difusi dan osmosis

16 November 2012 07:38:02 Dibaca : 249

Sistem penyerapan serta transportasi nutrient sangat penting bagi tumbuhan maupun hewan. Pada tumbuhan transport zat hara serta pertukaran zat dan hasil metabolisme cukup dari sel ke sel dengan menembus membran plasma dan berlangsung baik secara aktif maupun pasif. Penyerapan atau transfer secara pasif berlangsung melalui osmosis.

Plasma sel (sitoplasma) dibungkus oleh suatu selaput tipis yang disebut membran. Selaput ini merupakan membran yang mampu mengatur secara selektif aliran cairan dari suatu lingkungan sel ke dalam sel-sel, dan sebaliknya. Transport mikromolekul melalui selaput plasma berlangsung melalui tiga mekanisme, yaitu : osmosis, difusi, dan transport aktif.

Osmosis berasal dari kata os artinya lubang dan mos artinya pindah. Jadinya osmosis adalah mengalirnya zat cair melalui membran, dari yang kosentrasinya tinggi ke yang kosentrasinya rendah. Pada osmosis yang berpindah adalah pelarut

Difusi berasal dari kata Diphus yang artinya menyebar. Difusi merupakan transport menurun yang artinya materi yang berasal dari daerah berkosentrasi tinggi ke daerah berkosentrasri rendah.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong