Pengertian, Hakikat dan Kedudukan Wawasan Nusantara

23 February 2013 00:25:41 Dibaca : 6215

Pengertian, Hakikat dan Kedudukan Wawasan Nusantara

1) Pengertian wawasan nusantara

Pengertian wawasan nusantara dapat di artikan secara etimologis dan terminologis

Secara etimologis, wawasan nusantar a berasal dari kata wawasan dan nusantara .wawasan berasal dari kata mawas (bahasa jawa) yang berarti pandangan,tinjauan atau penglihatan indrawi.selanjutnya kata mawas yang berarti memandang, meninjau atau melihat. Wawasan artinya pandangan,tinjauan,penglihatan, tanggap indrawi. Wawasan berate pula cara pandang, cara melihat. Nusantara berasal dari kata nusa dan antara. Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan. Antara artinya menunjukan letak antara dua unsure. Nusatara artinya kesatuan kepulaun yang teretak antara dua benua, yaitu benua asia dan Australia dan dua samudra, yaitu samudra hindia dan pasifik.Secara terminologis, wawasan nusantar a menurut beberapa pendapat sebagai berikut

a) Pengertian wawasan nusantara menurut professor wan usman” wawasan nusantara adalah cara pandang bangsa Indonesia mengenai diri tanah dan tanah airnya sebagai negara kepulauan dengan semua aspek kehidupan yang beragam “

b) Pengertian wawasan nusantara dalam GBHN 1998, wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkunganya, dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

c) Pengertian wawasan nusantara menurut kelompok kerja wawasan nuantara untuk di usulkan menjadi tap MPR yang di buat oleh lemhannas tahun 1999, sebagai berikut” cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diridan lingkunganya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional”.

Pengertian yang di masdud belumlah menjawab apa itu wawasan nusantara secara tuntas. Di ibaratkan diri kita masing-masing bahwa kita memiliki wawasan diri yang dapat mengartikan sebagai carapandang diri kita sendiri beserta lingkungan tempat tinggalnya.

2) Hakikat Wawasan Nusantara

Hakikat wawasan nusantara adalah keutuhan bangsa dan kesatuan wilayah nasional. Dengan kata lain, hakikat wawasan nusantara adalah “ persatuan bangsa dan kesatuan bangsa kesatuan wilayah”

Bangsa Izan nusantarzzzzndonesia yang dari aspek sosial budaya adalah beragam serta dari segi kewilayahan bercorak nusantara, kita pandang merupakan satu kesatuan yang utuh.

3) Kedudukan Wawasan Nusantara.

Wawasan Nusantara berkedudukan sebagai visi bangsa.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll