PELATIHAN JURNALISTIK DASAR MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN MAHASISWA DIBIDANG JURNALISTIK

RESUME JURNALIS

Pemateri : Christopel

APA ITU BERITA ? Berita adalah peristiwa atau kejadian kebijakan pemerintah dan pendapat / penilaian ahli yang kompoten yang penting untuk segera diketahui masyarakat .

APA SAJA YANG DIBERITAKN ? Semua peristiwa yang terjadi disekitar kita bisa menjadi berita,termasuk peristiwa pementasan seni. Semua permsalahan yang dihadapi masyarakat banyak. Kebijakan pemerintah yang berdampak bagi masyarakat luas.

Syarat berita :

AktualKedekatanUnik / anehSexKonflikPerubahanTrendsDampak dan pengaruhTokoh atau selebritiHiburanHuman interest

Berita bukan peristiwa

1. Seminar /diskusi / konferensi pers2. Wawancara pejabat berwenang ( humas,peerintah,politisi,swasta )3. Wawancara LSN atau pusat wawancara kegiatan masyarakat4. Wawancara pejabat atau tokoh juga selebriti,obsevasi,lapangan hasil penelitian

Teknik menulis berita

Menulis berita baru bisa dilakukan setelah wartawan mendapatkan fakta berita ( dari pres release,jumpa pers,seminar,atau peristiwa langsung ditempat kejadian ) .Tidak semua fakta lapangan bisa ditulis menjadi beritaKonsultasi dengan editor diperlukan untuk menentukan fakta mana yang akan di anggat sebagai lead berita,gaya penulisan panjang tulisan dan berapa berita harus selesai

Prinsip menulis berita

Selalu menggunakan orang ketiga bukan orang pertam : dia, merekaSelalu mempunyai sumber orang ketigaSumber harus jelas dicantumkan (fiktif atau subyektif)

Menyunting berita

Setiap berita / feature selalu tidak sempurnaPerlu editing agar tidak cacatHarus tetap dinilai dari kacamata pembacaJangn sampai melanggar kaidah hukum dan moralPenalaran harus jelasBahasa harus baik

Soft news

Judul berita tidak harus sama dengan lead,bahkan bisa sangat jauhTentukan bagaimana yang paling mugkin memberikan dampak bagi pembacaSemua unsure berita tetap harus ada tetap bisa tersebar letaknya

TENTANG JURNALIS jurnalis adalah orang yang melakukan kerja jurnalistik. Ada yang menggunakan istilah wartawan sebenarnya sama. Wartawan adalah pewarta, orang yang mewartakan peristiwa dengan kerja jurnalistik

KERJA JUNALISTIK kerja jurnalistik adalah mencari,memperoleh,memilih,menyimpan,mengelolah dan menyunting. Subyeknya adalah fakta,peristiwa yang berlangsung saat ini ataupun yang menjadi isu laten.

Fenomena Keindahan Taman Rektor UNG

07 April 2016 11:22:09 Dibaca : 102

UNG - terlihat mahasiswa UNG berbondong-bondong ketaman yang berada direktorat UNG hanya untuk menyenangkan hati mereka. Salah seorang mahasiswabergembira ria untuk berpose bersama teman sekawannya. Selasa 05/04/2016
Taman rektor Universitas negeri gorontsalo ini telah banyak dikenal orang. Banyak mahasiswa Universitas negeri gorontalo sangat mengapresiasi tempat itu karena nyaman untuk tempat santi saat dimalam hari.
Ada salah seorang mahasiswa UNG jurusan manajemen Sri oktaviani muda saat itu mengemukakkan bahwa bagi dia tempat itu sangatlah membuat dia nyaman saat dia mengunjungi tempat dan dia sempat mengemukkan juga bahwa tempat itu bagus untuk pengambilan gambar karna situasi tempat itu tertata bagus .

KEBAKARAN RUMAH WARGA DI TELAGA

07 April 2016 11:20:35 Dibaca : 78

TELAGA - Kebakaran terjadi ditelaga,rumah dan toko mereka habis ditelan api,Selasa sore (28/03/16) membuat warga yang ada ditelaga panik. Kata warga setempat api itu terjadi dari pembakaran sampah yang tidak jauh dari rumah mereka.

Api menghanguskan rumah dan toko mereke. Petugas pemadam kebakaran kesulitan memadamkan api karena terhambat kepulan asap hitam. Tapi akhirnya tak ada satupun barang mereka yang terselamatkan.

Karena saat itu juga petugas pemadam kebakaran datang setelah agak telat maka dari itu mereka tidak dapat membantu korban kebakaran tersebut untuk menyelamatkan harta benda mereka.

Ingin Liburan Murah? Datang ke Astindo International Travel Fair 2016

Kesibukan dari aktivitas sehari-hari di rumah maupun tempat bekerja membuat Anda penat? Sudah saatnya Anda merencanakan liburan,Liburan tidak harus selalu yang mahal. Sembari menyusun rencana liburan, tidak ada salahnya Anda mampir ke Astindo Fair 2016.

Astindo International Travel Fair 2016 merupakan perhelatan akbar pameran perjalanan wisata yang akan berlangsung pada 25-27 Maret 2016 di Jakarta Convention Center (JCC). Dalam acara ini ada 14 maskapai penerbangan yang dapat kamu jumpai. Selain Garuda Indonesia, ada 13 maskapai international yang turut berpartisipasi dalam Astindo Fair 2016, seperti All Nippon Airways (ANA), Cathay Pacific Airways, China Airlines, Eva Air, Etihad Airways, Emirates Airlines, Garuda Indonesia, Qatar Airways, Qantas Airways, Saudi Arabian Airlines, Singapore Airlines, Turkish Airlines, dan Thai Airways.

Dalam pameran perjalanan terbesar di Indonesia ini, Anda berkesempatan mendapat promo tiket pesawat atau paket wisata domestik dan internasional dengan harga sepesial. Khusus bagi Anda pengguna Kartu Kredit BCA tipe apapun, dapatkan gratis satu tiket masuk Astindo International Travel Fair (satu kartu satu orang), promo cicilan 0% selama enam bulan untuk transaksi saat acara berlangsung, dan cash back Rp300 ribu untuk 200 orang pertama per hari dengan minimum transaksi Rp4 juta (dalam satu struk).

sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/mikro/GNlnBZVk/ingin-liburan-murah-datang-ke-astindo-international-travel-fair-2016

Tugas : Berita 1

Resensi ( Etika dan Filsafat Komunikasi )

13 April 2014 16:29:30 Dibaca : 261

RESENSI

BUKU FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI

(Tugas : Mata Kuliah Etika & Filsafat Komunikasi)

Nama : Sartika Towapo

Nim : 291 413 035

UNIVERSITAS NEGERI GORONTALO

FAKULTAS ILMU SOSIAL

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN ILMU KOMUNIKASI

GORONTALO

2014

BAB 1

PENDAHULUAN

A. Pengertian Etika & Filsafat Komunikasi

Filsafat adalah memikirkan sesuatu yang belum kita alami/ ketahui. Tugas dari ahli filsafat adalah untuk mengatasi spesialisasi dan memformulasikan suatu pandangan hidup yang didasarkan atas pengalaman kemanusiaan yang luas. Memikirkan filsafat mempunyai ciri khas yaitu menimbulkan gejolak.

Filsafat berasal dari bahasa yunani filosofi yang terdiri dari philo (suka/cinta) dan sophia (kebijaksanaan) yang artinya orang yang arif/ cinta akan kebijaksanaan.

Kata Yunani “ethos” yang berarti watak kesusilaan/adat identik dengan etika (etimologis). Etika dipakai untuk pengkajian sistem nilai yang ada.Ada beberapa istilah etika antara lain :

Susila ( sansekerta) : dasar-dasar, prinsip aturan hidup yang lebih baikAkhlak ( Arab ) : moral, jadi etika disini dapat dikatakan ilmu akhlak.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Perspektif teori-teori komunikasi

Perspektif adalah cara memandang atau cara kita menentukan sudut pandang ketika mengamati sesuatu. Nilai perspektif ketika tidak terletak dalam nilai kebenarannya atau seberapa baik ia mencerminkan realitas yang ada. Semua perspektif yang dapat diperoleh adalah benar dan mencerminkan realitas,walaupun setiap perspektif pada tahap tertentu kurang lengkap serta didistorsi. Pemilihan istilah perspektif, dan bukan teori, merupakan kearifan ilmu sosial untuk tidak lagi berlagak “mengukur” atau “bebas nilai” gejala-gejala sosial dalam hal ini gejala ilmu komunikasi.

B. Perspektif-Perspektif Ilmu Komunikasi

Salah satu wilayah kajian filsafat ilmu adalah penyelidikan atas metode yang dipergunakan suatu ilmu.

RealismeNominalisKonstruksionis

Perspektif-perspektif tersebut menurunkan sejumlah teori komunikasi misalnya perspektif positivisme dan post-positivisme menurunkan teori strukturalisme-fungsionalisme. Teori ini merupakan turunan dari perspektif positivisme dan post-positivisme awal. Positivisme adalah aliran filsafat ilmu yang didasarkan atas keyakinan atau asumsi-asumsi dasar :

Ontologi : realisme, semesta luaran digerakan oleh hukum-hukum alam secara mekanis dalam hukum jika maka ilmu pengetahuan bertujuan untuk menemukan hukum-hukum kuasalitas.Epistemologi : dualisme teori menggambarkan semesta apa adanya tanpa ketelibatan nilai-nilai subjektif peneliti.Metodologi : eksperimental hipotesis dirumuskan lebih awal dalam bentuk proposisi yang lalu dihadapkan pada verifikasi atau falsifikasi dibawah situasi yang benar-benar terkontrol.

v Positivisme Logis

Positivisme logis memiliki pengararuh yang cukup penting pada perkembangan ilmu komunikasi. Karena itu ada baiknya kita bicarakan aliran ini secara lebih mendalam. Model yang dikembangkan pada perspektif ini adalah model komunikasi linier dan model peluru. Pada model linier kita mengenal ungkapan “Siapa mengatakan apa melalui saluran apa dengan efek apa” .

Ontology Post-Positivisme

Perspektif post-positivisme merupakan aliran yang ingin memperbaiki kelemahan-kelemahan positivism yang hanya mengadalkan kemampuan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti.

Struktur Teori Perspektif Post-Positivisme

Teori pada dasarnya merupakan sebuah teori secara partikular berhubungan erat dalam pendekatan post-positivisme, dengan keberadaan teori itu sendiri.

Perspektif interprentif tumbuh berdasarkan ketidakpuasan dengan teori post-positivis. Perspektif interpretif mencari sebuah pemahaman bagaimana kita membentuk dunia pemaknaan melalui interaksi dan bagaimana kita berperilaku terhadap dunia yang kita bentuk itu. Tiga pandangan ini mendasari metode ilmu sosial yaitu :

FenomenologiHermeuneutikaInteraksionisme Simbolik

C. Struktur dan Fungsi Teori Interpretif

Teori interpretif sebaliknya didasari oleh keyakinan ontologis dan epistemologis yang sangat berbeda dengan para teoritisi post postivis.

D. Komunikasi Dalam Perspektif Interpretif

Perspektif secara keseluruhan menyumbangkan pentingnya kepelbagian teori yang digunakan secara bersama dan sistemik dalam memehami fenomena komunikasi. Masing-masing pembangun perspektif ini juga memberi pengaruh pada perkembangan ilmu komunikasi. Ilmu komunikasi bukan lagi terbatas pada penelitian mengenai pegiriman pesan, saluran, penerima pesan, dan efeknya. Komunikasi telah melangkah jauh pada pencairan makna yang mendasari tindak komunikasi yang terdapat pada dunia sosial. Perspektif interpretif bahkan telah memberi kita pemahaman baru mengenal objek penelitian komunikasi.

E. Perspektif Konstruktivisme

Konstruktivisme berpendapat bahwa semesta secara epistemologi merupakan hasil konstruksi sosial. Pengetahuan manusia adalah konstruksi yang dibangun dari proses kognitif dengan interaksinya dengan dunia objek material.

Kontruktivisme dalam ilmu komunikasi

Teori kontruktivis atau konstrukvisme adalah pendekatan secara teoretis untuk komunikasi yang dikembangkan tahun 1970-an oleh Jesse Delia dan rekan-rekan sejawatnya (Miller, 2002).

F. Perspektif Teori Kritis

Teori kritis lahir sebagai koreksi dari pandangan konstruktivisme yang kurang sensitif pada proses produktif dan reproduksi makna yang terjadi secara historis maupun intitusional yang sangat penting atau patut diperhatikan pada para Hegelian muda ini adalah Karl Makx.

Pengaruh MarxismeMazhab Frankfurt

BAB III

PENUTUP

KESIMPULAN

Komunikasi telah mengalami perkembangan yang luar biasa . perkembanga ini didasari oleh pergeseran epistemology yang juga di barengi dengan perubahan sosial yang terjadi diseluruh dunia. Kemunculan televise atau nternet misalnya merupakan perubahan sosial yang berpengaruh pada perubahan studi tentang pesan dan pengaruhnya, sekaligus juga memaksa studi komunikasi untuk menggeser epistemology ilmunya. Akan tetapi alas an keperluan dan cara mereka memanfaatkan media komunikasi sangat beragam.

DAFTAR PUSTAKA

Adrianto Elninano dan Anees Q.Bambang, Filsafat Ilmu Komunikasi, 2007, Bandung : Simbiosa Rekatama Media , Bandung.

http://egitrisda.wordpress.com/2011/07/21/etika-filsafat-komunikasi/

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong