Resensi Buku Ilmu Komunikasi

15 April 2014 02:55:39 Dibaca : 3346

Resensi Buku Ilmu Komunikasi

Penulis : Adianto Elvinaro dan Anees Q. Bambang.2007.

Penerbit : Simbiosa Rekatama Media, Bandung

NAMA : Elias

NIM : 291413014

Jurusan Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial

Universitas Negeri Gorontalo

PENDAHULUAN

Buku ini mencoba menyajikan Filsafat Illmu Komunikasi secara lebih memadai ketimbang buku-buku sejenis yang telah ada. dimulai dari pemahaman mengenai filsafat dan filsafat ilmu, sampai kepada penjelajahan sejumlah perspektif ilmu komunikasi: Positivisme, Post Positivisme, Interpretatif, Teori kritis, dan pengaruhnya dalam pembentukan ilmu komunikasi.

Resensi adalah suatu tulisan atau ulasan mengenai nilai sebuah hasil karya, baik itu buku,novel,majalah,komik,film,kaset,CD,VCD,maupun DVD.

Tujuan dari resensi menyampaikan kepada para pembaca apakah sebuah buku atau hasil karya itu patut mendapat sambutan dari masyarakat atau tidak. dan dalam penyajian buku ini bermanfaat untuk kita dalam mengetahui bagaimana filsafat ilmu komunikasi.

Filsafat Ilmu Komunikasi sangat penting bagi mahasiswa atau sarjana komunikasi yang hendak melakukan pengembangan teori komunikasi melalui penelitian.dalam Praktik penelitian.

PEMBAHASAN

A. Perspektif teori-teori komunikasi.

Perspektif adalah suatu sudut pandang dan cara pandang terhadap sesuatu. Cara memandang atau pendekatan yang gunakan dalam mengamati kenyataan akan menentukan pengetahuan yang diperoleh. Selain itu perspektif yang digunakan dalam menghampiri suatu peristiwa komunikasi akan menghasilkan perbedaan yang besar dalam jawaban dan makna yang deduksi. Perspektif juga selalu mendahului observasi manusia. Manusia bisa mengamati suatu persitiwa dengan pikiran yang terbuka dan netral, namun begitu harus mengobservasi suatu hal dan dapat melakukannya dengan cara tertentu.

Nilai perspektif tidak terletak dalam nilai kebenarannya atau seberapa baik ia mencerminkan realitas yang ada. Semua perspektif yang dapat diperoleh adalah benar dan mencerminkan realitas. Istilah dari perspektif tidak dipilih asal saja. melainkan menggunakan istilah teori dan sudah tentu merupakan istilah yang tidak memadai dalam hal ini. teutama karena adanya perkembangan mutakhir di bidang komunikasi manusia begitu pesat.

Penggunaan perspektif mewajibkan untuk toleran pada perbedaan cara pandang juga arif dalam menggunakan berbagai metode singkatnya, memilih suatu perspektif sama artinya dengan memilih mengerjakan hal-hal menurut suatu cara pandang tertentu, tidak menurut satu cara yang lain, yang tidak sera merta berlaku universal.

Perspektif-perspektif ilmu komunikasi ontologi dan epistemologi terdiri dari Realisme, Nominalis, Konstruksionis.

B. Perspektif positivisme.

Model komunikasi linear atau komunikasi satu arah merupakan salah satu model yang paling banyak dikenal dan mudah dipahami. model ini adalah model komunikasi yang menggunakan perspektif mekanistis, sehingga metodologi ilmu-ilmu alam digunakan dalan merumuskan data,meneliti,dan menyimpullkan kebenaran tindakan komunikasi. model ini dapat dilihat dari pengaruh metode ilmu alam pada ilmu komunikasi.

Sejarah positivisme, positivisme dibidani oleh dua pemikir Prancis, Henry Sain Simon (1760-1825) dan muridnya Auguste Comte (1798-1857). Henry merupakan penggagas utama, sedang comte adalah penerus dan pengembang gagasan ini. Auguste comte membangun suatu studi ilmiah terhadap masyarakat atau sosiologi yang berdasarkan prinsip studi ilmu-ilmu alam.

Gagasan positivisme, positif berarti “apa yang berdasarkan fakta objektif” . secara tegas, yang “positif” berarti yang nyata, yang pasti, yang tepat, yang berguna, serta mengklaim memiliki kesahihan mutlak. Kebalikan dari yang positif adalah yang khayal (chimrique) , yang meragukan (indecision), yang kabur (vague), yang sia-sia (oiseux), dan yang mengklaim memiliki kesahihan relatif. Perbedaan ini harus dibaca dalam kerangka biner, bahwa yang satu lebih benar dan yang lainnya adalah salah.

Prinsip positivisme bersifat empiris-objektif, deduktif-nomologis, instrumental-bebas nilai, ketiga asumsi ini oleh Antony Gidden (F . Budi Hardiman, 2003:57) dapat dijelaskan sebagai berikut :

- Prosedur-prosedur metodologis ilmu-imu alam dapat langsung diterapkan pada ilmu-ilmu sosial.

- Hasil-hasil riset dapat dirumuskan dalam bentuk “hukum-hukum” seperti dalam ilmu-ilmu alam.

- Ilmu-ilmu sosial itu harus bersifat teknis, yaitu menyediakan pengetahuan yang bersifat instrumental murni.

Setelah pengenalan prinsip positivisme, adapun beberapa ciri positivisme (Gahral Adian, 2002:68), yaitu bebas nilai, fenomenalisme, nominalisme reduksionisme, naturalisme, dan mekanisme.

Norma-norma metodologi positivisme adalah sebagai berikut :

- Semua pengetahuan harus terbukti lewat rasa-kepastian (sense of certainly) pengamatan sistematis yang terjamin secara intersubjektif.

- Kepastian metodis sama pentingnya dengan rasa kepastian. Kesahihan pengetahuan ilmiah dijamin oleh kestauan metode.

- Ketepatan pengetahuan dijamin hanya oleh bangunan teori-teori yang secara formal kokoh yang mengikuti deduksi hipotesis-hipotesis yang menyerupai hukum.

- Pengetahuan ilmiah harus dapat dipergunakan secara teknis.

- Pengetahuan pada prinsipnya tak pernah selesai dan relatif, sesuai dengan sifat relatif dan semangat positif. (F. Budi Hardiman, 2003:55).

Positivisme logis, ada beberapa prinsip dasar positivisme logis :

- Menolak perbedaan ilmu-ilmu alam dan ilmu-ilmu sosial.

- Menganggap pernyataan-pernyataan yang ridak dapat diverifikasikan secara empiris (seperti etika, agama, metafisika) sebagai nonsense.

- Berusaha menyatukan semua ilmu pengetahuan di dalam satu bahasa ilmiah yang universal.

- Memandang tugas filsafat sebagai analisis atas kata-kata atau pernyataan-pernyataan (F. Budi Hardiman, 2003:56).

C. Perspektif post positivisme: kritik terhadap positivisme.

Post-positivisme, pada tahun 1970/1980-ana muncullah gugatan-gugatan mengenai kebenaran positivisme, pemikirannya dinamai post-positivisme. post-positivisme merupakan pemikiran yang menggugat asumsi dan kebenaran positivisme.

Berikut ini dikemukakan beberapa asumsi dasar post-positivisme, pertama, fakta tidak bebas melainkan bermuatan teori. Kedua, falibiltas teori.

Post-positivisme dalam penelitian sosial dan komunikasi, bila positivisme dalam bentuk dan logika klasiknya ditolak oleh post-positivisme, fondasi filosofis apakah yang akan digunakan post-positivisme sebagai kerangka kerja penilitian sosialnya. beberapa penilitian sosial berargumen bahwa kekurangan-kekurangan dari pemikiran positivisme pada dasarnya membutuhkan dasar filsafat ilmu yang berbeda, salah satunya adalah menolak dan mengganti prinsip-prinsip positivisme (seperti ontologi realisme,epistemologis objektif,dan aksiologi bebas-nilai) dengan bentuk pemikiran yang menghargai prinsip nominalisme, subjektivisme, dan nilai-nilai yang hadir dengan sendirinya (omnipresent).

Ontologi post-positivisme, perspektif post-positivisme merupakan aliran yang ingin memperbaiki kelemahan-kelemahan positivisme yang hanya mengandalkan kemampuan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti. secara ontologis post-positivisme bersifat crittical realism. Crittival realism memandang bahwa realitas memang ada dalam kenyataan sesuai dengan hukum alama, tetapi suatu hal yang mustahil bila manusia (peneliti) dapat melihar realitas tersebut secara benar (apa adanya, sebagaimana, keyakinan positivisme).

Epistemolgi dan aksiologi, post-positivisme bagaimanapun terlihat sama dengan positivisme, walaupun ada beberapa perbedaan yang khas. seperti pada basis ontologi, semenatara positivisme menekankan realisme mutlak, post-positivisme memelih realisme kritis.

Struktur dan fungsi teori dalam perspektif post-positivisme terdiri dari :

- Struktur teori perspektif post-positivisme.

- Fungsi teori perspektif post-positivisme.

- Kriteria evaluasi dan perbandingan teori.

- Proses perkembangan teori.

D. Perspektif interpretif

Sejarah perspektif interpretif , pemetaan akar sejarah dapat dirujuk pada sejumlah gagasan abad pencerahan. khususnya posisi filosofis Rene Descrates (1596-1650) . pada 1644 , descrates mempublikasikan buku The Principles of Philosophy. Ia berpendapat bahwa semua penjelasan dapat didasarkan pada observasi terhadap benda dan gerak (Descrates 1963).

Pandangan dasar perspektif interpretif terdiri dari : fenomenologi, hermeuneutika. interaksionisme simbolik.

Dan ada teori interpretif dalam komunikasi terdapat : ontologi teori interpretif, epistemologi teori interpretif, aksiologi teori interpretif.

Struktur dan fungsi teori interpretif terbagi menjadi : teori interpretif umum (general interpretiv theories) , grounded theory, kriteria untuk evaluasi.

Komunikasi dalam perspektif interpretif terdiri dari : etnografi komunikasi , dramatisme dan narasi.

E. Perspektif konstruktivisme.

Konstruktivisme berpendapat bahwa semesta secara epistemologi merupakan hasil konstruksi sosial. pengetahuan manusia adalah konstruksi yang dibangun dari proses kognitif dengan interaksinya dengan dunia objek material. pengalaman manusia terdiri dari interprestasi bermakna terhadap kenyataan dan bukan reproduksi kenyataan.

Sejarah perspektif konstruktivisme, bila dirunut ke belakang konstruktivisme yang meyakini bahwa makna atau realitas bergantung pada konstruksi pikiran dapat dirunut pada teori Popper (1973).

Konstruktivisme dalam ilmu komunikasi, teori konstruktivis atau konstrukvisme adalah pendekatan secara teoretis untuk komunikasi yang dikembangkan tahun 1970-an oleh jesse della dan rekan-rekan sejawatnya (Miller, 2002) . konstrukvisme ini lebih berkaitan dengan program penelitian dalam komunikasi antarpersona.

Komunikasi berbasis “Diri” , fokus perspektif post-positivisme adalah proses produksi suatu pesan. Fokus ini dapat ditemukan pada komunikasi antarpersona. untuk dapat meninjau komunikasi antarpersona dapat merujuk pada teori sosiolinguistik bernstein. teori bernstein menyatakan bahwa individu dalam melakukan sesuatu dikonstruksi oleh orientasi kehidupannya sendiri, dan oleh orientasi posisi subjek itu dalam hidupnya.

Konstruk hubungan dalam komunikasi, faktor lain yang mempengaruhi proses komunikasi berbasis diri adalah konsep tentang tujuan, setiap individu dalam interaksinya selalu berusaha untuk memanajen tujuan.

Model desain pesan, konsep tentang tujuan ini berimplikasi pada adanya desain pesan dalam peristiwa komunikasi berbasis diri. desain pesan didasarkan pada kecenderungan seseorang dalam memanajamen tujuannya untuk kepentingan sampainya tujuan melalui pesan yang dipilihnya.

F. Perspektif teori kritis.

Teori kritis lahir sebagai koreksi dari pandangan konstruktivisme yang kurang sensitif pada proses produksi dan reproduksi makna yang terjadi secara historis maupun intitusional. teori kritis dapat dianggap sama dengan paradigma konstruktivisme dengan alasan sebagai berikut: (1). Teori kritis meyakini bahwa ilmu pengetahuan itu dikonstruksi atas dasar kepentingan manusiawi. (2). Dalam praksis penelitian (dari pemilihan masalah untuk penelitian, instrumen, dan metode analisis yang digunakan, interterprestasi, kesimpulan dan rekomendasi). Dibuat sangat bergantung pada pada nilai-nilai peneliti. (3). Standar penilaian ilmiah bukan ditentukan oleh prinsip verifikasi atau falsifikasi melainkan didasarkan konteks sosial historis serta kerangka pemikiran yang digunakan ilmuwan.

Sejarah perspektif kritis, teori ini dikembangkan oleh Mazhab Frankfurt. konsep kritik yang dipergunakan Mazhab Frankfurt memiliki kaitan sejarah dengan konsep kritik yang berkembang pada masa-masa setelah Renaissance.

Pengaruh Marxisme, Karl Marx (1818-1883) merupakan filsuf yang memiliki pengaruh yang mendalam dalam perkembangan ilmu pengetahuan sosial. Marx memandang bahwa teori kritik Hegel masih kabur dan membingungkan, karena Hegel memahami sejarah secara abstrak. Marx menegaskan bahwa yang dimaksud sejarah adalah sejarah perkembangan alat-alat produksi dan sejarah hubungan-hubungan produksi.

Mazhab Frankfurt, teori kritis dipengaruhi oleh Marxisme, namun dalam beberapa hal dinggap berbeda dengan Marxisme. Teori ini disebut juga Mazhab Frankfurt. Penyebutan ini didasarkan pada lembaga pertama yang mengembangkan teori kritis, yaitu institute fur sozialfarchung di frankfurt, Main di Jerman.

Pendekatan teori kritis pada komunikasi, kajian komunikasi mulanya mencakup retorika saja, lalu muncullah publisistik (ilmu persuratkabaran), maka berita terutama bagaimana cara menyampaikan gagasan atau pesan melalui tulisan menjadi objek komunikasi.

Cultural studies (studi-studi budaya), istilah cultural studies berasal dari centre for contemporary cultural studies (CCCS) di Universitas Birmingham, yang didirikan pada tahun 1964.

Studi-studi feminis, pencarian muatan ideologi di balik apa yang dianggap biasa atau wajar adalah pola utama perspektif kritis. Kehidupan ini dipenuhi oleh apa yang dianggap wajar atau lazim, bahkan kebenaran pun bertumpu pada kelaziman.

JENIS-JENIS FOTO

08 April 2014 01:18:15 Dibaca : 422

 

Makala:

 Jenis-Jenis Foto

Nama: Elias

Nim:201413014

 

Bab 1

Pendahuluan

A. Latar Belakang

Karya foto pertama di dunia ini adalah foto sebuah pemandangan yang tampak dari jendela sebuah ruang kerja. Ini adalah sebuah awal, sebuah titik dimana era fotografi yang sekarang begitu luas dimulai. Setelah foto pertama yang yang dapat digolongkan ke fotografi panorama atau pemandangan, fotografi berkembang sebagai media dokumentasi. Lebih dari itu, fotografi berkembang lebih pesat lagi. Hingga saat ini, kita ketahui bahwa jenis-jenis foto sangat beragam.

Saat ini, peminat fotografi panorama tetap ada walaupun mungkin tidak banyak. Karena saat ini, kebanyakan orang yang berkecipung di dunia fotografi lebih memilih kategori foto yang banyak dibutuhkan dan dapat menghasilkan, hal ini tidak salah. Saat ini, foto panorama tetap memiliki penikmat yang cukup banyak, tapi sepertinya secara materi, foto panorama kalah pamor dibanding kategori foto lain yang lebih menghasilkan.

Walaupun seperti itu, foto pemandangan atau panorama ini tetap menyenangkan untuk dipelajari. Karena di dalam foto panorama kita bisa menikmati sekaligus mengagumi keindahan dari apa-apa saja yang ada di sekitar kita. Oleh karena itu, saya sebagai penyusun tertarik untuk membahas lebih lanjut tentang “Fotografi Panorama“ dan menggunakannya sebagai topik dalam penyusunan makalah ini.

B. Maksud dan Tujuan

a. Untuk membahas tentang Jenis-Jenis Foto

c. Untuk membahas tentang cara atau teknik membuat foto yang baik.

Bab 2

Pembahasan

A. Jenis-Jenis Foto

1. Foto Potrain

Foto Potrait Atau Foto wajah, sringkali kita hasilkan. Biasanya foto Jenis ini paling sering kita dapatkan dan mudah tersedia. Biasanya obyek foto Potret yaitu Foto Keluarga, Teman, Pacar dll. Misalnya foto keluarga misal di rumah saat membaca koran, dikantor saat bekerja dan saat santai, foto denga mesejajarkan lensa dengan mata mereka.

Tidak masalah jika kita tidak memiliki flash eksternal atau lighting yang canggih, jutsru kita bisa memaksimalkan pencahayaan alami, gunakan cahaya yang melewati jendela anda. Posisikan obyek foto disamping jendela sehingga cahaya dari jendela menerpa wajah darri arah samping, bukan tegak lurus ke wajah.

FotoPotrait

2. Human Interes

Kehidupan manusia dengan segala bentuk aktivitas keseharian dan kehidupan yang dilakukannya memang selalu menarik untuk dijadikan objek dalam foto. momen yang menarik tersebut bisa muncul karena dipicu oleh kegiatannya yang terasa unik dan tidak biasa. Baik itu aktivitas didalam adat budaya maupun aktivitas dalam kehidupan sehari-hari yang biasanya sangat berbeda dari kehidupan masyarakat Kota besar.

Human Interest dalam karya fotografi sendiri kalau dijabarkan adalah menggambarkan kehidupan pribadi manusia atau interaksi manusia serta ekspresi emosional yang memperlihatkan manusia dengan kehidupannya, kesemuanya itu membawa rasa ketertarikan dan rasa simpati bagi para orang yang foto tersebut.

Fotografi Human Interest mungkin sedikit berbeda dengan Jurnalistik, walaupun Foto human interest bisa dimasukan kedalam kategori jurnalistik juga. Foto Human Interest lebih banyak merekam suasana dan momen yang tidak biasa, semakin dramatis momen yang didapat semakin

sukses foto human interest tersebut. untuk fotografer yang sudah terbiasa memotret dan mengamati masalah-masalah sosial, maka objek yang berlatar belakang aktifitas manusia ini akan menjadi sebuah karya foto yang begitu menarik untuk dilihat dan tentunya tidak akan sulit untuk dilakukan. Namun masalahnya bagaimana sih memotret humant interest ini dengan baik apalagi buat kita yang baru belajar fotografi, memang memotret Human Interest terkadang tidak semudah yang kita bayangkan. Banyak problematika yang terjadi di lapangan seperti ada yang malu difoto, larangan, ataupun susah dalam mencari objek foto yang bagus.

Foto Human Interest Anak gembala dan kerbaunya ditengah sawah.

3. Foto Panggung

Foto panggug biasanya seperti pada saat acara Pernikahan, Pidato, Konser Musik, dll. Konser musik adalah obyek menarik untuk mengasah kemampuan fotografi kita, dari sifatnya yang dinamis sehingga memaksa kita harus cepat beradaptasi dalam membaca perubahan moodsampai dengan sifat pencahayaan yang menantang yang harus kita hadapi saat mengatur setting di kamera.

Foto Panggung, Konser Musik

4. Foto Alam

Memotret di alam bebas, adalah bentuk kegiatan positif yang memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Khususnya jika kita memotret wilayah hutan rimba ataupun gunung. Cuaca yang tak mudah di tebak dan medan yang di lalui juga tak mudah adalah kesulitan pertama bagi pecinta fotografi di alam bebas. Lalu, kita masih memikirkan perbekalan selama berkegiatan dan tehnik membawanya, tentu karena perjalanan yang tidak sebentar dan jauh, akan menimbulkan kelelahan tersendiri. Hasilnya, karena lelah maka saat kita memotret, hasilnya pun tak akan sempurna. Faktor ini juga yang membuat kita malas memotret, bahkan juga malas mengeluarkan kamera. Berikut adalah tips memotret di daerah gunung hutan rimba.

Perlu diketahui juga bahwa foto tentang alam bebas itu tidak selalu identik dengan foto yang harus diambil dengan menggunakan lensa sudut lebar untuk menangkap area yang luas. Melainkan bisa juga dengan lensa tele untuk detail dan sesuatu yang lebih khas. Bedanya, bila menggunakan lensa sudut lebar, pemotret harus bisa memastikan bahwa pemandangan alam bebas yang akan "dibingkainya" memiliki latar depan ( foreground ) yang menarik. Misalnya seperti ada bunga - bunga, bebatuan yang artistik, siluet sebuah benda ( refleksi ), bayangan pepohonan atau dedaunan untuk menciptakan kesan tiga dimensi yang kuat.

Foto Alam, Air Terjun kecil

5. Foto Landscape

Teknik foto landscape atau pemandangan adalah hobi dari banyak fotografer. Dengan dilengkapi dengan kamera digital SLR, kita dapat merekam keindahan ciptaan Tuhan dalam sekejab. Misalkan foto Sanset atau matahari terbenam mempunyai konotasi yang dalam dan romantis. Jika menambahkannya ke dalam foto pemandangan, maka pasti foto anda akan jauh berkesan di mata orang lain. Dan juga, beberapa saat sebelum dan sesudah sunset, matahari akan membiasi pemandangan anda dengan cahaya kuningnya yang hangat sehingga anda pasti akan menciptakan sebuah foto yang penuh dengan warna dan nuansa yang menarik. Cahaya matahari juga lebih soft/lembut pada saat “Golden Hour” ini, dan akan mempermudah mendapatkan exposure yang tepat di keseluruhan pemandangan tersebut.

Foto Landscape, Matahari Terbenam

6. Foto Still Life

Foto still life adalah menciptakan sebuah gambar dari benda atau obyek mati. Membuat gambar dari benda mati menjadi hal yang menarik dan tampak “hidup”, komunikatif, ekspresif dan mengandung pesan yang akan disampaikan merupakan bagian yang paling penting dalam penciptaan karya foto ini. subjek untuk fotografi still life tidak terbatas. Meskipun kepercayaan umum, fotografi still life tidak terbatas pada gambar hanya apel dan anggur. Bahkan sesuatu seperti gulungan benang dapat menarik dan menarik secara visual. Situs microstock seperti Shutterstock dan iStock yang melayani pengguna komersial memiliki permintaan yang tinggi untuk segala macam still life , sering benda yang sangat sederhana, seperti secangkir teh atau kunci.

Orang sering kali berpikir still life fotografi sebagai jauh lebih mudah daripada jenis lain fotografi seperti olahraga atau fotografi landscape. Dengan still life Anda memiliki kontrol penuh atas komposisi dan dapat mengatur benda mati persis bagaimana Anda inginkan mereka.Dan kadang-kadang, kualitas gambar still life yang baik bisa menjadi lebih menantang untuk foto. Itu karena mereka dekat sehingga mudah untuk melihat ketidaksempurnaan seperti noda pada sepotong buah yang biasanya akan berlalu tanpa diketahui.

Saat membuat foto still life , Anda perlu mengatur objek dalam komposisi menyenangkan. Anda harus mempertimbangkan menggunakan teknik komposisi klasik seperti "Rule of Thirds," "leading lines" atau "framing" untuk ide-ide tentang bagaimana menyusun terbaik gambar Anda. seni mengatur objek, dan gunakan imajinasi Anda. Misalnya, jika Anda mengambil gambar apel mencoba mengambil atau menggigit itu untuk memberikan beberapa bunga yang ditambahkan.

Foto Still Life, Pot Bunga

7. Foto Fauna

Foto fauna adalah jenis foto dengan berbagai jenis binatang sebagai obyek utama. Foto ini menampilkan daya tarik dunia binatang dalam aktifitas dan interaksinya. Memotret hewan merupakan Mahluk Hidup yang memiliki ekspresi dan keunikan tersendiri Sifat alami yang unik memmanjakan mata untuk dilihat. Memotret hewan memang umumnya diperlukan lensa tele (tele lens), terutama jika anda berada di alam liar. Begitu pula dengan di kebun binatang. Karena jika tidak, point of interest dan detail dari hewan tersebut tentunya tidak akan terlihat jelas. Kecuali jika anda memang niat untuk mengkomposisikan dengan alam naturalnya. Tebing, pohon, matahari tenggelam, bisa menjadi elemen yang menarik disamping hanya sekedar foto hewan ditengah-tengah frame.

Memotret hewan bukanlah hanya sekedar teknis. Hewan adalah makhluk hidup yang memiliki ekspresi dan keunikan tersendiri. Temukan sifat-sifat alami mereka yang unik. Foto singa mengaum garang, tentu lebih menarik ketimbang yang tengah terkantuk-kantuk dibawah pohon. Anjing yang tengah melompat menangkap frisbee, jauh lebih menarik ketimbang yang tengah melamun di depan kandangnya. Photography is a waiting game. Adakalanya seorang wildlife photographer harus menunggu berjam-jam atau berhari-hari untuk menunggu momen tertentu.

Pada saat Anda memotret Gunakan High Continuous Mode. Kita tidak akan pernah tau kapan momen terbaik dari hewan in motion akan kita dapatkan. Resikonya memang memory card akan cepat penuh, apalagi jika anda memakai format RAW.

Foto Fauna, Burung Maleo

8. Foto Arsitektur

Dalam memotret Arsitektur harus cukup cepat dalam menilai suatu kesempatan untuk memotret, artinya, jika melihat suatu moment, JEPRETLAH.. baik itu moment kegiatan manusia, apalagi dalam bidang arsitektur. Harus cukup tajam melihat Objek bangunan maupun abstrak bangunan untuk dijepret, karena dengan tajamnya penglihatan melihat moment tersebut, maka secara tidak langsung ide kreasi dalam foto akan muncul.

Cahaya sangat penting dalam foto arsitektur. Cahaya matahari maupun cahaya buatan (misalnya memakai flash, maupun senter) sangat menunjang efek shadow maupun arsitektural dari foto. Pada foto bangunan maupun cityscape kalian bisa menggunakan cahaya alami (matahari). Cahaya matahari yang baik digunakan dalam teknik lighting fotografi adalah pada jam 6-9 pagi dan jam 3-6 sore.

Pada foto arsitektur interior, biasanya menggunakan cahaya buatan, baik cahaya dari flash maupun cahaya yang berasal dari bangunan itu sendiri.

Penggunaan komposisi dan detail sangat penting di dalam bidang fotografi ini. Kalian dapat menggabungkan beberapa bentuk untuk lebih menonjolkan detail dari suatu abstrak bangunan. Sebaiknya foto jangan Over exposure, karena hal tersebut dapat menghilangkan detail bangunan dari foto.

Selain dari kesan warna-warninya, untuk lebih memberikan kesan dramatis pada foto, kalian bisa juga menggunakan multiple shoot penggabungan foto, memberikan efek mirror agar abstrak dari detail arsitektur terlihat, dan tentu saja dengan teknik pencahayaan yang tepat.Foto Arsitektur erat hubungannya dengan foto abstrak. Kalian dapat menciptakan imajinasi kalian hanya dengan melihat, mengamati objek dari arsitekur tersebut. Umumnya pada foto abstrak, sering dikaitkan dengan foto architecture details. Jadi, kalian dapat menciptakan dari foto sederhana menjadi FANTASTIC.

Foto Arsitektur, Menara Limboto

9. Foto Jurnalistik

Foto jurnalistik adalah foto yang digunakan untuk kepentingan pers atau kepentingan informasi. Dalam penyampaian pesannya, harus terdapat caption (tulisan yang menerangkan isi foto) sebagai bagian dari penyajian jenis foto ini. Jenis foto ini sering kita jumpai dalam media massa (Koran, majalah, bulletin, dll).

Dalam foto jurnalistik dikenal metde EDFAT (Entire, Details, Frem, Angle, Time). Metode EDFAD yai sebagai berikut:

a. Entrie (Keseluruhan), Ambil gambar keseluruhan lingkungan termasuk Manusianya. Cara ini dianggab banyak Fotogerafe Jurnalistik baik untuk mengenal subyek foto dan lingkungannya kepada Pembaca.

b. Detail (Kerincian), Bergeraklah maju mendekati Obyek untuk melihat lebih Detail. ajak Subyek untuk Berinteraksi, perhatikan, mata, rambut, apa yang dia pakai. ambil virsual yg kuat sebagai ciri khusus dari suyek ndan atur komposisi yang bagus.

c. frem (Bingkai), Atur mulai Viewfinder komposisi yang enak dilihat dengan memperhatikan elemen disekeliling subyek baik backgraund maupun foregraund.

d. Angle (Sudut pengambilan), Atur sudut pengambilan Gambir bar Dari bebagai sudut, biasa dari atas, bawah, dekat atau jauh, samping kiri atau kanan subyek.

e. Time (Waktu), Ambil ksempatan secepatnya jangan menunda waktu karena bisa saja peristiwa tersebut tidak terulang kembali, atau kesempatan ini akan diambil orang lain. dalam bahasa fotografi momen in time yang tepat.

Dilihat dari beberapa as[ek di atas maka foto jurnalistik dapat disebut sebagai suatu sajian dalam bentuk foto akan sebuah peristiwa yang terjadi, di mana peristiea tersebut berkaitan dendan aspek kehidupan manusia dan disampaikan guna kepentingan manusia itu sendiri. Kepentingan manusia dalam hal ini berupa kebutuhan akan informasi atau juga beita yang terjadi di seluruh belahan bumi ini.

Syarat umum untuk membuat foto berita dengan baik adalah:

-Memiliki pengetahuan konspesional;mempersoalkan isi (picture content, news content)

-Memiliki keterampilan teknis: mempersoalkan penyajian teknis yang matang secara fotografi.

Foto Jurnalisti

10. Foto sport

Menangkap atau merekam gerakan dalam sebuah gambar merupakan satu hal yang menjadi pemikiran banyak fotografer ketika mereka memotret event olah raga atau obyek gerak cepat yang lain. Sport Photography memang menawarkan peluang untuk memotret gerakan dari pesertanya, dan hampir dari semua tipe fotografi bisa memanfaatkan keuntungan dari penekanan gerakan dalam sebuah foto, bahkan ketika gerakan tersebut sangat kecil ataupun lambat.

Ada Dua cara untuk mendapatkan gerakan blur di dalam foto kalian, membuat subyek Sobat bergerak atau kamera kalian yang bergerak (atau keduanya). Pada pembahasan tentang Shutter Speed yang lalu kita sudah banyak membahas tentang obyek gerak.

Pada tipe pemotretan seperti ini, sebisa mungkin menjaga kamera tetap diam, jika tidak maka akan terlihat seperti semua yang ada di dalam frame tampak bergerak yang diakibatkan oleh penggunaan shutter speed yang lama. Pastikan kamera kalian jauh dari potensi guncangan, entah itu dengan menggunakan Tripod atau meletakkannya di atas benda yang kokoh.

Salah satu pengaturan yang paling penting dalam dunia fotografi yang menekankan pada gerakan adalah Shutter Speed. Perubahan sekecil apapun akan memberikan dampak yang besar pada hasil foto kalian, jadi setidaknya Sobat harus memilih mode pemotretan yang memberikan kalian kendali penuh.

Pernyataan diatas berarti menggunakan pengaturan kamera pada mode Manual atau Shutter Priority. Mode Shutter Priority merupakan pengaturan yang memperbolehkan kalian untuk mengatur Shutter Speed dan kamera memilih pengaturan yang lain secara otomatis seperti Aperture guna mendapatkan Exposure yang pas. Mode pemotretan ini akan sangat mempermudah kalian untuk mendapatkan efek gerakan yang ingin didapatkan, dan tentunya dengan hasil eksposure yang tepat. Alternatif lain adalah dengan menggunakan mode pangaturan kamera secara Manual. Sobat bisa memilih mode Manual jika kalian yakin bisa mengatur keseimbangan Apertura atau Shutter Speed.

Foto Sport, Falentino Rossi

Bab 3

Penutup

1. Kesimpulan

Jenis-jenis Foto merupakan kategori foto yang menunjukkan keindahan foto. Cara dalam pengambilan foto. Ada beberapa jenis Foto yang Saya Bahas Dalam Makala ini, antara lain:

a. Fotografi Potrait

b. Fotografi Human Interes

c. Fotografi Panggung

d. Fotografi Sport

e. Fotografi Alam

f. Fotografi Fauna

g. Fotografi Landscape

h. Fotografi Arsitektur

i. Fotografi Still Life

j. Fotografi Jurnalistik

Sebelum melakukan pengambilan gambar alangkah baiknya jika direncanakan terlebih dahulu. Sehingga dapat dihasilkan foto yang baik sesuai keinginan.

Daftar Pustaka

A. Hamann, Horst. 2005. Paris Vertical. New York : TeNeues.B. 20Teknik%20Simpel%20untuk%20Foto%20Landscape%20_%20Teknik%20fotografi%20menggunakan%20Kamera%20Digital.htmC. Fotografi/leave a comment _ Thank you_ ---_.htmD. Teknik Fotografi Cara Membuat Foto Blur Pada Obyek Gerak.htm

FILOSOF ISLAM KARYA DAN DASAR PEMIKIRAN

30 March 2014 22:08:58 Dibaca : 372

Makalah :

FILOSOFT KARYA DAN DASAR PEMIKIRANYA

NAMA : ELIAS

NIM : 291413014

Pada era modernlisasi saat ini, kita banyak menyaksikan perkembangan ilmu pengetahuan yang semakit pesat, khusunya dalam bidang ilmu filsafat, ketika seseorang belajar untuk berfilsafat tentunya seseorang tersebut diajak untuk berpikir secara rasional untuk menemukan suatu kebenaran yang mutlak, dimana untuk mendapatkan suatu kebenaran tersebut tentunya filsafat telah menyediakan landasan untuk berpikir yang mana sudah di kemukakan oleh filosoft terdahulu seperti mereka yang akan bahas dalam makalah ini.

Sejarah tentang para filosofi pastinya banyak akan tetapi dalam makalah ini hanya membahas sebagian filosof islam yang mempunyai karya-karya yang mereka tuangkan dalam buku-buku dan sampai sekarang buku-buku mereka yang terkenal banyak di gunakan oloeh orang-orang yang berfilosi.

Pada jaman para filosofi islam terdahulu mereka banyak membawa perubahan dalam dunia pendidikan dan lain sebagainya. Sehingga nama mereka begitu dikenal dan di bukukan oleh orang-orang karena mereka banyak memberikan sumbangan ilmu-ilmu yang begitu pentingnya untuk dipakai sampai pada era modern saat ini.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Dalam mempelajari tentang filsafat ada hal-hal yang lebih dulu harus kita pelajari salah satunya sejarah tentang filsafat, melalui pendekatan sejarah kita akan dapat mengetahui berbagai peristiwa yang terjadi dari waktu ke waktu dalam ilmu filsafat, peristiwa-peristiwa yang dimaksudkan adalah peristiwa-peristiwa yang ada sangkut pautnya dengan filsafat.

Sejarah tentang para filosofi terdahulu tidak bisa lupakan atau biarkan begitu saja, terutama tentang para filosofi islam terdahulu yang begitu banyak memberikan sumbangsi pikiran mereka terhadap dunia pendidikan khusunya dalam ilmu filsafat.

1.2 TUJUAN

Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini adalah :

Agar mahasiswa dapat mengetahui sejarah ilmu filsafatAgar mahasiswa dapat mengetahui para filosofi islam

BAB II

1.3 PEMBAHASAN

FILSUFT CIPTAAN DAN DASAR PEMIKIRANYA ISLAM

Berikut beberapa filsuft islam yang dikenal cerdas pada zamanya sampai sekarang :

1. AR-RAZI

Abu Bakar Muhammad Bin Zakariya ar-Razi dilahirkan pada tahun 846 M di Rayy, dekat Teheren, Iran. Ia sering dijuluki sebagai Galen-nya Arab. Galen adalah seorang dekter dan filosof Yunani yang sangat terkenal. Sejak kecil, ar-Razi telah menunjukkan minat yang besar terhadap ilmu pengetahuan. Ia belajar ilmu kedokteran di bawah bimbingan Ali ibn Sahl Robban al-Tabari yang merupakan seorang filusuf dari Merv dan mempunyai sekolah kedoketeran dari Tabaristan atau Hyrcania.

Al-Razi termasuk orang yang aktif dalam berkarya berikut karya darinya :

Kitab al-asrar ( bidang kimia )Al-hawi adalah ensiklopodia kedokeran sampai abad ke 16 di eropaAl-mansuri liber al-mansaris ( bidang kedokteran, 10 jilid).Kitab al-judar wa al-hasbah (tentang analisa penyakit cacar dan campak serta pencegahnya ) dan masih ada beberapa lagi kitab tentang filsafat

Dasar Pemikaran Ar-Razi adalah rasionalis elektis. Rasional artinya ia selau mencari kebenaran dengan pangkal tolak kekuatan akal dan elektis artinya selektif. Hal ini tampak dalam halaman pendahuluan karyanya, al-Thib al-Ruhani, ia menulis : ” Tuhan segala puji bagi-Nya, yang telah memberi kita akal agar denganya kita dapat memperoleh sebanyak-banyaknya manfaat; inilah karunia terbaik Tuhan kepada kita.

2. IBNU SINA

Abu Ali Al-Husein Ibn Abd allah ibn hasan ibnu ali Ibn Sina lahir di afsyana tahun 370 h/980 m. Ia dianggap seorang yang cerdas, karena dalam usia yang sangat muda (17 Tahun) Ibnu Sina telah di kenal sebagai filosof dan dokter terkemuka di Bukhara selain itu Ibnu Sina juga dikenal sebagai tokoh yang luar biasa.

Adapun karya-karyanya sebagai berikut :

Kitab Qanun fi al-Thib, yang merupakan karya ibnu sina dalam bidang ilmu kedokteranKitab As-Syifa, yang merupakan karya ibnu sina juga dalam bidang filsafatKitab An-Najah, yang merupakan kitab yang berisikan ringkasan dari kitab As-Syifa..Kitab al- Isyarat wa al-Tanbihat, isinya mengandung uraian tentang logika dan hikmah

Selain kitab-kitab tersebut masih banyak karya dari ibnu sina yang berjumlah cukup besar mungkin 276 buah

Pemikiran Ibnu Sina yang banyak keterkaitannya dengan pendidikan, barangkali menyangkut pemikirannya tentang filsafah ilmu.

Menurut Ibnu Sina ilmu terbagi menjadi 2 (dua), yaitu

Ilmu yang tak kekalIlmu yang kekal (hikmah). Ilmu yang kekal dipandang dari peranannya sebagai alat disebut logika

Berdasarkan tujuannya maka ilmu dapat dibagi menjadi 2 (dua), yaitu:

Ilmu praktis seperti ilmu kealaman, matematika, ilmu ketuhanan dan ilmu kulit.Ilmu praktis adalah ilmu akhlak, ilmu kepengurusan, rumah ilmu, pengurusan kota dan ilmu nabi (syariah)

3. ibnu rusyd

Abu Al-Wahid muhammad ibnu Ahmad ibnu Rusyd dilahirkan di Cordova, andalus pada tahun 510H/1126M sekitar 15 tahun wafatnya Al-Ghazali, Semenjak kecil Ibnu Rusyd belajar ilmu fiqh, ilmu pasti dan ilmu kedokteran di Sevilla kemudian berhenti dan pulang ke Cordova untuk melakukan studi, penelitian, membaca buku-buku dan menulis. Pada usia 18 tahun Ibnu Rusyd bepergian ke Maroko, di mana ia belajar kepada Ibnu Thufail

Ibnu rusyd berhasil mengeluarka beberapa karya tuli adalah sebagai berikut :

fashl al-maqa fi ma bain al-hikmat wa al syariah min al-ittishal berisikan korelasi antara agama dan filsafatAl-Kasyf’an an manahij al-adillat fi ‘aqa’id al-milat, berisikan kritik terhadap metode para ahli ilmu kalam dan sufiTahafut al-tahafut berisikan kritikan terhadap karya Al-Gazahli yang berjudul tahafut al-falasifatBudayat al-Mujtahid wa Nihayat al-muqtashid, berisikan uraian-uraian di bidang fiqih.

Dasar pemikiran ibnu rusyd adalah Agama dan Filsafat, Tingkat Kemampuan manusia, Kebahagiaan, Akal dan Jiwa Manusia.

4. Muhammad Iqbal

Muhammad Iqbal, penyair, pujangga dan filosof besar abad ke-20, dilahirkan di Sialkot, Punjab, Pakistan pada 9 Nopember 1877, Pada usia sekolah, Iqbal belajar Al Qur’an di surau. Disinilah Iqbal banyak hapal ayat-ayat Al Qur’an yang selanjutnya jadi rujukan pengembangan gagasannya dalam pembaharuan keislamannya.

Adapun beberapa karya tulis dari muhammad iqbal adalah sebagai berikut :

Bang-i-dara (Genta Lonceng)Payam-i-Mashriq (Pesan Dari Timur)Asrar-i-Khudi (Rahasia-rahasia Diri)

Dan masih ada beberapa tulisan lain yang tidak sempat ditulis dalam makalah ini

Dan yang mendasari pemikiran dari muhammad iqbal adalah intuisi, diri, dunia dan Tuhan

5. Muhammad arqoun

Mohammed Arkoun lahir pada 1 Februari 1928 di Tourirt-Mimoun, kabilia, Aljazair. Kabilia merupakan daerah pegunungan berpenduduk Berber yang hidup dari hasil pertanian, ternak dan berdagang kerajinan tangan. Mohammed Arkoun adalah pemikir Islam asal Al-Jazair. Dia berkarir secara akademik di Prancis hingga akhir hayatnya. Dia salah seorang professor Sejarah Pemikiran Islam di Universitas Sorbonne Perancis dan termasuk pemikir Islam kontroversial yang terkenal di dunia pemikiran Islam.

Adapun beberapa karya dari muhammad arqoun adalah sebagai berikut:

traduction francaise avec introduction et notes du Tahdib Al-Akhlaq (tulisan tentang etika/terjemahan Perancis dari kitab Tahdib al-Akhlaq Ibnu Miskawaih)La pensee arabe (Pemikiran Arab)Essais sur La pensee islamique (esei-esei tentang pemikiran Islam, Lecture du Coran (pembacaan-pembacaan Al-Qur’an) pour une critique de la raison islamique (demi kritik nalar islami),Discours coranique et pensee scintifique (Wacana Al-Qur’an dan pemikiran ilmiah)

Pemikiran dan dasar pemikiran dari muhammad arqoun adalah sangat kentara dipengaruhi oleh gerakan strukturalis Perancis. Metode historisisme yang dipakai Arkoun adalah formulasi ilmu-ilmu sosial Barat modern.

6. Ibnu Miskawih

Abu ali ahmad ibnu muhammad ibnu ya’cub ibnu miskawih, ia di lhirkan di kota rayy, iran pada tahun 330 h/941 dan wafat di asfahan pada tanggal 9 shafar 421 H 16 februari 1030 M. Ibnu miskawih adalah seorang penganut syiah. Indikasi ini didasarkan pada pengabdianya kepada sultan dan wazir-wazir syiah dalam masa pemerintahan bani buwaihi (320-448 H).

Ibnu miskawih tidak hanya dikenal sebagai seorang pemikir ( filosof ), tetapi ia juga seorang penulis produktif. Dalam thehistory of the muslim philosophy disebutkan beberapa karyan adalah sebagai berikut

al-Fauz al-Akbar, Al-Fauz al-Asghar (tentang metefisika: ketuhanan, jiwa dan kenabian)kitab Adab al-Arab wa al-A'jam (tentang etika)Tajarib al-Umam (sebuah sejarah tentang banjir besar yang ditulis pada tahun 369 H/979 M)Usn al-Farid (kumpulan anekdot, syair, pribahasa dan kata-kata mutiara)

Dan masih bnyak lagi karya dari ibnu miskwih artikel dan bukunya berjumlah 41 buah

Dasar pemikiran dari ibnu miskawih adalah Konsep manusia, konsep akhlak, konsep pendikikan

1.5 SARAN

Dalam makalah ini penulis berkeinginan memberikan saran kepada pembaca dalam pembuatan makalah ini penulis menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan – kekurangan baik dari bentuk maupun isinya
- kami menyarankan kepada pembaca agar ikut peduli dalam mengetahui sejauh mana pembaca mempelajari tentang filosoft islam yang mempunyai karya-karya hebat serta dasar pemikiran dari mereka
- Semoga dengan makalah ini para pembaca dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan khusunya dalam bidang ilmu filsafat

DAFTAR PUSTAKA

A. Zar sirajudin 2012. Filsafat islam. Filosoft dan filsafatnya. PT rajagrindo persada, jakartaB. Yazdi misbah taqi muhammad. 2013. buku daras filsafat islam. Mizan anggota ikatan penerbit indonesia (IKAPI), BandungC. Ihsan hamdani dan ihasan A. fuad. 2007. Filsafat, pendidikan islam. CV Pustaka setia, bandung

 

Penegakan hukum kacamata kuda

30 January 2014 14:52:56 Dibaca : 819

Tugas PKn

Oleh: Elias (291413014)

Topik : penegakan hukum kaca mata kuda(video 1)

Kecaman demi kecaman kepada penegak hukum yang tidak sensitife dalam menangani perkara berdimensi sosial ternyata tidak membuat mereka belajar. Kasus demi kasus yang menumbuhkan keprihatinan publik terus saja terjadi. Kasus terakhir yang menimpa Nining setiawati (45thn) warga purwokerto, jawa tengah. Nining mengalami kecelakaan lalu lintas saat mengendarai sepeda motor di jalan supriadi purwokero, pada 6 agustus 2012. Pada kecelakaan itu sepeda motor nining terserempet oleh truk gandeng yang bermuatan tepung terigu akibatnya kaki kiri nini luka parah dan terancam diamputasi. Lebih dari itu anaknya yang ia boncengkan Kumaratih Sekar Khanifah(11thn) meninggal karena terlindas oleh truk. Ironisnya saat masih dalam masa pemulihan setelah kejadian itu pada 11 januari 2013 petugas satuan lalu lintas polres Banyumas mendatangi Nini dan menjadiakannya tersangka dengan tuduhan telah melakukan kelalaian yang mengakibatkan korban jiwa. Kasus nini menambah fakta empiris betapa parah penegak hukum terus saja menggunakan kaca mata kuda dalam menegakkan prinsip-prinsip keadilan. Mereka melihat hukum sebagai teks formal belaka tidak memperkayanya dengan melihat konteks. Konteks itu ialah rasa keadilan masyarakat. Bayangkan betapa pedih hati nini kehilangan anaknya dan harus dijadikan tersangka pula. Ibarat sudah jatuh tertimpa tangga. Padahal sejauh ini truk pengangkur tepung terigu yang menyerempetnya. Sebelum kasus nini banyak kasus hukum yang sebenarnya tidak patut diperkarakan. Pada agustus 2009 misalnya Mina nenek yang berusia 55thn harus menjadi tersangka hanya karena dia memetik 3 buah kakao diperkebunan milik PT Rumpun Sari Antan tanpa niat jahat. Akibat perbuatan itu nenek Mina diganjar 1bulan dan 15 hari penjara dengan masa percobaan 3 bulan. Ketidak pantasan juga diperlihatka oleh penegak hukum pada kasus sandal jepit ketika AAL (15thn) siswa SMK harus menjadi terdakwa di pengadilan negeri palu. AAL di ancam 5 tahun penjara setelah mencuri sandal milik Briptu Ahmad Rusdi Harahap dan Briptu Simson sipayun anggota Brimod polda sulteng pada mei 2011. Kasus itu mendapat sorotan yang internasional karena dimuat kantor-kantor berita asing dan harian terkemuka dunia. Kasus lain yang juga tidak kalah kontroversial adalah kasus penebangan 2 batang bambu yang roboh dan menimpa rumah Siti Fatima (47thn) warga Magelang pada November tahun Lalu. Kasus itu membuat penebangnya Budi Hermawan dan Moh. Misbahul Munir menjadi kesakitan dan ditahan kejaksaan negeri Mungkin Magelang. Kita sungguh prihatin karena para penegak hukum bukan hanya tidak sensitif melainkan juga terus saja gemar memperkarakan kasus yang sesungguhnya tidak layak diperkarakan. Celakanya saat berhadapan dengan kasus-kasus orang-orang yang berkuasa atau orang-orang berpunya

pedang keadilan mereka macal. Karena itu kita mendesak para penegak hukum bercermin, ketidak adilan dan ketidak patutan dalam penegakkan hukum harus diakhiri.

ü ANALISIS :

Dari beberapa peristiwa kasus yang dibahas dalam topik penegakan hukum kacamata kuda tersebut, saya menganalisis bahwa jelas adanya penginterpensian penegakan hukum terhadap rakyat kecil dan juga penerimaan suap dari orang atau pelaku yang seharusnya menjadi tersangka dalam peristiwa tersebut. Seperti peristiwa yang terjadi pada Nining Setiawati (45 Thn) warga purwokerto yang mengalami kecelakaan lalu lintas akibat terserempet oleh truk gandeng dalam peristiwa ini seharusnya yang menjadi tersangka itu adalah pihak pengemudi truk bukan Nining tapi tindakan yang diambil oleh aparat penegak hukum justru menjadikan nining sebagai tersangka.

Padahal jika kita mempelajari hasil dari olah TKP dalam peristiwa ini, jelas bahwa tindakan yang dilakukan oleh aparat penegak hukum tersebut sangat bertentangan dengan aturan perundang-undangan lalulintas dan juga jika kita melihat dalam UU No. 31 Tahun 1999/UU No. 20 Tahun 2001 Tentang Jenis-jenis Tindak Pidana Korupsi peristiwa tersebut masuk pada jenis tindak pidana korupsi terkait Suap-menyuap : Pasal 5 Ayat (1) a, b;Pasal 5 Ayat (2) Pasal 6 ayat (1) a, b; Pasal 6 Ayat (2) Pasal 11 dan 12 a, b, c, d (UU. 20/2001) dan Pasal 13 (UU.30/1999).

Dan untuk beberapa kasus lainya yakni Ibu Mina nenek yang sempat memetik 3 buah kakao diperkebunan PT Rumpun Sari Antan dan juga siswa SMK yang sempat menculik Sandal jepit milik anggota Brimop Polda Sulteng kota Palu analisis saya bahwa semua itu adalah masalah yang tidak seharus dimasukkan dan tindakan pidana karna memang semuanya tidak dijabarkan dengan jelas dalam lembar pembukuan Undang-Undang KUHP (Ketentuan Undang-Undang Hukum Pidana).

ü SOLUSI :

Jadi dari hasil analisis tersebut ada beberapa solusi menurut saya yang sebenarnya harus lebih diperhatikan oleh aparat penegak hokum untuk menghindari penegakan hokum yamg tidak sesuai dengan objek permasalahan. Diantaranya ialah :

Pemerintah dalam hal ini penegak hukum, harus benar-benar menegakkan hukum sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.Pemerintah dalam hal ini penegak hukum, seharusnya melakukan pemerataan didalam pengambilan penegakan hokum.Pemerintah dalam hal ini penegak hukum, harus menegakan hukum dengan seadil-adilnya sesuai dengan acuan Pancasila sebagaimana yang diatur dalam sila kelima yakni (Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia).Pemerintah dalam hal ini penegak hukum, harus melihat hokum didalam setiap peristiwa yang terjadi dari segi konteks bukan malah melihat hukum dari segi teks formal belaka.Pemerintah dalam hal ini penegak hukum, harus lebih melakukan penegakan Supremasi hukum.

Daftar pustaka

- Sumber:Undang-undang KUHP (Ketentuan Undang-Undang Hukum Pidana)

Topik:Penjara bagi yang berduit(video 2)

Terkurung dipenjara ternyata tidak selalu sengsara, bagi terpidana yang berduit, penjara tidak seperti yang dibayangkan orang kebanyakan jauh dari kesan sumpek, sempit atau bahkan membosankan.

Benarkah dipenjara menyeramkan? Setidaknya ungkapan itu tidak berlaku bagi sejumlah nara pidana yang berduit. Contohnya Fikar Malik ia adalah cucu mantan presiden Adan Malik yang terlibat kasus pembunuhan. Desember 2011 lalu Fikar ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan adik kelasnya di Universitas AL-Azhar, sejak itu Fikar pun mendekam di LP Cipinang. Ia 1 rutan dengan Andika Gumilang suami sirih Marlin Dari mengemplan uang basa basi yang di vonis 4 tahu penjara juga 1 rutan dengan Gayus Tambunan terpidana korupsi, suap serta pencucian uang senilai milyaran rupiah. Banyak foto yang di dapatkan di media social tentang aktifitas mereka didalam rutan, kemungkina Fikar foto-fotonya diunggah melalui hp atau computer tablet. Padahal barang-barang ini jelas-jelas dilarang dilingkungan lembaga kemasyarakatan. Didalam kamar tahanan Fikar tak hanya kasur springbed bahkan televisi lengkap dengan sterilnya ada disini. Didalam juga Fikar bebas menggunakan computer tablet yang pastinya juga haram dilingkungan LP. Dalam pasal 28 ayat 3 peraturan pemerintah no 32 tahun 1999 disebutkan ‘penghuni rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan tidak diperkenankan membawa pesawat televise dan radio serta elektronik untuk kepentingan pribadi. Mungkin benar kabar ini, peraturan ada untuk dilanggar. Apalagi jika uang yang sudah bicara siapapun bisa dibuat tak terpedaya. Tidak berkecuali sipil penjara.

Beredarnya foto-foto Fikar Malik dipenjara bersama Andika Gumelan dan Gayus Tambunan di lembaga kemasyarakatan cipinang Jakarta ternyata tidak terlalu mengejutkan wakil mentri hukum dan HAM Deni Dayana. Deni menuding kelebihan kapasitas narapidanalah yang membuat para tahanann berduit gampang menyuap petugas LP untunk mendapat kenyamanan. Saat ditunjukan foto-foto Fikar Malik dipenjara yang diunggah melalui akun facebook wakil mentri hukum dan HAM ternyata tidak terlalu kaget. Inilah komentarnya setelah melihat foto-foto itu “fasilitas-fasilitas seperti itu pasti ada dilapangan dan itu memang harus di tertibkan”. Bukannya tidak ada bahkan wakil mentri pernah melakukan penertiban, ini hayalah masalah-masalah yang biasa di lapas dan rutan, kita terus melakukan perubahan. Deni mengaku masih banyak petugas LP yang nakal dan bersekongkol dengan nara pidana. Jika diketahui memiliki barang-barang seperti itu akan diproses. Katanya “kalau masalah ini tidak terlalu menghawatirkan saya, yang sangat menghawatirkan yaitu pengedaran narkoba”. Lalu apa tindakan kementrian hukum dan HAM? “yang paling sering menyalah gunakan hp adalah Bandar narkoba, kita sudah mengambil langkah. Saya sendiri sudah turun beberapa kali ke lapas,rutan, medan, cipinang, tangerang, kerja sama dengan BNN ada peraturan bersamanya yang kita tangani” kata Deni. Deni berpesan: “jadi sekarang pesannya adalah kalau anda masih main-main dengan hp kami tangkap”. Yang menjadi perhatian public tokohnya juga punya jaringan, kenalan-kenalan yang ia manfaatkan secara negatif kejahatan-kejahatan tanda kutip yang pada dasarnya punya potensi untuk terjadi pelanggaran-pelanggaran semacam itu. Namun demikian jika narapidana berduit tetap nyaman dalam penjara masihkah penjara diperlukan?

Nyamar sidak SPBU,Menyusuri beberapa ruas jalan di Karang Anyer Rina Iriani melakukan sidak. Dengan membawa jergen 2 buah yang masing-masing isi 20 liter ia menyambangi beberapa POM bensin. Disalah satu POM bensin sang bupati merasa senang, karena petugas menolak Rina yang akan membeli 40 liter bensin dengan jergen, meski awalnya tidak mengetahui Bupati Karang Anyer. Dari SPBU satu ke SPBU lain sang bupati kembali melakukan sidak. Di SPBU kedangan ini Rina Iriani kembali menyodorkan 2 jergen, tidak mengetahui siapa pembelinya petugas mengisi penuh kedua jergen yang dibawa bupati. Rina pun akhirnya membuka penyamarannya dan menegur petugas SPBU. Rina Iriani kembali menegaskan kepada petugas untuk tegas menolak pembeli di jergen melebihi aturan dan batas surat pengantar dari Dinas Peridustrian dan Koprasi. Mendekati kenaikan BBM upaya penimbunan makin parah.

ü Analisis

Seperti yang di ungkapkan oleh wakil mentri hukum dan HAM bahwa penghuni penjara menggunakan fasilitas itu hanyalah masalah biasa saja.semua itu diakibatkan oleh para petugas penjara itu sendiri,mungkin dalam video ini sudah terlihat jelas ada suap-menyuap antara nara pidana dan petugas di lp cipinang yang bisa memudahkan para nara pidana bebas melakukan apa saja yang mereka inginkan dan semua ini hanya di lakukan bagi orang-orang berduit saja,harus berbuat apalagi bila uang yang berkuasa di negeri ini.

Persoalan ini sangat melanggar peraturan pemerintah Dalam pasal 28 ayat 3 peraturan pemerintah no 32 tahun 1999 disebutkan ‘penghuni rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan tidak diperkenankan membawa pesawat televise dan radio serta elektronik untuk kepentingan pribadi,

Hukum di Negara Indonesia ini benara-benar sudah hancur. Belum habis kasus yang terjadi di negeri kita, banyak lagi persoalan-persoalan yang bermunculan, bahkan yang di dalam lapas pun menjadi sebuah perbincangan public. Masyarakat umum semakin tidak percaya pada penegak hukum.para penegak hukum itu sudah bukan lagi pemberantas dengan kasus-kasus ini mala sudah menjadi bagian dari kasus-kasus yang meraka tangani. itu terlihat dari lapas yang mereka terima sehingga tersebut dinamakan korupsi.

Untuk nyamar sidak SPBU yang dilakukan Rina Iriani sangat berhubungan dengan peraturan yang ada di SPBU dan batas surat pengantar dari Dinas Peridustrian dan Koprasi,hal ini mengharumkan nama baik seorang bupati,artinya bukan hanya bisa memerintahkan tapi bisa mengawasi sendiri apa yang terjdi diluar.

ü Solusi

Untuk kepada penagak hukum kiranya lebih tegas dalam menjalankan tugas jangan hanya terpengaruh oleh uang saja.Kepada Dinas Peridustrian dan Koprasi,agar lebih proaktif dalam menjalankan tugas.Penghuni rumah tahanan ataw lembaga permasyarakatan tidak di perbolehkan membawa telepisi dan radio serta barang elektronik untuk kepentingan pribadi jadi bagi kepala lembaga harus memperketat peraturan di rumah tahananBagi sipir penjara jangan di perdaya ataw mau di suap oleh tahanan yang beruang

Daftar pustaka

- Sumber: http://www.library.ohiou.edu/indopubs/2001/09/01/0046.html

Filsafat menurut para ahli

30 January 2014 14:52:06 Dibaca : 536

Tugas Filsafat

Oleh: Elias (291413014)

Driyakarya : filsafat sebagai perenungan yang sedalam-dalamnya tentang sebab-sebabnya ada dan berbuat, perenungan tentang kenyataan yang sedalam-dalamnya sampai “mengapa yang penghabisan “.

Sidi Gazalba : Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.

Harold H. Titus (1979 ) : (1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi; (2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan; (3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ); Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.

Kesimpulan: bahwa Filsafat Pencarian kebenaran, sesuai kenyataan yang dapat di buktikan dngan logika.

Apa, Bagaimana,Dan Untuk apa?

Contoh: Sendal.

Apakah benda itu?

Sandal.

Bagaimana Benda itu?

Sendal berbentuk seukuran kaki, terbuat dari karet, kayu, bahan ringan lainya, dan ada penahan kakinya.

Tujuan untuk apa?

Untuk alas kaki.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong