SEJARAH DAN PENGERTIAN MANAJEMEN PUBLIC RELATION

31 March 2017 08:10:50 Dibaca : 2539

SEJARAH DAN PENGERTIAN MANAJEMEN PUBLIC RELATION

A.SEJARAH MANAJEMEN PUBLIC RELATION
Munculnya istilah Manajemen Public Relation yakni bermula ketika terjadinya krisis besar yang terjadi di Amerika Serikat pada tahun 1906.Krisis ini terjadi pada industri pertambangan batu bara. Saat itu terjadi pemogokan besar-besaran pada industri tersebut dan yang terjadi adalah kelumpuhan total pada industri batu bara tersebut.
Pada titik puncak krisis yang berlangsung maka muncul Ivy Ledbetter Lee (Cutlip dalam Ruslan hal.28), yang juga menjadi seorang tokoh Public Relation pertama yang berlatar belakang sseorang jurnalis.Dam akhirnya dijuluki sebagai The Father Of Public Relation Dan akhirnya Ivy Lee memeberikan beberapa usulan melalui beberapa konsepsi prinsip-prinsip dasar yang revolusioner yang akhirnya dapat memecahkan msalah krisi yang terjadi di indstri batu bara tersebut.
Bebererapa Konsepsi Prinsip-prinsip terebut antara lain(Ruslan 28:2010), sebagai berikut :
Pertama :
Membentuk manajemen PR untuk mengatur arus informasi atau berita secara terbuka.
Bekerja sama dengnan pihak pers.
Dudk sebagai top pemimpin perusahaan dan langsung sebagai pengambil keputusan tertinggi.
Kedua :
Memilki wewenang penuh dalam melaksanakan fungsi dan peranan sebagai pejabat PR untuk mengelola manajemen PR.
Ketiga :
Manajemen PR,yang nota bene terkait dengan manajemen perusahaan tertentu harus harus bersifat informasi terbuka.

Seiring berjalannya waktu maka PR terus mengalami perkembangan di dunia. Berikut beberapa perkembangan Public Relation di dunia :
Abad ke-19 : PR di Amerika dan Eropa merupakan program studi yang mandiri didasarkan oada perkemabngan ilmu oengetahuan dab teknologi.
Tahun 1865-1900: Publik masih di anggap bodoh.
Tahun 1900-1918 : Publik diberi informasi dan di layani.
Tahun 1918-1945 : Publik diberi pendidikan dan dihargai.
Tahun 1925 : Di New York, Pr sebagai pendidikan yang tinggi dan resmi.
Tahun 1928 : Di Belanda memasuki pendidikan tinggi dan minimal di fakultas sebagai mata kuliah wajib. Disamping itu banyak diadakan kursus- kursus yang bermutu.
Tahun 1945-1968 : Publik mulai terbuka dan banyak mengetahui.
Tahun 1968 :Di Belanda mengalami perkembangan pesat. Ke arah ilmiah karena penelitian yang rutin dan kontinyu. Di Amerika perkembangannya lebih ke arah bisnis.
Tahun 1968-1979 : Publik dikembangakan diberbagai bidang,pendekatan tidak hanya satu aspek saja.
Tahun 1979-1990 : internasional memasuki globalisasi dalam perubahan mental dan kualitas.
Tahun 1990- Sekarang : a.perubahan mental, kualitas, pola pikir, pola pandang, sikap, dan perilaku secara internasional.b.membangun kerjasama secara lokal, nasional, dan internasioanl.c.saling belajar dibidang politik, ekonomi, sosial budaya, Iptek, sesuai kebutuhan era global.

B.PENGERTIAN MANAJEMEN PUBLIC RELATION
Begitu banyak definisi PR yang banyak dikemukakan oleh para pakar maupun akademisi dan praktisi.Namun karena begitu banyak unsur-unsur yang terkandug dalam PR maka mempengaruhi juga arti ataupun makna dari Public Realtion itu sendiri.
Manajemen Public relation dapat dikatakan sebagai penerapan fungsi-fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, penstaffan, kepemimpinan, dan evaluasi) dalam kegiatan0kegiatan humas.
Ada beberapa pendapat para pakar mengenai Public Realation yakni: public relation dapat dibedakan kepada fungsi manajemen melalui konsep kegiatan administrasi dan fungsi staf khusus dalam pelayanan administrasi. Sedangkan dalam fungsi komunkiasi sebagaimana yang dijelaskan di atas,pihak PR melaksanakan kegiatan komunikasi antara lembaga yang diwakilinbya dan dengan pihak publik sebagai sasarannya (Cutlip And Center dalam Ruslan :1982).

Referensi :
Ruslan,Rosadi 2010. “Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi”. Jakarta : PT RajaGrafindo Persada.
http://belajar-komunikasi.blogspot.co.id/2011/05/manajemen-public-relations.html
https://publicrelationeasy.wordpress.com/2009/08/27/fungsi-manajemen-public-relation/

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong