Mendeley

03 October 2018 20:31:12 Dibaca : 593

Aplikasi Microsoft Word adalah aplikasi pengolah kata yang sangat populer pada saat ini, Aplikasi yang dikembangkan oleh microsoft ini terdapat dalam satu paket microsoft office yang berisi microsoft word, microsoft excel, microsoft power point, microsoft office publisher microsoft office access dan lain-lain. Sedangkan Aplikasi Mendeley merupakan salah satu perangkat lunak manajemen referensi berbasis open source yang dapat diperoleh secara gratis dan mendukung berbagai platform seperti Microsoft Windows, Apple MacOS, maupun Linux.
1. Manfaat Aplikasi Mendeley
a. Sebagai library disertai dengan kemampuan yang digunakan sebagai pengolah daftar pustaka dalam penyusunan karya tulis ilmiah.
b. Mampu mengolah database ilmiah berupa e-journal,e-Book dan referensi lainnya.
c. Untuk mengelola kepustakaan dan mengembangkan jejaring sosial .
d. Dapat digunakan juga untuk menyimpan file pustaka yang diunduh dalam format PDF dan memberikan anotasi (catatan, atau tanda khusus tertentu) terhadap file PDF tersebut.
e. Karya ilmiah yang kita upload di Mendeley secara otomatis disusun baik menurut penulis, judul, tahun dan penerbit.
f. Mempermudah dalam pembuatan catatan kaki maupun daftar pustaka dalam suatu karya ilmiah dan penelitian agar tidak adanya plagiat. Bagi peneliti, artikel-artikel dalam jurnal online sangat mendukung kegiatan penelitian dan pengkajian, baik untuk menyusun proposal, laporan kegiatan penelitian, menyusun makalah seminar dan sebagainya.

2. Kesulitan dalam Aplikasi Mendeley
Menurut hasil diskusi yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kesulitan yang ditemui saat Menggunakan Aplikasi Mendeley yaitu:
a) Langkah-langkah yang digunakan begitu banyak sehingga ketika akan dilakukan kembali ada kemungkinan untuk lupa langkah-langkah yang akan dilakukan. Namun manfaat yang diberikan oleh aplikasi ini sangat baik agar terhindar dari plagiat.
b) Pada saat mencari kepustakaan sesuai dengan yang kita inginkan disitu kita tidak bisa membuka secara langsung apabila tidak tercantum URLnya
c) Aplikasi mendeley ini memiliki syarat agar bisa terhubung yaitu harus dengan adanya koneksi internet nah apabila kita akan menggunakasi aplikasi tersebut ketika kita tidak dalam jangkauan koneksi internet maka hal itu akan menyulitkan kita. Selain itu beberapa referensi yang kita cari tidak dapat ditampilkan dalam mendeley. Menurut saya itu kesulitan saya dalam mengoperasikan mendeley.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong