MANFAAT QIYAMULLAIL/SHOLAT TAHAJJUD Dalam Kehidupan Kita

07 February 2013 09:49:47 Dibaca : 109

Ceramah singkat dari saya.

"Assalamu'alaikum warohmatullohi wabarokatuh"

Alhamdulillah, alhamdulillahhirobbil alamin ahyana ba’dama ama tana wa ilaihin nusyur.

Wassolatu wassalamu ala sayyidina wa maulana muhammadin wa ala alihi wa ashabihi azmain amma ba’du.

Pertama-tama marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan karunianya kepada kita, sehingga kita masih diberikan kesehatan, kesempatan dalam melakukan segala aktivitas kita sehari-hari, khususnya meluangkan waktu untuk mengisi blok kita masing-masing. Solawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita nabiyullah Muhammad SAW serta keluarganya, sahabatnya dan insya Allah sampai kepada kita umatnya yang masih konsekuen dengan ajaran beliau. Pada kesempatan ini saya akan menuliskan ceramah singkat yang berjudul QIYAMULLAIL/SHOLAT TAHAJJUD, yang insa allah berguna bagi kita semua, khususnya kita sebagai mahasiswa yang sedang menuntut ilmu.

Rasulullah SAW memulai hidup dengan Qiyamullail. Qiyamullail adalah sholat pilihan, tidak sembarang hamba allah yang mampu melaksanakan ataupun melakukan Qiyamullail. Memang kita semua bisa bangun pada sepertiga malam, tapi belum tentu mau melakukan Qiyamullail, karena hanya hamba-hamba allah yang terpilihlah yang mampu melakukannya.

Seperti kata Rasulullah, shorbul mukmin sholatu minlaili yang artinya kemuliaan seorang mukmin itu adalah sholat tahajjudnya dan itulah yang membuat mereka mulia, mulia dimata allah dan muliah dimata malaikat. Bahkan malaikat yang diciptakan dari cahaya terkagum-kagum sehingga hormat kepada hamba allah yang tahajjud. Bahkan allah pun memuji-muji hambanya yang tahajjud. Alah SWT berfirman dalam Q.S Azz-Zumar (39, ayat 9), yang artinya:

"Apakah sama hambaku yang bangun ditengah malam, yang mengharapkan ridhoku, rahmatku, ampunanku, takut dengan ajabku dengan mereka yang lelap dalam raduan tidur, sama nggak hambaku yang tahu dengan yang tidak tahu. Sesungguhnya hanya hambaku yang cerdas, yang tahu dan yang pintar sajalah yang mengingatku ditengah malam"

Jika hambaku bangun ditengah malam kemudian bertakbir, allahuakbar.Maka akupun turun kebumi, aku hampiri hambaku yang sedang Qiyamullail, aku bertanya watatulu minni? Apa yang kau minta dariku wahai hambaku? Halin soinin marbiyah? Adakah masalah-masalah yang ingin kubantu untuk menyelesaikannya, pasti kutunjukan jalan keluar bagimu. Halmin mustagfirin? Adakah dosa-dosa yang ingin kuampuni? tagfirlah, pasti kuampuni. Segala apapun yang kita minta, pasti didengar oleh sang Maha Pendengar.

Berkah ataupun kegembiraan yang akan didapatkan dari Qiyamullail antara lain:
penghalang dari dosa, penghapus segala keburukan , penghalang berbagai penyakit dari tubuh kita, jiwa akan menjadi tenang, akan dilindungi oleh Allah dan masih banyak yang akan kita dapatkan dari Qiyamullail.

Qiyamullail merupakan ciri orang yang beriman dan Qiyamullail adalah waktu utama, lalu haruskah kita sia-siakan, sedangkan waktu tidak akan pernah berulang. Saudaraku sekalian, khususnya saudaraku bidik misi mari kita sambut hari dengan Qiyamullail. karena dengan Qiyamullail sangat banyak manfaat yang akan kita dapatkan.

Semoga ceramah singkat yang saya tulis hari ini, bermanfaat bagi kita semua.

Saudaraku, semoga langkah dan segala aktivitas kita dimudahkan dan diridhoi oleh Allah SWT.

aamin ya robbal alamin.

tetap cimmmungut yang kawan -_-

“Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh”

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong