tugas ke 3 p kom.

06 April 2014 16:33:05 Dibaca : 172

NAMA : PEBLINDA S.DULALIMO

NIM : 281 413 060

KELAS : II A

TUGAS : PENGANTAR KOMPUTER

1. Apa yang dimaksud dengan domain?

Domain pada umumnya dikenal sebagai alamat unik untuk sebuah website. Sebagai contoh, alamat website IdeBagus adalah www.idebagus.com dan yang biasanya disebut nama domain adalah idebagus.com (tanpa www).

Domain Name System adalah salah satu jenis sistem yang melayani permintaan pemetaan alamat IP ke FDQN (Fully Qualified Domain Name) dan dari FDQN ke IP Addres. Untuk mengakses alamat situs Internet, setiap komputer diberi no yang unik.Hal ini berarti bahwa setiap satu komputer hanya mempunyai satu nomor (IP Addres).Nomor inilah yang yang diakses oleh protokol dalam pencarian suatu komputer. Oleh karena nomor IP Addres berjuta-juta banyaknya, untuk mempermudah pengaksesan nomor tersebut diberikan sebuah nama domain. Nama domain lebih mudah untuk diingat oleh manusia daripada alamat IP dengan deretan angka.Sebagai contoh, sebuah komputer memiliki alamat IP 167.205.22.114 dan memiliki FDQN "nic.itb.ac.id".Nama :noic.itb.ac.id" tentunya lebih mudah diingat dari pada alamat IP diatas. Setelah lahirnya konsep IP Version 6 (yang mrmiliki enam segmen untuk setiap komputer) penomoran alamat IP menjadi semakin panjang dan lebih sulit untuk diingat.

Selain fungsi diatas, DNS juga menyediakan layanan mail routing, informasi mengenai perangkat keras (hardware), sistem oprasi yang dijalankan, dan aplikasi jaringan yang ditangani oleh host tersebut.

1. Level (Tingkat) pada Domain

Level atau tingkatan pada domain terbagi menjadi tiga, yaitu : top level, second level, dan third level domain. Pembahasan mengenai hal tesebut adalah sebagai berikut.

Top Level Domain

Domain tingkat atas (top level domain) tervafi lagi menjadi tiga jenis, yaitu domain generik (generic domain), domain negara (country domain), dan domain ARPA.

Domain Gernerik adalah domain yang umum digunakan oleh lembaga atau organisasi sebagai pembeda jenis lembaga atau organisasi tersebut, seperti gov, net, dan edu.

Domain Negara (Country Domain) merupalan standar pembagian geografis berdasarkan kode negara, sebagai contoh : id untuk indonesia, uk untuk Inggris, dan de untuk Jerman.

Domain ARPA merupakan domain untuk jaringan ARPA net. Jadi, tiap domain yang terhubung ke internet berhak memiliki home-space.in-add.arpa sesuai dengan IP-nya masing-masing.

Secon Level Domain

Pada second level domain, alamat internet dapat host atau domain lainnya, yang disebut dengan sub domain.Pada umumnya, sub domain di sebelah kiri top level domain.Contoh penamaan second level domain pada domain generik untuk umum adalah liakk.com, catcha.com, dan astaga.com.

Third Level Domain

Penamaan pada third level domain diserahkan pada pengelola jaringan masing-masing, misalnya indosat.net.id, melsa.net.id, dan kompas.co.id

http://dikaeuphrosyne.blogspot.com/2013/04/pengertian-domain.html

2. Apa yang dimaksud dengan DNS?

(Domain Name System ; DNS) adalah sebuah sistem yang menyimpan informasi tentang nama horde ataupun nama domain dalam bentuk basement interpretation tersebar (distributed database) di dalam jaringan komputer, misalkan: Internet. DNS menyediakan alamat IP untuk setiap nama horde dan mendata setiap server transmisi surat (mail sell server) yang menerima surel (email) untuk setiap domain. Menurut browser Google Chrome, DNS adalah layanan jaringan yang menerjemahkan nama situs web menjadi alamat internet.

DNS menyediakan pelayanan yang cukup penting untuk Internet, ketika perangkat keras komputer dan jaringan bekerja dengan alamat IP untuk mengerjakan tugas seperti pengalamatan dan penjaluran (routing), manusia pada umumnya lebih memilih untuk menggunakan nama horde dan nama domain, contohnya adalah penunjukan sumber concept (URL) dan alamat surel. Analogi yang umum digunakan untuk menjelaskan fungsinya adalah DNS bisa dianggap seperti buku telepon internet dimana saat pengguna mengetikkan www.indosat.net.id di peramban web maka pengguna akan diarahkan ke alamat IP 124.81.92.144 (IPv4) dan 2001:e00:d:10:3:140::83 (IPv6).

http://nyangka.com/technology/dns-domain-name-system

3.Apa yang dimaksud dengan HTTP?

HTTP adalah, HyperText Transfer Protocol – protokol yang memungkinkanbermacam-macamkomputer yang salingberkomunikasidenganmenggunakanbahasa HTML

Http adalah singkatan dari hyper texttrasfer protocol yaitu protokol yang digunakkan web browser saat membaca halaman-halaman web yang tersimpandalam webserver.

Hypertext Transfer Protocol (HTTP) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. Penggunaannya banyak pada pengambilan sumber daya yang saling terhubung dengan tautan, yang disebut dengan dokumen hiperteks, yang kemudian membentukWorld Wide Web pada tahun 1990 oleh fisikawan Inggris, Tim Berners-Lee. Hingga kini, ada dua versi mayor dari protokol HTTP, yakni HTTP/1.0 yang menggunakan koneksi terpisah untuk setiap dokumen, dan HTTP/1.1 yang dapat menggunakan koneksi yang sama untuk melakukan transaksi. Dengan demikian, HTTP/1.1 bisa lebih cepat karena memang tidak usah membuang waktu untuk pembuatan koneksi berulang-ulang.

HTTP adalah sebuah protokol meminta/menjawab antara klien dan server.Sebuah klien HTTP (seperti web browseratau robot dan lain sebagainya), biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan ke port tertentu di sebuah server Webhosting tertentu (biasanya port 80).Klien yang mengirimkan permintaan HTTP juga dikenal dengan user agent.Server yang meresponsnya, yang menyimpan sumber daya seperti berkas HTML dan gambar, dikenal juga sebagai origin server.

http://wildadewikarmila-wilda.blogspot.com.

4. Jelaskanapa yang dimaksuddengan Web browser?

Web browser adalah sebuah aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menayangkan dan berinteraksi dengan tulisan, gambar, video, music dan berbagai informasi lainnya yang terdapat pada halaman Web di sebuah situs di World Wide Web atau di jaringan LAN lokal.Tulisan dan gambar di halaman Web dapat mempunyai hyperlinks kehalaman Web lain di mesin yang sama atau di situs web lainnya. Web browser memungkinkan pengguna secara cepat dan mudah mengakses informasi yang diberikan oleh banyak situs Web dengan cara menjelajahi link tersebut. Web browser memformat informasi HTML untuk di tayangkan, oleh karena itu penampakan halaman Web akan agak berbeda dari satu browser ke browser yang lain.

5.Jelaskan apa yang dimakdud dengan HTML?

HTML adalah, HyperText Markup Language – bahasa standar yang digunakan browser Internet untuk membuat halaman dan dokumen yang dipajang pada Web.Selain memungkinkan computer berkomunikasi, HTML juga menyediakan link di antara file-file yang ada di komputer yang berbeda dan dipisahkan oleh jarak yang jauh.

HTML adalah, HyperText Markup Language – bahasa standaryang ...

Khttp://www.google.co.id/tanya/thread?tid=0e668d3747f8ad6bebijakan Konten - Privasi – PedomanKomunitas.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong