefox atau Microsoft Internet Explorer. HTML juga dapat dikenali oleh aplikasi pembuka email ataupun dari PDA dan program lain yang memiliki kemampuan browser.

        HTML dokumen tersebut mirip dengan dokumen teks biasa, hanya dalam dokumen ini sebuah teks bisa memuat instruksi yang ditandai dengan kode atau lebih dikenal dengan TAG tertentu. Sebagai contoh jika ingin membuat teks ditampilkan menjadi tebal seperti: TAMPIL TEBAL, maka penulisannya dilakukan dengan cara: TAMPIL TEBAL. Tanda digunakan untuk mengaktifkan instruksi cetak tebal, diikuti oleh teks yang ingin ditebalkan, dan diakhiri dengan tanda untuk menonaktifkan cetak tebal tersebut.

        HTML merupakan Singkatan dari Hyper Text Markup Language, Hyper text adalah kata atau frase yang dapat menunjukkan hubungan suatu naskah dokumen dengan naskah-naskah lainnya. Jika kita klik pada kata atau frase untuk mengikuti link ini maka web browser akan memindahkan tampilan pada bagian lain dari naskah atau dokumen yang kita tuju. Pada pengertiannya di sini Markup menunjukkan bahwa pada file HTML berisi suatu intruksi tertentu yang dapat memberikan suatu format pada dokumen yang akan ditampilkan pada World Wide Web. Language atau dalam bahasa indonesia bisa di artikan 'Bahasa', Meski HTML sendiri bukan merupakan bahasa pemrograman, HTML merupakan kumpulan dari beberapa instruksi yang dapat digunakan untuk mengubah-ubah format suatu naskah atau dokumen.

       Dalam situs wikipedia, HTML atau Hyper Text Markup Language merupakan bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web/situs, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah Penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana yang ditulis kedalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi. Dengan kata lain, berkas yang dibuat dalam perangkat lunak pengolah kata dan disimpan kedalam format ASCII normal sehingga menjadi home page dengan perintah-perintah HTML. Bermula dari sebuah bahasa yang sebelumnya banyak digunakan di dunia penerbitan dan percetakan yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language), HTML adalah sebuah standar yang digunakan secara luas untuk menampilkan halaman web/situs. HTML bisa juga di artikan sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web/situs dengan lengkap kepada pengguna.

 Sumber Artikel : http://www.ahmadfahrizal.net/2012/06/pengertian-dan-kegunaan-html.html#ixzz2NJIuCloF

2. HTML Contoh-contoh

Contoh-contoh script HTML

HTML Dasar

Dokumen HTML sederhana

HTML Paragraf

HTML Paragraf 2

HTML Headings

HTML Horizontal Line

HTML Komentar

HTML Multi komentar

HTML Format

HTML List

HTML Nested List / List dalam List

HTML Definition List

HTML Menengah

HTML Links

HTML Links 2

HTML Image / Gambar

HTML Image / Gambar

HTML Links pada Gambar

HTML Tabel

HTML Tabel 2

HTML Tabel 3

HTML Tabel 4

HTML CSS (Inline CSS)

HTML CSS (Internal CSS)

HTML Warna

HTML Background

HTML Background dengan inline CSS

HTML Background dengan gambar

HTML Background dengan gambar (Inline CSS)

HTML Form : Text Field

HTML Form : Text Password

HTML Form : Radio Button

HTML Form : Check Box

HTML Block : Elemen Div

HTML Block : Elemen Span

HTML iFrame

HTML Embed

HTML Youtube : Dengan iFrame

HTML Youtube : Dengan Embed

HTML Marquee

HTML Mahir

HTML Layout dengan tabel

HTML Layout dengan div

 

 

 

 

tugas pengantar komputer

12 March 2013 17:26:21 Dibaca : 154

 

1. Sejarah Komputer

    Sejarah perkembangan komputer berawal dari penemuan seorang yang bernama Charles Babbage. Dia adalah seorang ilmuan didunia yang telah banyak memberikan kontribusi bagi kehidupan manusia,terutama perkembangan komputer. Penemuan fenomenalnya yaitu Mesin penghitung (Difference Engine no.1) merupakan salah satu penemuan yang paling terkenal dalam sejarah perkembangan komputer dan merupakn kalkulator otomatis pertama sebagai cikal bakal komputer. Penemuan tersebut menjadikan Charles Babbage sebagai penemu komputer dan dijuluki sebagai Bapak Komputer.

   Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih cepat. Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun elektronik.Saat ini komputer dan piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan pekerjaan. Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar perhitungan matematik biasa.

Sejarah Komputer Menurut Periodenya:

a) Komputer Generasi Pertama (1946­ – 1959)

    Dengan terjadinya Perang Dunia II, negara-­negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan untuk mengeksploit potensi strategis yang dimiliki komputer.Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer.(1) Colassus (2) Mark I (3) ENIAC (4) EDVAC (5) UNIVAC I

b) Komputer Generasi Kedua (1959­ – 1964)

Stretch dan LARC

     Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer. IBM membuat superkomputer bernama Stretch, dan Sprery­ Rand membuat komputer bernama LARC. Komputer­komputer ini,yang dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peneliti atom. Mesin tersebut sangat mahal dan cenderung terlalu kompleks untuk kebutuhan komputasi bisnis, sehingga membatasi kepopulerannya.

      Hanya ada dua LARC yang pernah dipasang dan digunakan: satu di Lawrence Radiation Labs di Livermore, California, dan yang lainnya di US Navy Research and Development Center di Washington D.C. Komputer generasi kedua menggantikan bahasa mesin dengan bahasa assembly. Bahasa assembly adalah bahasa yang menggunakan singkatan­singakatan untuk menggantikan kode biner.

     Pada awal 1960­an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses di bidang bisnis, di universitas, dan di pemerintahan. Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor. Mereka juga memiliki komponen­komponen yang dapat diasosiasikan dengan komputer pada saat ini: printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

c) Komputer Generasi Ketiga (1964­ – 1970)

   Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian­bagian internal komputer. Batu kuarsa (quartz rock) menghilangkan masalah ini. Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, mengembangkan sirkuit terintegrasi (IC : integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari pasir kuarsa.

     Pada ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen­komponen ke dalam suatu chiptunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen­komponen dapat dipadatkan dalam chip. Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan system operasi (operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program yang berbeda secara serentak dengan sebuah program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

d) Komputer Generasi Keempat (1979­ – sekarang)

   Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen­komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980­ an, Very Large Scale Integration (VLSI) memuat ribuan komponen dalam sebuah chip tunggal. Ultra­Large Scale Integration (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalam suatu keping yang berukurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisiensi dan keterandalan komputer.

   Perkembangan yang demikian memungkinkan orang­-orang biasa untuk menggunakan komputer biasa. Komputer tidak lagi menjadi dominasi perusahaan­perusahaan besar atau lembaga pemerintah.Pada pertengahan tahun 1970­an, perakit komputer menawarkan produk komputer mereka ke masyarakat umum. Komputer­komputer ini, yang disebut minikomputer, dijual dengan paket piranti lunak yang mudah digunakan oleh kalangan awam. Piranti lunak yang paling populer pada saat itu adalah program word processing dan spreadsheet. Pada awal 1980­an, video game seperti Atari 2600 menarik perhatian konsumen pada komputer rumahan yang lebih canggih dan dapat diprogram.

    Jepang adalah negara yang terkenal dalam sosialisasi jargon dan proyek komputer generasi kelima. Lembaga ICOT (Institute for new Computer Technology) juga dibentuk untuk merealisasikannya. Banyak kabar yang menyatakan bahwa proyek ini telah gagal, namun beberapa informasi lain bahwa keberhasilan proyek komputer generasi kelima ini akan membawa perubahan baru paradigma komputerisasi di dunia

1) Definisi tentang Komputer

    Istilah dari komputer itu sendiri berasal dari bahasa latin computare yang mengandung arti “menghitung” (to compute atau reckon).Komputer adalah perangkat elektronik yang dapat menerima masukan (input) data dan melakukan pemrosesan data (proses) dan mengeluarkan hasil berupa informasi. Serta menjalankan program yang tersimpan didalam memori. Selain itu komputer juga dikatakan sebuah mesin yang dapat menerima dan memproses data sesuai perintah program yang tersimpan dan kemudian memberikan hasil melalui output devices (perangkat keluaran). Sebuah sistem manupulasi elektronik itu didesain dan diatur secara otomatis untuk menerima dan menyimpan, memprosesnya, dan hasil keluaran data masukannya tergantung pada instruksi program yang tersimpan.

   Sebagai contoh kamu masukan banyak data menggunakan perangkat masukan, 5 + 4. Kemudian, data ini akan diproses didalam sebuah komputer. Proses ini akan ditahan oleh sebuah perangkat yang disebut prosesor. Setelah proses ini selesai, maka hasilnya akan ditahan oleh sebuah perangkat keluaran. Kadang, komputer perlu menyimpan proses tersebut untuk keperluan tertentu. Sebagai contoh untuk digunakan dimasa mendatang.

    Dalam hal ini komputer akan menyimpan prosesnya ke sebuah perangkat yang disebut storage (tempat penyimpanan). Itulah cara komputer bekerja.Sekarang lihat semua perangkat proses. Pertama adalah input device (perangkat masukan). Ada banyak jenis input device. Yang paling umum digunakan adalah keyboard. Lainnya adalah mouse, light pen, microphone, track ball, camera (contoh webcam), dll. Kita dapat mengatakan bahwa input device adalah jenis perangkat yang dapat digunakan untuk memasukan banyak data ke sebuah komputer.

    Didalam ilmu komputer terdapat tiga elemen penting yang sering disebut dengan sistem komputer. Adapun sistem komputer tersebut adalah sebagai berikut:

    Hardware (perangkat keras) merupakan rangkaian elektronik berupa peralatan-peralatan yang nyata dan dapat kita sentuh.Software (perangkat lunak) merupakan program-program yang dijalankan pada komputer seperti sistem operasi dan berbagai program lainnya.Brandware merupakan seorang yang mengoperasikan komputer atau sering disebut sebagai user (pengguna).

    Ketiga komponen diatas saling berkaitan erat , sebab apabila salah satu elemen tersebut tidak ada maka komputer kita tidak akan dapat beroperasi.

    Input Output Device Adalah bagian komputer yang berfungsi sebagai penghubung antara komputer dengan peralatan lainnya. Input output device dapat dibagi kedalam dua bagian yaitu:Input device dan Output device .Input Device Adalah media komputer yang beerfungsi menerima masukan dari luar. Adapun contoh dari piranti masukkan ini adalah sebagai berikut: Keyboard,Mouse,Modem,USB,Scanner,Network card (LAN card),Joystick dan lain-lain.Output Device adalah media komputer untuk memberikan suatu pengeluaran (piranti keluar). Adapun contoh dari piranti keluar ini adalah Monitor,Printer,Modem,USB.

Blogroll

  • Masih Kosong