Ketahanan Nasional Dalam GBHN

22 February 2013 16:09:27 Dibaca : 11448

Ketahanan Nasional Dalam GBHN

Konsepsi ketahanan nasional untuk pertama kalinya dimasukan dalam GBHN 1973 yaitu ketetapan MPR No. IV/MPR/1973 adalah sama dengan rumusan ketahanan nasional tahun 1972 dari Lemhanas.

Pada GBHN 1993 terjadi perubahan perumusan mengenai konsep ketahanan nasional. Ketahanan nasional dirumuskan sebagai kondisi dinamis yang merupakan integrasi dari kondisi tiap aspek kehidupan bangsa dan negara pada hakekatnya ketahanan nasioal adalah kemampuan dan ketahanan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidup untuk dapat menjamin kelangsungan hidup menuju kejayaan bangsa dan negara.

Rumusan mengenai ketahanan nasional dalam GBHN 1998 adalah sebagai berikut:

1 Untuk tetap memungkinkan berjalanya pembangunan nasional yang selalu harus menuju ke tujuan yang di capai dan agar dapat secara efektif dielakan dari hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan yang timbul dari luar maupun dari dalam maka pembangunan nasional disenggarakan melalui pendekatan ketahanan nasional yang mencerminkan keterpaduan antara segala aspek kehidupan nasional bangsa secara utuh dan menyeluruh.

Ketahanan nasional adalah kondisi dinamis yang merupakn integrasi dari kondisi tiap aspek kehidupan bangsa dan negara.pada hakikatnya ketahanan nasional untuk adalah ketahanan dan kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa unutk dapat menjamin kelangsungan hidup menuju kejayaan bangsa dan negara.ketahanan nasional meliputi ketahanan ideology,ketahanan politik, ketahanan ekonomi, ketahanan sosisal budaya dan ketahanan pertahanan keamanan.

Menyimak rumusan mengenai konsepsi ketahanan nasional dalam GBHN tersebut, kita kembali mengetahui akan adanya tiga wujud atau wajah konsep ketehanan nasional, yaitu

Ketahanan nasional sebagai metode pendekatan sebagai tercermin dari rumusan pertama.Ketahana nasioanl sebagai kondisi sebagaimana tercermin sebagai rumusan kedua.Ketahanan nasional sebagai doktrin dasar nasional sebagaimana tercermib sebagaimana urusan ketiga.

Pada wujud yang pertama , yaitu kketahanan nasional sebagai pendekatan dimadsudkan konsepsi ketahanan nasional di gunakan sebagai strategi atau cara dalam melaksanakan dalam mbangunan.

Pada wujud yang kedua , yaitu ketahanan nasional sebagai kondisi hyang di madsu adalah kondisi yang dinamis yang merupakan integrasidari tiap aspek kehidupan bangsa dan negara.

Adapun wujud yang ketiga , yaitu ketahanan nasional menggambarkan kondisi ideal dari bidang-bidang pembangunan.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll