Tugas ke-2 pengantar komputer

11 March 2014 17:55:53 Dibaca : 31

NAMA: PEBLINDA S.DULALIMO

NIM : 281 413 060

TUGAS: PENGANTAR KOMPUTER

 

1. FUNGSI TEXT DI MIKROSOFT EXCEL

Fungsi TEXT mengonversi nilai numerik menjadi teks dan memungkinkan Anda menentukan pemformatan tampilan dengan menggunakan string format khusus. Fungsi ini berguna dalam situasi di mana Anda ingin menampilkan angka dalam format yang lebih mudah dibaca, atau Anda ingin menggabungkan angka dengan teks atau simbol. Sebagai contoh, misalkan sel A1 berisi angka 23,5. Untuk memformat angka menjadi mata ulang dolar, Anda bisa menggunakan rumus berikut:

=TEXT(A1,"$0,00")

Anda juga bisa memformat angka dengan menggunakan perintah di grup Angka di tab Beranda dari Pita. Namun, perintah ini bekerja hanya jika seluruh sel adalah numerik. Jika Anda ingin memformat angka dan menggabungkannya dengan teks, fungsi TEXT adalah pilihan terbaik. Sebagai contoh, Anda bisa menambahkan teks ke rumus sebelumnya:

=TEXT(A1,"$0,00") & " per jam"

berikut untuk panduan pemformatan spesifik.

Panduan untuk format angka

Menampilkan tempat desimal dan digit signifikan Untuk memformat pecahan atau angka yang mempunyai koma desimal, sertakan tempat penampung digit, koma desimal, dan pemisah ribuan dalam argumen format_text.

2. FUNGSI LOGIKA IF PADA MS.EXCEL

Fungsi Logika dalam Microsoft Excel digunakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu dan oleh Microsoft Excel akan dikatakan TRUE (Nilai 1) jika syaratnya terpenuhi atau FALSE (Nilai 0) jika syaratnya tidak terpenuhi.

Syarat yang digunakan untuk menguji suatu kondisi bisa hanya satu syarat, salah satu syarat diantara beberapa syarat (Fungsi OR), dua syarat atau lebih wajib terpenuhi (Fungsi AND), atau bukan dengan syarat tertentu (Fungsi NOT).

Fungsi Logika yang kan kita gunakan adalah Fungsi IF, dengan bentuk umum sebagai berikut:

=IF(logical_test;value_if_true;value_if_false)

v Cara 1 : Menggunakan Fungsi IF Tunggal

Berdasarkan kondisi data pemohon tersebut kita akan menerima pegawai dengan syarat hanya mereka yang memiliki pendidikan S1 yang akan diterima (Lulus), maka fungsi yang kita gunakan adalah :=IF(C5="S1";"Lulus";"Gagal"

Artinya : Jika nilai Cell C5 memiliki nilai S1 maka akan dinyatakan Lulus dan jika nilai Cell C5 bukan S1 akan dinyatakan Gagal.

v Cara 2 : Menggunakan Fungsi OR

Syarat yang kita gunakan adalah hanya kepada pemohon yang mempunyai pendidikan S1 dan D3 yang kan kita terima (Lulus) dan selain dari itu akan dinyatakan Gagal. fungsi yang kita gunakan :

=IF(OR(C5="S1";C5="D3");"Lulus";"Gagal")

Artinya : Jika Cell C5 mengandung nilai S1 dan D3 maka akan dinyatakan Lulus dan bila tidak dinyatakan Gagal.

v Cara 3 : Menggunakan Fungsi AND

Syarat yang digunakan adalah pemohon yang kita terima adalah pemohon yang memiliki pendidikan S1 dengan jurusan Akuntansi, Fungsi yang kita gunakan :

=IF(AND(C5="S1";D5="Akuntansi");"Lulus";"Gagal")

Artinya : Jika Cell C5 memiliki nilai S1 dan Cell D5 meiliki nilai Akuntansi maka dinyatakan Lulus dan jika tidak dinyatakan Gagal.

v Cara 4 : Menggunakan Fungsi NOT

Syaratnya adalah hanya pemohon yang meiliki jurusan Selain Akuntansi yang akan kita terima (Lulus). Fungsi yang kita gunakan :

=IF(NOT(D5="Akuntansi");"Lulus";"Gagal")

Artinya : Jika Cell D5 memiliki nilai Akuntansi maka akan dinyatakan Gagal, dan dinyatakan lulus jika Cell D5 bukan Akuntansi.

v Cara 5 : Menggunakan Fungsi IF Bersarang

Syarat adalah jika pemohon memiliki pendidikan S1 akan langsung dinyatakan Lulus, jika berpendidikan D3 akan dipertimbangkan dan selain dari itu akan langsung dinyatakan Gagal.

=IF(C5="S1";"Lulus";IF(C5="D3";"Dipertimbangkan";"Gagal"))

Artinya : Jika Cell C5 memiliki nilai S1 maka akan dinyatakan gagal, Jika bukan S1 dan memiliki nilai D3 akan dinyatakan Dipertimbangkan dan jika bukan S1 atau D3 akan dinyatakan Gagal.

Sumber :

http://tid3ustj.blogspot.com/2012/10/ms-excel-fungsi-logika-if.html

3. MENGGUNAKAN FUNGSI REFERENSI (LOOK UP) pada Ms. Excel

Fungsi vlookup dan hlookup mempunyai fungsi dan prinsip yang sama.perbedaanya terletak pada pembacaan arah tabel.Dimana Fungsi VLOOKUP digunakan untuk membaca nilai tabel dalam arah vertical (dalamsatukolom), sedangkan Fungsi HLOOKUP digunakan untuk membaca nila itabel dalam arah horizontal (dalamsatubaris).

Rumus umum untuk kedua fungsi ini adalah sebagai berikut:

=VLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;lookup_range)

=HLOOKUP(lookup_value;table_array;col_index_num;lookup_range)

Keterangan:

lookup_value

adalah nilai yang akan menjadi acuan pencarian di table yang digunakan. Ia merupakan kunci berupa alamatsel yang digunakan sebagai kunci pembacaan table.

table_array

adalah range (rentangnilai) dimana tabel tempat nilai-nilai yang ingin dibaca disimpan. Pada range ini biasanya ada beberapa kolom. Kolom pertama berisi nilai pembanding yang akan dibandingkan dengan nilai kunci.

col_index_num

adalah nomor baris atau kolom di tabel.

lookup_range

adalah nilai logika yang menentukan apakah fungsi mencari sebuah nilai yang benar-benar sesuai atau menggunakan nilai pendekatan. Jika diabaikan, maka akan menggunakan nilai TRUE yang dengan pendekatan. Sebaliknya, jika menggunakan FALSE, fungsi akan menggunakan pendekatan nilai yang benar-benar sesuai.

4. FUNGSI DATE/TIME

Fungsi date,digunakan untuk menuliskan tanggal dengan forat tahun, bulan, dan hari.excel sebenarnya telah dilengkapi dengan berbagai format tanggal secara otomatis.namun, jika pembacaan tanggal tersebut mengacu pada suatu nilai atau sel tertentu.

5. FUNGSI DATA BASE

Fungsi data base dalam dunia komputer sangat vital, hampir semua aplikasi penting di dunia menggunakan data base untuk menunjang kebutuhan informasinya.

Fungsi Database

Sebelum membahas fungsi database lebihjauh, perlu diketahui bahwa database berbeda dengan DBMS, database merupakan konsepnya sedangkan DBMS merupakan suatu perangkat lunak untuk pengolahan database.Sehingga perbedaan antara fungsi DBMS dan database dapat diketahui.

Fungsi database umumnya memang banyak di terapkan dalam dunia industri, hampir seluruh industri di belahan dunia memanfaatkan teknologi database untuk menunjang sistem dan aplikasinya.

Berikut adalah beberapa fungsi yang melekat pada sebuah konsep database.

Mengelompokkan data, database bertujuan untuk mengelompokkan data agar mudah dipahami.

Menghindari terjadinya duplikasi atau inkonsistensi data.

Memudahkan dalam menyimpan, mengakses, dan memperbaruhi, serta menghapus data.

Menjamin kualitas data dan informasi yang diakses sesuai dengan yang dimasukkan (Integritas data)

Menjadi solusi dalam proses penyimpanan sebuah data, terutama data yang besar.

Menunjang kinerja aplikasi yang membutuhkan sebuah penyimpanan data.

Dalam menjalankan fungsinya database membutuhkan sebuah DBMS atau Database Management System untuk melakukan pemrosesan data seperti penggunaan Query baik DML ataupun DDL dalam memanipulasi datanya.

Fungsi Database Untuk KemajuanTeknologi

Fungsi database yang paling umum adalah untuk kemajuan teknologi dan sistem aplikasi, banyak aplikasi penting dunia yang memanfaatkan konsep database.Contoh paling sederhana adalah jejaring sosial Facebook, Google, danYoutube.Facebook menggunakan database untuk penyimpanan data, begitu juga dengan Google, danYoutube.Tentu mereka membutuhkan sebuah database untuk menyimpan berbagai informasi yang mereka butuhkan.Tanpa database aplikasi penting dalam dunia internet ini mungkin tidak akan dapat berjalan dengan baik.

Database ini dipelajari secara khusus dalam kuliah ilmu komputer, lulusan dengan spesialisasi database ini akan berpeluang menjadi DBA atau Database Administrator. DBA merupakan orang yang bertugas memonitoring, membuat, mendesain, dan memastikan keamanan database serta melakukan normalisasi database sehingga selalu siap ketika ingindigunakan.

Fungsi database dalam dunia komputer sangat vital, hampir semua aplikasi penting di dunia menggunakan database untukmenunjang kebutuhan informasinya.

Elemen Pada Sebuah Database,Pada sebuah database ada berbagai elemen yang saling berhubungan sehingga membentuk sebuah relasi dan saling berhubungan antara yang satu dengan yang lainnya.Ada setidaknya 3 elemendasarpadasebuah database yang kitakenal.

File / Entity; Objektempat data atau record di simpanRecord; Merupakansetiapbaris data yang adapada entityField / Atribute; bagiandari record sepertikolom.

Fungsi Database

Fungsi database umumnya memang banyak di terapkan dalam dunia industri, hampir seluruh industri di belahan dunia memanfaatkan teknologi database untukmenunjang sistem dan aplikasinya.

6. FUNGSI STATISTIKA

Excel menyediakan beberapa fungsi statistik yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan statistika.Macam-macam fungsi statistik sederhana yang sering digunakan di Excel adalahsebagaiberikut :

FungsiLogika IF,FungsiFinansial,FungsiTabel Fungsi,FungsiTeks,Fungsi Statistika.

Fungsistatistika

Statistik adalam arti luas yaitu metode yang digunakan dalam pengumpulan dan analisis data yang berupa angka-angka sehingga dapat diperoleh informasi yang berguna.
Statistika adalah suatu metode yang menjelaskan tata car apengumpulan, penyusunan, penyajian, penganalisaan, danpenginterprestasian data menjadi informasi yang lebih berguna.
Fungsi statistika adalah fungsi-fungsi yang digunakan untuk mengolah data statistik. Fungsi ini berkaitan dengan pengolahan data nilai. Fungsi-fungsi yang termasuk kedalam kategori STATISTICAL ini seluruhny aberjumlah 80 fungsi dan beberapa diantaranya ada yang sama dan digunakan pada kategori matematika dan trigonometri.
Beberapa fungsi yang sering digunakan yaitu sebagai berikut:


a.Count
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah data yang mengandung angka (numeric). Rumus yang digunakan adalah=COUNT(Range)
b.Counta
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah data baik yang berisi data numeric maupun data string. Rumus yang digunakan adalah=COUNTA(Range).
c.Countif
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah data dengan criteria tertentu. Rumus yang digunakan adalah =COUNTIF(Range,”syarat”)
d.Average
Fungsi ini digunakan untuk menghitung rata-rata darisatu set data numeric. Rumus yang digunakanadalah =AVERAGE(Range)

e.Max
Fungsi in idigunakan untuk menghitung nilai maksimum atau nilai terbesar dari suatu data set numeric. Rumus yang digunakan adalah =MAX(Range)
f.MIN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung nilai minimum atau nilai terkecil dari suatu data set numeric. Rumus yang digunakanadalah =MIN(Range)
g.Stdv
Fungsi ini digunakan untuk mencari nilai penyimpangan atau standar deviasi. Rumus yangdigunakan=STDEV(Range)
h.Var
Fungsi ini digunakan untuk mencari varian pada excel dengan menggunakan perinyah VAR.Rumus yang digunakan adalah=VAR(Range)

Fungsi Dari Penggunaan Rumus Statistika:
Statistika dalam arti sempit berarti kumpulan data berupa angka, penyajian data dalam table dangrafik, bilangan yang menunjukan karakteristik dari kumpulan data.
fungsistatistika:

1.Menggambarkan data dalam bentuktaktentu
2. Menyederhanakan data yang komplek menjadi data yang mudah dimengerti
3. Merupakan teknik untuk membuat perbandingan
4. Memperluas pengalaman individu
5. Menentukan tingkat hubungan atau peranan antar variable
6. Mengukur besar besaran variable

Statistika berperan dalam setiap kegiatan kehidupan.Sebagaicontoh, dalam ilmu ekonomi statistic merupakan peralatan analisa pendapatan dan pengeluaran penduduk atau masyarakat.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong