Rangkuman Hasil Diskusi Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley

04 September 2019 21:57:30 Dibaca : 1326

Nama : Sulistianingsi Gobel

Nim : 431416036

Kelas : A / PENDIDIKAN BIOLOGI

Rangkuman Hasil Diskusi Aplikasi Microsoft Word dan Mendeley

Mendeley didirikan pada November 2007 oleh tiga mahasiswa S3 yang  berasal dari jerman,. Selain ketiga mahasiswa tersebut mereka membentuk tim dalam membuat projek mendley ini yang terdiri dari alumni, peneliti dan software developers dari berbagai institusi akademik. kemudian pada januari 2008 versi pertama di perkenalkan ke public, mereka tidak berhenti disini saja kegigihan untuk terus menyempurnakan mendeley menjadi aplikasi yang lengkap sesuai harapan terus mereka lakukan. Hingga setelah melewati beberapa tahapan usaha keras mereka membuahkan hasil aplikasi mendeley sudah lebih lengkap dan sistematis. 

Tujuan Aplikasi Mendeley untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

·      Manfaat aplikasi mendeley pada ms word yakni untuk menyusun daftar pustaka.

·      Fungsi aplikasi mendeley pada ms word Adalah untuk membuat daftar pustaka dengan mudah dalam menyusun karya tulis ilmiah.

·      Kelebihan aplikasi mendeley yakni program mendeley ini mampu terdeteksi dan diketahui detailnya otomatis secara lengkap. 

·      Kekurangan aplikasi mendeley yakni Mendeley desktop akan mengupload berbagai file ke local ke web site mendeley, nantinya akan menimbulkan masalah terhadap hak akses pada file-file tersebut. Apalagi jika didapatkan dati Journal berbayar seperti IEEE, Sciendirect dan Springer

·      Pengaplikasian mc word dan mendeley sngat berguna karena dapat membantu  dan mempermudah anak didik bangsa dalam melakukan pekerjaan/tugas yang berhubungan dengan hal tersebut.

·      Pembelajaran mllaui apklikasi mc word dan mendeley sangat efektif utuk diterapkan karena dapat mempermudah kita melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan word dan lain sebagainya

Langka-langkah cara pengaplikasian Program/Aplikasi Microsoft Word dan mendeley

1.      Pastikan Artikel yang Ingin Direferensi Sudah Ada di Mendeley Desktop

2.      Pastikan Microsoft Word Sudah Terinstall “MS Word Plugin” dari Mendeley Desktop

3.      Jika Anda membuat Microsoft Word pada saat proses instalasi, akan keluar jendela peringatan. Anda diharuskan untuk menyimpan pekerjaan Anda di Microsoft Word dan menutup Microsoft Word.

4.      Siapkan Tulisan Anda dan Bagian yang Ingin Direferensi

5.      Referensi Artikel Pada Mendeley Desktop ke Microsoft Word

6.      Arahkan cursor mouse Anda ke bagian penulisan yang telah dipilih pada Microsoft Word. Lalu, klik tombol “references” pada menu.

7.      Memasukan Daftar Pustaka Secara Otomatis dengan Mendeley Desktop

8.      Arahkan cursor mouse ke tempat Anda ingin menaruh daftar pustaka. Lalu klik “Insert Bibliography”. Setelah itu, Daftar Pustaka akan terbuat secara otomatis oleh Mendeley Desktop.

 Melakukan sitasiMelakukan sitasi menggunakan Mendeley sangat mudah dilakukan, yaitu dengan cara meng-klik menu Insert or Edit Citation pada toolbar/menu Mendeley. Pengguna dapat memilih format sitasi yang akan digunakan pada dokumen sesuai dengan kebutuhannya. Perubahan format sitasi dapat dilakukan sebelum atau sesudah sitasi ditambahkan ke dalam dokumen. Mendeley mendukung banyak format sitasi ilmiah dan jumlah format ini dapat ditambah atau dikurangi sesuai dengan kebutuhan. Pada saat pengguna meng-klik menu Insert or Edit Citation maka akan tampil kotak dialog seperti diperlihatkan pada Gambar 6. Pada kotak dialog tersebut pengguna diminta memasukkan kata kunci dari referensi yang akan disitasi pada text box yang disediakan. Setelah pengguna memasukkan kata kunci tertentu, misalnya “Mendeley”, selanjutnya akan tampil daftar referensi yang sesuai dengan kriteria pencarian. Pengguna tinggal memilih salah satu referensi yang dimaksud dari daftar yang diberikan untuk memasukkan sitasi tersebut ke dokumen aktif.

 Menambahkan bibliografiMendeley menyediakan fungsi untuk menambahkan bibliografi atau daftar pustaka dari semua referensi yang digunakan pada dokumen secara otomatis. Untuk menambahkan bibliografi, pengguna tinggal memilih menu Insert Bibliography pada toolbar/menu Mendeley. Format penulisan bibliografi secara otomatis akan disesuaikan dengan format sitasi yang digunakan pada dokumen. Pada saat dilakukan perubahan format sitasi, format penulisan bibliografi juga akan menyesuaikan dengan perubahan tersebut.

Mendeley merupakan aplikasi pengaturan referensi sekaligus jaringan sosial bagi para akademis seperti mahasiswa, dosen, dan peneliti. Mendeley memudahkan penulis untuk mencantumkan daftar pustaka sekaligus membuatnya sesuai dengan format yang diharapkan oleh gaya selingkung jurnal yang dituju. Tidak perlu kekuatiran akan daftar pustaka yang lupa dicantumkan membuat penulis bisa dengan fokus memikirkan alur pikir dalam penulisan tersebut.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong