Nama Sebagai Simbol

19 March 2017 09:40:31 Dibaca : 426

NIM : 291414019

   Fungsi pertama bahasa adalah penanaman. Nama diri sendiri adalah simbol pertama dan utama bagi seseorang. Nama juga dapat melambangkan status, cita rasa budaya, untuk memperoleh citra tertemtu (pengelolaan kesan) atau sebagai nama hoki. Nama pribadi adalah unsur penting identitas seseorang dalam masyarakat, karena interaksi dimulai dengan nama dan baru kemudian diikuti dengan atribut-atribut lainnya.

   Nama yang diberikan sejak lahir pun tidak hanya mempengaruhi kita dalam kehidupan, tetapi juga mempengaruhi orang lain untuk bagaimana memperlakukan kita, dan yang paling penting yaitu dapat mempengaruhi kita dalam mempersepsi diri sendiri. Nama adalah sebagian dari konsep diri yang sangat penting, Bahkan nama bisa juga menunjukan kesadaraan seseorang. Perubahan nama seseorang yang tadinya non-muslim menjadi muslim adalah suatu pertanda perubahan jati dirinya dan hubungannya dengan agama itu sendiri. Contohnya Brandon Lee berubah menjadi Abdullah Hasan, Travis Backer berubah menjadi Abdulrahman islami, Jen Ledger berubah menjadi Maryam Jamilah.

   Pemilihan nama tidak juga ditentukan oleh faktor agama tetapi ada juga yang dipengaruhi oleh budaya dan juga dari keinginan orang tua mereka sendiri. Contoh dari nama yang ditentukan olehorang tuanya sendiri seperti yang terjadi pada salah satu teman saya yang namanya diambil dari nama bulan kelahirannya contoh seperti yang lahir pada bulan mei nama yang diberikan oleh orang tuanya Meylani Anggita. Dan bukan hanya itu pula ada juga nama yang diambil dari bintang apa anak itu lahir, contohnya seperti anak yang lahir pada bintang sagitarius, namanya adalah Gita Silvya. Ada juga nama yang diberikan dari keturunan keraton yang biasanya berbau dengan nama-nama dari kerajaan dan status sosialnya dimata masyarakat.

   Menurut saya, nama adalah bagian dari konsep diri yang sangat penting, bahkan nama juga menunjukan kesadaraan seseorang. Nama juga jelas bersifat simbolik, karena nama yang dianggap bagus akan menimbulkan kesan positif pada pendengar atau pembaca nama itu. Dan dari artikel yang saya baca menurut penelitian psikologi, yang berhubungan dengan nama anda itu memberi suatu makna, karena nama anda mempengaruhi cara mereka mempersepsi anda, pengharapan mereka terhadap anda, dan cara mereka memperlakukan anda. Terdapat bukti bahwa nama-nama yang lazim memberikan kesan baik dari pada nama-nama yang kurang lazim.bahkan anak-anak pun punya streotipe mengenai nama, dan streotipe ini mempengaruhi interaksi mereka dengan teman sebaya. Nama hewan pun apat berfungsi sebagai simbol misalnya anjing, punya konotasi yang paling buruk diantara nama-nama binatang, setidaknya di indonesia. Maka dari itu menurut saya nama sebagai simbol yang sangat penting terhadap kehidupan bersosial kita karena nama itu sangat berpengaruh terhadap psikologi kita sendiri, dan nama itu juga bisa menjadi simbol dari orang tua yang ingin anaknya tersebut menjadi yang diingikan oleh orang tuanya tersebut.