Cristiano Ronaldo Dari Korea Selatan

18 February 2013 09:04:27 Dibaca : 817

Talenta dari Asia kembali ujuk gigi di kompetisi Eropa. Son Heung-Min yang kini berkostum Hamburg SV berhasil mencuri perhatian klub-klub papan atas Eropa seperti Chelsea, Manchester United dan Liverpool.

Punya kecepatan, dribble akurat, insting mencetak gol dan tipikal pekerja keras, itulah kelebihan Hueng-Min yang kini mulai disebut sebagai 'Cristiano Ronaldo' dari Korea Selatan.

Hingga pekan ke-22 Bundesliga, Heung-Ming yang turun dalam 21 pertandingan sukses menyumbang sembilan gol. Torehan itu menempatkannya sebagai top scorer kedua di klub, setelah Artoms Rudnevs yang membukukan 10 gol.
Heung-Min diketahui bergabung dengan akademi sepakbola Hamburg pada 2008 silam dari FC Seoul. Dia kemudian menandatangani kontrak profesional bersama Rothosen, julukan Hamburg, pada 2010.

Di awal penampilannya bersama tim senior Hamburg, Heung-Min langsung mencuri perhatian. Dipercaya bermain dalam laga pra-musim kontra Chelsea, pemain bernomor punggung 40 itu menyumbang sebiji gol.

Pada 30 September 2010, Heung-Min membukukan gol pertamanya di Bundesliga, torehan itu sekaligus membuatnya tercatat sebagai pencetak gol termuda bagi Hamburg di Bundesliga.

Kecemerlangan Heung-Min semakin terlihat dari waktu ke waktu. Musim lalu dia tampil 27 kali dan berhasil mencetak lima gol. Dan pekan kemarin, nama Hueng-Min tambah jadi perbincangan hangat, usai dua golnya membantu Hamburg melumat juara bertahan Borussia Dortmund 4-1.

Pemain Serba Bisa

Hamburg sungguh beruntung memiliki Heung-Min. Dengan skill yang dipunyai, pelatih Throsten Fink tak perlu pusing-pusing mencarikan tempat yang pas untuk pemain 20 tahun tersebut. Ya, Heung-Min bisa memerankan beberapa posisi berbeda di lini serang.

Berposisi asli sebagai penyerang, jika dibutuhkan Heung-Min juga bisa ditugaskanya menjadi winger baik di sisi kanan ataupun kiri. Layaknya bintang Real Madrid sekaligus kapten timnas Portugal, Cristiano Ronaldo, Heung-Min sanggup menyusur sisi lapangan dan melakukan pentrasi berbahaya ke kotak penalti yang kerap membuat lawan kerepotan.

"Saya tidak peduli di posisi apa saya harus bermain. Yang penting saya bisa turun ke lapangan," kata Heung-Min dikutip Hamburger Morgenpost.

"Saya bisa bermain di kanan, kiri, depan atau sedikit di belakangnya. Apa yang diminta pelatih akan saya lakukan. Saya tak punya posisi favorit. Saya siapa berada di mana saja di lapangan permainan," serunya.

Jadi Rebutan MU dan Chelsea

Sebagai rising star, Heung-Min sudah tentu banyak diminati klub lain. Manchester United dan Chelsea kini disebut-sebut jadi yang paling serius ingin memboyongnya di awal musim depan.

Tidak main-main, Mirror.co.uk, mengklaim manajer 'Setan Merah', Sir Alex Ferguson telah mengirim beberapa pemandu bakat untuk memantau permainan Heung-Min. Pria asal Skotlandia itu pun mendapat masukan yang positif mengenai sang target.

Harga potensial Heung-Min saat ini adalah £10 juta atau setara Rp150 miliar, MU diyakni siap menebus harga itu. Akan tetapi, niat mereka takkan mudah terealisasi karena Chelsea juga masuk dalam perburuan.

Klub yang dilatih Rafael Benitez tersebut tengah mencari pemain untuk melapis dua striker mereka, Fernando Torres dan Demba Ba yang performanya tidak konsisten.
Pertimbangan lain The Blues adalah dari segi bisnis, perekrutan Heung-Min juga bisa semakin mempererat hubungan mereka dengan salah satu sponsor utama, Samsung, yang juga berasal dari Korsel.

Tapi bukan tidak mungkin juga peminat serius Heung-Min bakal bertambah jika performa apiknya bersama Hamburg terus bertahan sampai akhir musim. Apalagi, sebelumnya Liverpool dan Tottenham sempat dilaporkan ikut memantau permainan pemain berpostur 184 sentimeter itu. (ibk)
Profil singkat
Nama: Son Heung-Min
Lahir: Chuncheon, 8 Juli 1992
Tinggi: 184 cm
Klub sekarang: Hamburg SV
Nomor punggung: 40
Klub sebelumnya: FC Seoul U-18
Timnas Korea Selatan, 12 caps (1 gol)

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong