tugas 1 pengantar komputer

13 March 2014 12:38:18 Dibaca : 15

A.   A.  FUNGSI TEKS

Fungsi TEXT adalah fungsi yang disediakan oleh Excel untuk merubah format angka, tanggal, persentase, waktu, dll menjadi format yang mudah dibaca ketika digabungkan dengan teks yang lain

Syntaxnya mudah saja:  

 =TEXT(value, format_text)

  • Value = nilai yang akan diformat, bisa dirujuk ke sebuah sel.
  • Format_Text = Format yang akan digunakan.

Diposting oleh DodDy

Monday, March 7, 2011

Mengenal Lebih Dekat Fungsi TEXT

Apakah Anda pernah menggunakan fungsi TEXT? Fungsi TEXT adalah fungsi yang disediakan oleh Excel untuk merubah format angka, tanggal, persentase, waktu, dll menjadi format yang mudah dibaca ketika digabungkan dengan teks yang lain.

Syntaxnya mudah saja:   =TEXT(value, format_text)

  • Value = nilai yang akan diformat, bisa dirujuk ke sebuah sel.
  • Format_Text = Format yang akan digunakan.

 

Contohnya sbb:

 

https://lh3.googleusercontent.com/-1qjfMVLdEnE/TXXAY1-ys2I/AAAAAAAABE8/jWPN60xHyTk/s1600/text1.jpg

 

 

 

B.    B. FUNGSI LOGIKA

Fungsi Logika dalam Microsoft Excel digunakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu dan oleh Microsoft Excel akan dikatakan TRUE (Nilai 1) jika syaratnya terpenuhi atau FALSE (Nilai 0) jika syaratnya tidak terpenuhi.

Syarat yang digunakan untuk menguji suatu kondisi bisa hanya satu syarat, salah satu syarat diantara beberapa syarat (Fungsi OR), dua syarat atau lebih wajib terpenuhi (Fungsi AND), atau bukan dengan syarat tertentu (Fungsi NOT).

Fungsi Logika yang kan kita gunakan adalah Fungsi IF, dengan bentuk umum sebagai berikut :

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)

 

Contoh :

 

Gambar 5.8 Data awal untuk mencari status kelulusan

Gambar 5.8 Data awal untuk mencari status kelulusan

 

Untuk mendapatkan status “LULUS” mahasiswa harus mempunyai nilai lebih besar dari 50. Jika nilainya kurang dari 50, maka akan diberi status “TIDAK LULUS”.

 

 

C.    C.  FUNGSI LOOKUP/REFERENSI

1.      VLOOKUP

Fungsi Vlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara vertical (tegak). Bentuk
penulisannya adalah :

=VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Contoh Vlookup :

Untuk mencari kolom lulusan, maka ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,2)
Dimana C3 (kolom C baris 3) merupakan Sel Kode di dalam Tabel Gaji Karyawan,
kemudian data yang ada dalam Tabel Perbandingan harus diblok/ditandai, agar data
dapat terbaca di dalam Tabel Gaji Karyawan. Untuk memunculkan simbol dollar
ketika data diblok, tekan F4 di keyboard. Di ujung rumus ketik letak kolom lulusan
(kolom 2).
Untuk mencari kolom gaji ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,3), maka caranya
sama seperti diatas. Namun yang berbeda adalah diujung rumus, ketik letak kolom
gaji (kolom 3).
2. HLOOKUP
Fungsi Hlookup ini digunakan untuk membaca tabel secara horizontal (mendatar).
Bentuk penulisannya adalah :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,[range_lookup])

Contoh Hlookup :
 
Untuk mencari kolom lulusan, maka ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,2)
Dimana C3 (kolom C baris 3) merupakan Sel Kode di dalam Tabel Gaji Karyawan,
kemudian data yang ada dalam Tabel Perbandingan harus diblok/ditandai, agar data
dapat terbaca di dalam Tabel Gaji Karyawan. Untuk memunculkan simbol dollar
ketika data diblok, tekan F4 di keyboard. Di ujung rumus ketik letak kolom lulusan
(kolom 2).
Untuk mencari kolom gaji ketik rumus =Vlookup(C3,$G$6:$I$9,3), maka caranya
sama seperti diatas. Namun yang berbeda adalah diujung rumus, ketik letak kolom
gaji (kolom 3).

 

Referensi :

1.      http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/text-fungsi-text-HA102752840.aspx

2.      http://office.microsoft.com/id-id/excel-help/if-fungsi-if-HA102752994.aspx

3.      http://www.belajarexcel.info/2011/06/menggunakan-fungsi-vlookup-pada-excel.html

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong