RESUME JURNAL STRATEGI MEDIA

05 February 2020 01:26:05 Dibaca : 1405

STRATEGI MEDIA

Tugas Individu

Oleh:

Indi Nabila Panigoro

NIM 291418078

Kelas A – Semester 4

 

Judul Jurnal     :           Strategi Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Pemasaran Digital yang Dilakukan Oleh Dino Donuts

Judul               :           Strategi Pemanfaatan Instagram

Volume           :            Jurnal Manajemen Komunikasi, Volume 3, No. 1, Oktober 2018, hlm 18-33

Tahun              :           2018

Penulis             :          Diana Fitri Kusuma, Mohamad Syahriar Sugandi

Riviewer          :           Indi Nabila Panigoro

Tanggal Terbit Jurnal:  -

  •  Latar Belakang

Terkait dengan strategi pemanfaatan instagram sebagai media pemasaran, media sosial dengan segala kelebihannya dapat membantu dalam proses komunikasi pemasaran. Dalam menjalankan komunikasi pemasaran, perusahaan harus memiliki strategi supaya segala rencana yang ditentukan sebelumnya dapat tercapai. Pemasaran Digital adalah suatu kegiatan pemasaran yang menggunakan internet dan teknologi informasi untuk memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. Strategi yang baik akan memberikan keuntungan bagi perusahaan sebagai terwujudnya tujuan dari perusahaan tersebut.

Indonesia termasuk salah satu Negara teraktif di media sosial, menurut hasil penelitian We Are Social pada Januari 2016 dalam laman techinasia.com, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta pengguna. Dan 79 juta diantaranya merupakan pengguna aktif media sosial (Noviandari, 2015). Selain untuk memenuhi kebutuhan informasi, saat ini media sosial banyak digunakan sebagai media penggerak perekonomian bagi para pengusaha (Yasundari, 2016:209). Media sosial yang paling popular diantaranya adalah Facebook, Twitter, Path, Instagram, Youtube. Setelah sukses menjadi aplikasi yang diminati banyak orang, selain hanya untuk kepentingan pribadi, Instagram juga dijadikan peluang bisnis bagi para penggunanya. Sekarang ini, terdapat banyak pengguna akun Instagram yang memanfaatkan aplikasi ini untuk memasarkan dan menjual produk/jasa, melalui share foto-foto produk pemasar.

Begitu juga dengan Dino Donuts yang menggunakan Instagram sebagai media untuk memperkenalkan produk dan menarik perhatian konsumen. Hanya dengan mengunggah foto-foto lucu donat berbentuk, me-repost foto dari pembeli, dan video singkat saja sudah dapat menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.

  • Tujuan

1. Mengetahui strategi pemanfaatan instagram sebagai media pemasaran

2. Mengetahui apakah media sosial dapat memperangaruhi hasil penjualan

  • Metodologi

Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan teknik wawancara mendalam dengan nara sumber, studi literatur dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diketahui bahwa perencanaan pemanfaatan Instagram yang Dino Donuts lakukan adalah dengan menganalisis masalah, menganalisis khalayak, menentukan tujuan, pemilihan media dan saluran komunikasi, dan mengembangkan rencana atau kegiatan untuk pencapaian tujuan.

  • Hasil

1. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pada sub-bab sebelumnya, didapatkan hasil bahwa Dino Donuts melakukan beberapa langkah perencanaan komunikasi pemasaran. Gufron selaku owner dan juga manajer bagian marketing memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada Instagram untuk membantu dirinya dalam menjalankan komunikasi pemasaran Dino Donuts. Dari semua fitur yang ada, Gufron memanfaatkan fitur upload foto dan video, followers,comment, like, hashtag, location, caption, tagging, dan instagram ads. Menurutnya, fitur-fitur tersebut saling berhubungan dan membantu dalam proses pemasaran Dino Donuts melalui media sosial Instagram.

2. Melihat kesempatan yang bagus dari memanfaatkan instagram sebagai media komunikasi pemasaran, menjadikan Gufron memilih cara tersebut untuk membantu memasarkan produknya, dan untuk menarik konsumen, karena proses penyebaran informasi yang sangat cepat. Setelah menjadi viral, banyak masyarakat Bandung khusunya remaja yang tahu keberadaan Dino Donuts ini dan membelinya sebagai hadiah ulang tahun maupun acara-acara spesial lainnya. Seperti yang dikatakan oleh Gufron, awalnya menjual donat hanya dengan memakai gerobak yang berlokasi di depan sekolah dan kampus, namun penjualan kurang bagus karena masyarakat belum mengenal Dino Donuts. Bahkan produknya hanya terjual tidak lebih dari 10 biji dalam sehari.

Dari situlah Gufron mimikirkan cara bagaimana supaya produk donatnya diketahui oleh banyak orang. Sampai pada akhirnya memilih Instagram sebagai media pemasarannya. Dan hasilnya, setelah menggunakan instagram produknya dalam sehari bisa terjual sampai 1.500 biji. Sampai saat ini, Dino Donuts sudah membuka dua cabang yang berlokasi di Jakarta dan Bekasi dan beberapa gerai yang tersebar di tiga kota tersebut.

    

Gambar 3. Data Hasil Penjualan Dino Donuts Sebelum dan Sesudah Memakai Instagram
Sumber: Olahan data oleh peneliti dari Dino Donuts

Berdasarkan data di atas, dapat diketahui bahwa sebelum menggunakan Instagram, Dino Donuts meraih hasil penjualan dalam sebulan yakni pada bulan November 2015 sebanyak 1.590 donat. Kemudian setelah menggunakan Instagram, hasil penjualan selama sebulan pada bulan Desember 2015 sebanyak 5.606 donat. Hasil tersebut cukup membuktikan bahwa penggunaan media sosial Instagram mempengaruhi terhadap hasil penjualan Dino Donuts itu sendiri.

  •  Kesimpulan

Perencanaan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts yaitu dengan terlebih dahulu menganalisis masalah, dengan menemukan masalah yang sedang dihadapi dan juga menganalisis khalayak agar mendapatkan target yang tepat. Kemudian merumuskan atau menentukan tujuan yaitu berupa meningkatkan kesadaran khalayak akan produk. Dan selanjutnya pemilihan Instagram sebagai media dan saluran komunikasi yang tepat untuk membantu dalam proses komunikasi pemasaran.

Pelaksanaan pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts adalah dengan melakukan aktivitas social media maintenance yang memanfaatkan fitur foto dan video, comment untuk berinteraksi, caption untuk pesan, dan location, hashtag, tagging serta Instagram ads untuk membantu penyebaran informasi. Sedangkan aktivitas social media endorsement dilakukan dengan cara mengendorse artis supaya meningkatkan follower dan jumlah like. Evaluasi pemanfaatan Instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital yang dilakukan oleh Dino Donuts adalah hasil penjualan yang meningkat setelah pemakaian instagram sebagai media komunikasi pemasaran digital.

Dan juga melalui aktivitas media sosialnya dalam me-maintenance dan juga melakukan endorse pada artis dikatakan berhasil dilihat dari peningkatan hasil penjualan yang didapatkan dan berhasil membuka beberapa cabang store dan gerai yang tersebar di Bandung, Jakarta, Bekasi dan Bogor.

  • Naskah Jurnal Asli

https://www.researchgate.net/publication/334052352_Strategi_Pemanfaatan_Instagram_Sebagai_Media_Komunikasi_Pemasaran_Digital_Yang_Dilakukan_Oleh_Dino_Donuts

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong