Pemanfaatn Program Aplikasi Ms. Excel

29 September 2017 10:02:39 Dibaca : 27

Program Aplikasi Ms. Excel adalah program aplikasi pengolah angka yang sangat bermanfaat bagi kebutuhan manusia saat ini. Program ini dapat digunakan untuk menghitung, mengolah dan menganalisi angka. Bagi mahasiswa, aplikasi ini sangat bermanfaat terutama dalam mengolah data hasil penelitian. Program ini dapat memudahkan mahasiswa dalam mengolah data atau menganalisis data hasil penelitian.
Program aplikasi ini memiliki banyak kelebihan beberapa diantaranya yaitu memiliki program penggunaan rumus yang sangat lengkap sehingga mempermudah pengolahan angka untuk menghasilkan dokumen yang lebih canggih, memiliki kemampuan menyimpan data dalam jumlah yang besar, aplikasi ini juga dapat memudahkan kita dalam membuat grafik presentasi. Program aplikasi ini juga sangat bermanfaat dalam dunia perkantoran dalam mengelola keuangan maupun presentasi saat rapat kerja. Selain memiliki kelebihan, program aplikasi ini juga memiliki kekurangan diantaranya adalah memerlukan waktu yang lama saat memasukkan data secara manual, apabila salah dalam memasukkan rumus akan mengakibatkan kesalahan saat menganalisis data.
Selain Ms Excel, SPSS juga merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk mengolah data hasil penelitian. Aplikasi Ms. Excel lebih mudah digunakan dibandingkan aplikasi SPSS. karena dalam penggunaannya, aplikasi SPSS memiliki kerumitan yang lebih tinggi dibandingkan Ms. Excel dan dalam penggunaannya, versi aplikasi SPSS harus disesuaikan dengan komputer kita. karena sekarang banyak SPSS dari berbagai macam versi yang tersebar. Selain itu Ms. Excel lebih mudah ditemukan. Hampir di setiap komputer pasti memiliki program Ms. Excel. Sedangkan aplikasi SPSS, tidak semua komputer memiliki aplikasi ini. jadi, menurut saya program aplikasi Ms. excel jauh lebih mudah dipahami dibandingkan SPSS, namun pada kenyataannya mahasiswa tidak memahami dan menguasai kedua aplikasi ini. Jika ada, mungkin hanya beberapa mahasiwa dan yang mereka kuasai pun hanya dasar-dasarnya saja. Untuk itu diperlukan tindak lanjut atau solusi dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengolah hasil penelitian.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong