SISTEM PEMAKETAN DAN KONSEP DISTRIBUSI

21 November 2013 23:39:05 Dibaca : 314

ass.wr.wb.

 pada pertemuan ini saya akan membahas tentang SISTEM PEMAKETAN DAN KONSEP DISTRIBUSI.

Linux adalah sebuah system operasi yang dikembangkan dengan berbasis Unix-sys dan Linux dikembangkan pertama kali oleh Linux Trovalds,

Di dalam linux terdapat distro linux,Distro Linux (singkatan dari distribusi Linux) adalah sebutan untuk sistem operasi komputer dan aplikasinya, merupakan keluarga Unix yang menggunakan kernel Linux. Distribusi Linux bisa berupa perangkat lunak bebas dan bisa juga berupa perangkat lunak komersial seperti Red Hat Enterprise, SuSE, dan lain-lain.

 

Repository

Repository merupakan sebuah media penyimpanan paket aplikasi, library, maupun source code yang dibutuhkan oleh linux secara lengkap.

System pemaketan

Pada awalnya sebuah aplikasi (source code) dilinux belum berbentuk sebuah package, untuk itu kita perlu melakukan build terlebih dahulu sebelum decompile & dapat digunakan.

System pemaketan pada debian

Debian Package Management System, paketnya berformat .deb (paket debian). Sistem toolnya adalah dpkg dan dikembangkan pula sistem managemen paket yang sangat memudahkan end user yakni APT (Advanced Packaging Tool).

Manajemen paket

Manajemen paket juga berfungsi membantu pengguna dalam memanage sebuah paket aplikasi yang berbentuk code sehingga pengguna tidak sulit lagi dlam melakukan build dan compile pada sebuah software secara manual.Teknologi sistem APT ini banyak di adopsi ke distribusi GNU/Linux lain, karena kemudahan dan kemampuannya yang teruji powerfull.

Alur system pemaketan

1.source kode

Dalam ilmu komputer, source code adalah kumpulan bahasa pemrogramman komputer yang ditulis dan dapat di baca manusia

2.Build code

3.Pre-build code

4.Package

Demikian dari saya tentang Sistem pemaketan dan konsep distribusi,.

jika ada kekurangan mohon di maafkan,.
 

Linux adalah sebuah system operasi yang dikembangkan dengan berbasis Unix-sys dan Linux dikembangkan pertama kali oleh Linux Trovalds.

Kategori

  • Masih Kosong

Blogroll

  • Masih Kosong