tugas 2 pengantar komputer

10 March 2014 20:00:46 Dibaca : 874

Pengertian dan contoh : fungsi text, logika, referesi/ lookup, date base, date time, dan statistic.

Pengertian DatabaseIstilah “database” berawal dari ilmu komputer.Meskipun kemudian artinya semakin luas,memasukkan hal-hal di luar bidang elektronika,artikel ini mengenai database komputer. Catatanyang mirip dengan database sebenarnya sudahada sebelum revolusi industri yaitu dalambentuk buku besar, kuitansi dan kumpulan datayang berhubungan dengan bisnis.

Database (basis data) adalah kumpulan file-file yang mempunyai kaitan antara satu filedengan file yang lain sehingga membentukdata untuk menginformasikan satuperusahaan dan instansi. Bila terdapat fileyang tidak dapat dipadukan ataudihubungkan dengan file yang lainnya, berartifile tersebut bukanlah kelompok dari satudatabase, melainkan membentuk satudatabase sendiri. Contoh Diagram Relasi Entitas Perusahaan Karyawan ProdukDalam diagram ini menunjukan bagaimana kita menyebutkan bahwasatu record dalam entitas PERUSAHAAN dapat berhubungan denganbanyak recod di dalam entitas PRODUK dan juga bahwa satu recorddalam entitas perusahaan dapat berhubungan dengan banyakrecord dalam entitas KARYAWAN.

data waktu adalah rangkaian data yang berupa nilai pengamatan (pengamatan) yang diukur selama kurun waktu tertentu, berdasarkan waktu dengan interval yang uniform sama. Beberapa Contoh data deret waktu adalah produksi total tahunan produk pertanian indonesia, harga penutupan harisan sebuah saham di pasar modal untuk kurun waktu satu bulan, suhu udara per jam, dan penjualan total bulanan sebuah pasar swalayan dalam waktu satu tahun.

Function (fungsi) adalah sederetan atau sekumpulan formula yang sudah disediakan oleh Excel untuk melakukan operasi tertentu dengan menggunakan nilai yang disebut argument. Sebagai contoh, fungsi SUM akan menjumlahkan nilai semua cell pada range. Argument (argument) dapat berupa bilangan, teks, nilai logika (TRUE atau FALSE), array, atau alamat cell/range. Jenis argument yang kita berikan harus sesuai dengan ketentuan yang terdapat pada fungsi yang bersangkutan. Argument dapat berupa nilai konstan, formula, atau fungsi lain. Yang termasuk kedalam fungsi Statistik yaitu:

AVERAGE .1 : Menghitug nilai rata-rata dari sejumlah data

Rumus dasar AVERAGE adalah =AVERAGE (number1…number2)

Contoh: pada sel D11, masukan rumus =AVERAGE, kemudian klik sel D4. Arahkan kursor pada bagian kanan bawah sel, lalu tarik kebawah sampai sel D10.

 COUNT 2.: Menghitung jumlah cell atau parameter/argument yang berisi bilangan. Parameter/argument yang berupa bilangan saja yang akan dihitung, selai itu tidak akan dihitung.

Rumus dasar COUNT adalah =COUNT(value1…value2)

Contoh: pada sel D11, masukan rumus =COUNT, kemudian klik sel D4. Arahkan kursor pada bagian kanan bawah sel, lalu tarik kebawah sampai sel D10.

Rumus Fungsi Logika Microsoft Excel

Catur Yoga Meiningdias | 18.41 | 3 komentar

Dalam membuat table, kita erring menemui suatu kondisi bersyarat Misalnya uang lembur pekerja hanya hanya diberikan jika jam kerj melebihi batas tertentu. Untuk itu, excel menyediakan beberapa fungsi logika, pada bagian ini, kita akan mempelajari beberapa fungsi logika , yaitu fungsi NOT, AND, OR dan IF.

Fungsi Nor, And dan Or sebetulnya jaran gdipakai secara sendirian. Biasanya fungsi-fungsi ini bersama-sama anatau di dalam fungsi If. Fungsi Not dipakai untuk membalik suatu nilai logika. Bentuk penulisannya adalah seperti berikut ini:

= Not(nilai logika)

jika argument nilai logika berupa True,maka hasil fungsi Not adalah False. Jika argument nilai Logika berupa False, mak ahasil fungsi adalah True. Sebagi contoh, penulisan adalah =Not(5>6) akan menghasilkan Nilai True.

Fungsi And

Fungsi And dipakai untuk menghubungkan satu nilai logika atau lebih menjadi satu niali logika baru. Bentuk penuisannnya seperti berikut ini.

=And(niali logika1;nilai logika2:…)

Hasil fungsi logika And akan berupa True hanya jika semua argument bernilai True. Jika salah satu saja argument bernilai False. Maka hasil fungsi logika And akan bernilai False,

Sebagai contoh :

= And(5>4;6>4) akan menghasilkan nilai True. Sedangkan penulisan

=And(5>4;6>4;8<7) akan menghasilakan nilai False.

Fungsi Or

Fungsi logika Or dipakai untuk menghubungkan satu nilai logika atau leibh menjadi satu nilai logika baru. Bentuk penulisannya seperti berikut ini :

Or(nilai Logika1;nilaiLogika2:…)

Hasil fungsi laogika Or akan berupa False hanya jika semua argument bernilai False, jika salah satu saja argument bernilai True,maka hasil fungsi logkak Or adalah True. Sebagai contoh , penulisan fungsi Or.

=Or(5>4;6>4) akan menghasilkan nilai True.

=Or(5>4; 8<7) akan menghasilkan nilai True.

=Or(5>4;6>4;8<7) akan menghasilakn nilai False.

Fungsi if dalam Fungsi If

Bagaimana jika dalam ujian logika pada buku kerj If1 diganti seperti ini:

1. Jika Nilai > 90 maka dinyatakan “Lulus”

2. Jika Nilai antara 80 sampai dengan 90 dinyatakan “Cadangan “

3. Jika Nilai

Jika membuat fungsi IF dengan lebih dari dua kemungkinan, kita bisa memnggunakan fungsi If dalam gunsi If. Sebagi contoh pada kasus di atas , bisa dibuat rumus sebagai berikut: misalkan nilai berda di C3 maka

=if(C3>90:”lulus”;if(and(c3>=80;c3<=90);”cadangan”;”Gugur”)) atau

=if(C3>90:”lulus”;if(c3>=80;”cadangan”;”Gugur”))

Fungsi Logika (IF) Pada Excel

Fungsi Logika ( IF ) Pada Excel

Dalam pelajaran TIK, Jika Nilai TIK kalian kurang dari 75 maka harus remidi dan jika mendapatkan nilai 75, 76,77 ke atas berarti kalian lulus.

PERINTAH LOGIKA

“JIKA NILAI TIK < 75 MAKA REMIDI”

“JIKA NILAI TIK >= 75 MAKA LULUS”

Dalam Excel perintah logika dikenal dengan fungsi logika IF, yaitu suatu fungsi yang digunakan untuk menyelesaikan suatu masalah yang dihadapkan dengan suatu kondisi tertentu. Kondisi tersebut membentuk suatu pernyataan yang baku dan menuntut jawaban "Benar" dan "Salah".

Rumusnya,

Perlu diingat tentang operasi logika / operator pembanding, digunakan sebagai syarat dari kondisi.

Untuk setiap nilai benar dan salah yang diberikan, jika bertype Karakter, maka harus diapit tanda petik dua ( " " ) sedangkan yang bertype Numerik / Angka maka diketikkan biasa saja.

IF Tunggal

Fungsi logika IF yang hanya memiliki satu kondisi / syarat, sehingga dipastikan memiliki dua hasil yang akan ditampilkan yaitu hasil yang sesuai syarat (kondisi) atau hasil yang tidak sesuai syarat (kondisi) akibat dari satu kondisi / syarat tersebut, sehingga hanya membutuhkan satu IF (Tunggal)

Rumus seperti di atas ....

Contoh :

Dalam pelajaran TIK, Jika Nilai TIK kalian kurang dari 75 maka harus remidi dan jika mendapatkan nilai 75, 76 ke atas berarti kalian lulus.

Berarti, jika isi sel B3 (nilai) < 75 (kondisi) maka Remidi (Hasil sesuai kondisi) dan jika isi sel B3 (nilai) >= 75 (selain < 75) maka Lulus (Hasil tidak sesuai kondisi).

Jawab :

Rumus IF dapat juga dimasukkan melalui menu dengan langkah – langkah sebagai berikut :

Klik FormulasKlik LogicalKlik / pilih IFKotak Function Arguments aktif, isi kondisi (syarat) dan nilai (hasil) yang ditentukan.Klik OK

IF Majemuk

Fungsi logika IF yang memiliki lebih dari satu kondisi / syarat, sehingga dipastikan memiliki lebih dari dua hasil yang akan ditampilkan yaitu hasil yang sesuai syarat (kondisi) pertama, kedua dan seterusnya dan yang terakhir hasil yang tidak sesuai syarat (kondisi) semuanya, akibat dari satu kondisi / syarat tersebut, sehingga membutuhkan lebih dari satu IF (Majemuk).

Yang perlu diingat dalam IF majemuk adalah Jumlah IF = Hasil – 1, tutup kurung yang terakhir sebanyak jumlah IF, susunan IF yang terakhir seperti IF tunggal.

Rumus

Ditentukan nilai TIK,

< 50 adalah Gagal, >= 50 sampai < 75 adalah Remidi, >= 75 adalah Lulus

Artinya, nilai / hasil ada tiga yaitu, gagal, remidi dan lulus (jumlah IF ada dua, tanda kurung tutup terakhir ada dua). Kondisi / syaratnya cukup dua yaitu < 50 (hasilnya gagal) dan >= 75 (hasilnya lulus), selain dua kondisi / syarat tersebut (tidak memenuhi syarat semuanya) hasilnya ditempatkan pada nilai salah (remidi).

Menggabungkan Fungsi Logika IF dan Fungsi String

Fungsi logika IF dimana pada bagian kondisi / syarat digunakan juga fungsi string untuk mengambil beberapa teks yang sesuai dengan ketentuan.

Misal

Rumus yang digunakan adalah,

Jenis Paket (sel C3)

Rumus IFERROR=(Nilai, Nilai IFERROR).. Nilai adalah Kondisi / nilai yang diberikan jika data sesuai/ada, Nilai IFERROR adalah Nilai yang diberikan jika data tidak sesuai. Fungsinya biasanya digunakan untuk memberikan nilai tertentu jika kondisi tidak terpenuhi, yang biasanya berupa #N/A diganti dengan misal nilai 0 atau "-". Misal ada tabel data A1=1, A2=2, A3=3, B1=SBY, B2=JKT, B3=MDN, Tabel Isiannya A11=2, A12=1, A13=0. Isilah B11,B12,B13. Agar data pada B13 (diambil datanya dari A13) tidak berisi #N/A (diganti tanda "-") maka rumusnya seperti ini sel B11 =IFERROR(VLOOKUP(B11,$A$1:$B$3,2),"-"), terus tinggal di copy di sel berikutnya (B12 dan B13). Semoga membantu.

FUNGSI PERHITUNGAN

1. Operator Matematika

tanda sama dengan ( = ), dan setelah siap memasukkan rumus harus menekan Enter

Contoh Penulisan :

= 300 + 50 (lalu tekan enter)

= 123 – 100

= 70 * 2

=60 / 4

=8^2

=10

Fungsi SUM

Fungsi Sum digunakan untuk melakukan penjumlahan sekumpulan data pada suatu

range. Bentuk penulisannya : = SUM(number1, number2, ……)

Contoh : = SUM(3,4,7) Tekan Enter atau =SUM(A1:A10)

Fungsi MAX

Fungsi Max digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data (range).

Bentuk penulisannya adalah : =MAX(number1,number2,……)

Contoh : =MAX(14,25,21) Tekan Enter atau =MAX(A1:A10)

Fungsi MIN

Fungsi Min digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data (range).

Bentuk penulisannya adalah : =MIN(number1, number2,……)

Contoh : =MIN(40,5,2) Tekan Enter atau =MIN(A1:A10)

Fungsi COUNT

Fungsi Count digunakan untuk menghitung jumlah data dari suatu range yang dipilih.

Bentuk penulisannya adalah : =COUNT(value1, value2,…..)

Contoh : =COUNT(2,2,2,2,2,2,2) Tekan Enter atau =COUNT(A1:A10)

Fungsi AVERAGE

Fungsi Average digunakan untuk menghitung nilai-nilai rata-rata. Bentuk penulisannya

adalah : =AVERAGE(number1, number2,…)

Contoh : =AVERAGE(10,5) Tekan Enter atau =AVERAGE(A1:A10)

Fungsi ROUND

Fungsi Round digunakan untuk membulatkan bilangan ke digit tertentu. Bentuk

penulisannya adalah : =ROUND(number,num_digits)

Contoh : =ROUND(123.4567,1) Tekan Enter atau =ROUND(A1,2)

Fungsi SQRT

Fungsi Sqrt digunakan untuk menghasilkan suatu nilai akar kwadrat dari suatu bilangan.

Bentuk penulisannya adalah : =SQRT(number)

Contoh : =SQRT(9) Tekan Enter atau =SQRT(A1)

FUNGSI LOGIKA

Fungsi Logika merupakan sebuah fungsi yang digunakan untuk menguji suatu kondisi dengan menggunakan syarat tertentu. Pada Microsoft Office Excel, penulisan rumus fungsi logika diawali dengan =IF.

Fungsi logika memerlukan beberapa operator, di antaranya :

= (sama dengan)

< (lebih kecil dari)

> (lebih besar dari)

<= (lebih kecil sama dengan)

>= (lebih besar sama dengan)

<> (tidak sama dengan)

Berikut ini adalah beberapa jenis fungsi logika yang ada pada Microsoft Office Excel :

FUNGSI LOGIKA TUNGGAL

Untuk memecahkan fungsi logika yang hanya mempunyai 2 kemungkinan jawaban benar. Contoh : benar – salah, laki-laki – perempuan, dll

Format penulisan :

=IF(Logical_test, value if true, value if false)

Contoh kasus :

Jika isi sel A1 adalah L, maka tercetak “laki-laki”, jika tidak akan tercetak “Perempuan”

Penyelesaian :

=IF(A1=”L”,”Laki-laki”,”Perempuan”)

FUNGSI LOGIKA MAJEMUK / BERTUMPUK

Untuk memecahkan fungsi logika yang memiliki lebih dari 2 kemungkinan jawaban benar.

Format penulisan :

=IF(Logical_test1, value if true1, IF(Logical_test2,value if true2,value if false))

Contoh kasus :

Jika isi sel A1 adalah A, maka jabatan adalah “Manager”, jika B maka jabatan adalah “Supervisor”, Jika C maka jabatan adalah “Marketing”, selain itu diberi tanda “-“

Penyelesaian :

=IF(A1=”A”,”Manager”,IF(A1=”B”,”Supervisor”,IF(A1=”C”,”Marketing”,”-“)))

FUNGSI LOGIKA AND

Fungsi logika yang memiliki 2 syarat, dan kedua syarat tersebut harus dipenuhi agar bernilai benar

Format penulisan :

=IF(AND(Logical_test1, Logical_test2),value if true, value if false)

Contoh kasus :

Jika usia (A1) di atas 17 dan status (B1) Menikah, maka tercetak mendapat tunjangan 500000, jika tidak akan tercetak akan mendapat tunjangan 100000

Penyelesaian :

=IF(AND(A1>17,B1=”Menikah”),500000,100000)

FUNGSI LOGIKA OR

Fungsi logika yang memiliki 2 syarat, dan salah satu syarat tersebut harus dipenuhi agar bernilai benar.

Format penulisan :

=IF(OR(Logical_test1, Logical_test2),value if true, value if false)

Contoh kasus :

Jika usia (A1) di atas 17 atau status (B1) Menikah, maka tercetak mendapat tunjangan 500000, jika tidak akan tercetak akan mendapat tunjangan 100000

Penyelesaian :

=IF(OR(A1>17,B1=”Menikah”),500000,100000)

Catatan :

Ingat! Untuk penulisan karakter yang bukan angka pada formula/rumus harus diberi tanda petik (“ “)

Fungsi LEFT, MID, RIGHT

Fungsi Left, Mid, dan Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri, tengah, dan kanan.

Fungi Left

Fungsi Left adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari kiri.

Rumus umum fungsi Left adalah sebagai berikut :

=Left(text;num_char)

Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, num_char adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
Contoh :

Fungsi Mid

Fungsi Mid adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel dimulai dari tengah.

Rumus umum fungsi Mid adalah sebagai berikut :

=Mid(text;start_num;num_char)

Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, star_num adalah karakter diambil dimulai dari karakter berapa dari kiri, num_char adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
contoh:

Fungsi Right

Fungsi Right adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil beberapa karakter dari data di Microsoft Excel yang ada disebelah kanan.

Rumus umum fungsi Right adalah sebagai berikut :

=Right(text;num_char)

Maksud dari rumus diatas adalah : text adalah tempat dimana data yang akan diambil karakternya, num_char adalah adalah berapa jumlah karakter yang hendak kita ambil.
Contoh :

Fungsi text adalah kumpulan fungsi yang berisi perintah-perintah yang digunakan untuk mengolah data yang berupa text atau string.

Fungsi teks terbagai ke dalam :

1. LEFT ()

Fungsi teks LEFT () digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kiri pada string, syntak penulisan fungsi left adalah :

=LEFT (text,num_char)

hasil dari formula di atas adalah seperti tabel di bawah :

2. MID ()

Fungsi teks MID () digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah tengah pada string, syntak penulisan fungsi left adalah :

=MID (text,start_num,num_char)

hasil dari formula di atas adalah seperti tabel di bawah :

3. RIGHT ()

Fungsi teks RIGHT () digunakan untuk mengambil karakter dari sebelah kanan pada string, syntak penulisan fungsi left adalah :

=RIGHT (text,num_char)

hasil dari formula di atas adalah seperti tabel di bawah :

VLOOKUP adalah suatu fungsi Excel yang digunakan untuk mencari dan mengambil data dari suatu tabel referensi berdasarkan suatu nilai tertentu.

VLOOKUP merupakan singkatan dari vertical lookup yang menggambarkan proses kerjanya mencari data secara vertikal baris demi baris.

Fungsi ini sangat luas digunakan sejak versi awal Excel sampai sekarang. Apabila Anda bekerja sehari-hari dengan Excel maka bisa dipastikan akan menggunakan VLOOKUP ini.

Artikel berikut akan coba menjelaskan proses kerja VLOOKUP dan contoh penggunaannya langkah demi langkah untuk membantu pemahaman Anda sehingga fungsi ini dapat digunakan dengan baik dalam pekerjaan sehari-hari.

Untuk mengilustrasikan cara kerja dari VLOOKUP, perhatikan gambar berikut.
Cell data sumber dengan kode kota MKS akan digunakan sebagai nilai pencarian atau lookup value ke suatu tabel referensi yang berisi kode dan nama kota.Data pada kolom pertama di tabel referensi, yaitu BDG, JKT, LMP, MDN, MKS,dan SMD akan dicocokkan dengan lookup value MKS.Proses pencarian ini akan menemukan data pada baris kelima di tabel referensi.Pada posisi hasil pencarian di baris kelima, fungsi akan mengambil nama kota yang terdapat di kolom kedua yaitu Makassar. Nilai akhir inilah yang akan didapatkan dari fungsi VLOOKUP.Selesai.

Setelah mengerti proses di atas, maka berikut adalah syntax dari fungsi VLOOKUP yang mungkin dapat Anda langsung pahami.

http://www.gosur.com/map/?time=1&gclid=CNrY56STgL0CFWZS4godjhUAkQ

http://www.webcrawler.com/info.wbcrwl.305.06/search/web?q

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong