Mendeley

03 October 2018 19:55:32 Dibaca : 861

Mendeley merupakan aplikasi yang sangat bermanfaat untuk mahasiswa seperti kita. Dengan adanya mendeley kita lebih mudah dalam menyusun karya ilmiah,laporan,proposal dan makalah. Karena dengan mendeley mempermudah mahasiswa bahkan dosen sekalipun dalam menyusun karya ilmiah,proposal dan membuat sitasi dan daftar pustaka untuk keperluan penulisan. Selain itu fungsi mendeley sangat berguna bagi penulis dalam menuliskan sitasi dalam teks dan pencantuman literatur tersebut dalam daftar pustaka. Seringkali penulis membuat sitasid alam teks,namun literatur tersebut tidak dicantumkan dalam daftar pustaka,Mengelola file pdf hasil unduhan dari database jurnal online untuk temu kembali informasi apabila diperlukan, Apabila pustakawan mengunduh file pdf dari jurnal online, maka file pdf tersebut dapat dimasukkan ke dalam Mendeley dengan mudah dan cepat, tanpa harus memasukkan metadata secara manual dan Mendiskusikan tentang sebuah artikel, setelah diberi catatan oleh pembaca pertama, Cara ini dapat digunakan oleh sesama pengguna yang mempunyai akun Mendeley, namun yang dibagi (share) bukan aplikasinya, tetapi dokumen atau file pdf. Pengguna yang satu dapat membagi dokumen dengan pengguna lain, misalnya untuk saling memberikan penilaian terhadap sebuah dokumen hasil penelitian.
Namun aplikasi ini juga menyediakan fitur untuk mempermuda kita dalam pengutipan (catatan kaki) berdasarkan video diatas juga di jelaskan bahwa mendeley juga dapat digunakan untuk pembuatan daftar isi secara otomatis. dan yang paling saya senangi dari aplikasi ini adalah memberikan kemudahan kepada kita untuk mendapatkan referensi-referensi terbaru dan terpercaya.
Pemanfaatan efektif dari apklikasi ini sendiri untuk diterapkan dalam pembelajaran yakni disini mendeley membantu mahasiswa untuk mencari referensi terpercaya berupa pdf, jurnal dan buku dan untuk mengutipnya juga tidak akan terjadi yang namanya 'plagiat' dan bisa membantu dalam penyusunan tugas-tugas laporan, makalah skripsi dan lain lain.
Dari diskusi yang telah dilakukan bahwa menurut teman-teman aplikasi ini memiliki kelemahan atau kesulitan yaitu apabila tidak ada koneksi internet maka aplikasi ini tidak bisa diakses selain itu masih ada kepustakaan yang tidak bisa diakses atau tidak memiliki URL dan Menurut saya kesulitan yang dihadapi pada saat menggunakan mendeley adalah langkah-langkah yang digunakan begitu banyak sehingga ketika akan dilakukan kembali ada kemungkinan untuk lupa langkah-langkah yang akan dilakukan,dan juga koneksi internet sering lelet. Namun manfaat yang diberikan oleh aplikasi ini sangat baik agar terhindar dari plagiat. Dan juga kesulitannya yaitu sering lupa langkah-langkahnya,agar mengantisispasi kelupaan dalam pengoperasian mendeley mendownload tutorial dari mendeley yang sudah disediakan yah nah untuk koneksi internet sebaiknya menyediakan alternatif sebagai cadangan jika wifi yang digunakan lelet.
Jadi menurut saya aplikasi mendeley ini sendiri sangat bermanfaat bagi kita sebagai mahasiswa dalam membantu menyusun tugas-tugas,laporan,makalah,proposal dan sebagainya.

 

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong