hukum newton I II III

12 November 2014 23:17:10 Dibaca : 1108

Hukum Newton I II III

A. Hukum Newton I
“Jika resultan gaya pada suatu benda sama dengan nol maka benda yang mula-mula diam akan terus diam, sedangkan benda yang mula-mula bergerak akan terus bergerak dengan kecepatan tetap”.

Sifat benda yang cenderung mempertahankan keadaan geraknya (diam atau bergerak) inilah yang disebut sebagai kelembaman atau inersia (kemalasan). Oleh karena itu hukum I Newton disebut juga dengan hukum kelembaman atau hukum inersia.

Contoh:
1. Sebuah benda ditarik lewat garis lurus sepanjang sebuah permukaan datar dan licin dengan gaya konstan. Pertambahan kelajuannya dalam selang 10 s adalah 5 km/jam. Jika gaya konstan kedua dikerjakan dalam arah yang sama di samping gaya pertama tadi, kelajuan bertambah 15 km/jam dalam selang 10 s. Bagaiamana perbandingan kedua gaya itu?
Jawab :
Percepatan benda berhubungan dengan massa dan gaya total sehingga berlaku F = m α. Jika m menjadi massa kapal, maka α1 adalah percepatan kapal dengan gaya total F1 dan α2 adalah percepatannya dengan gaya F1 + F2.

B. Hukum Newton II
“Percepatan yang dihasilkan oleh resultan gaya yang bekerja pada suatu benda berbanding lurus dengan resultan gaya, searah dengan resultan gaya, dan berbanding terbalik dengan massa benda.”

Satuan SI untuk gaya adalah newton (N), untuk massa dalam kg dan percepatan dalam m/s2.

Contoh :
Massa balok = 1 kg, F = 2 Newton. Besar dan arah percepatan balok adalah…

Pembahasan
Diketahui :
Massa balok (m) = 1 kg
Gaya (F) = 2 Newton
Ditanya : besar dan arah percepatan balok (a)

Jawab :
Arah percepatan balok = arah gaya F

C. Hukum Newton III
“Jika A mengerjakan gaya pada B, maka B akan rengerjakan gaya pada A, yang besarnya sama tetapi arahnya berlawanan.”
Hukum III Newton atau Hukum Aksi Reaksi yang menyatakan bahwa apabila sebuah benda mengerjakan gaya (gaya aksi) kepada benda yang lain, benda kedua akan mengerjakan gaya (gaya reaksi) pada benda pertama yang besarnya sama dan arahnya berlawanan.
atau
“Untuk setiap aksi, ada suatu reaksi yang sama besar tetapi berlawanan arah”

Secara matematis Hukum III Newton dapat ditulis sebagai berikut.
Gaya aksi = – Gaya reaksi

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong